Cara Pendaftaran CPNS Asli Papua SD/SMP/SLTP/SMU/SLTA 2017/2018

SSCN.BKN.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Asli Papua SD/SLTP/SMU/SLTA 2017/2018 Mengutip langsung dari beberapa formasi CPNS yang ada pada situs resmi sscn.bkn.go.id adapun beberapa formasi salah satunya adalah Putra / Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP / SLTP, dan SMU / SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua (yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan/ kepala desa).

Bagi kalian siapa saja yang memiliki darah asli papua termasuk keturunan baik langsung maupun tidak langsung bisa mengikuti CPNS semua katagori, keunggulan formasi pengecualian ini ada pada lulusannnya jika sebelumnya lulusan yang dibuka hanya untuk SLTA, Diploma dan Sarjana serta Pascasarjana tidak untuk bagi mereka yang memiliki darah Asli Papua.

Cara Pendaftaran CPNS Asli Papua SD/SLTP/SMU/SLTA 2017/2018

Karena dari mulai senjang sekolah dasar, sekolah mengenah pertama hingga sekolah menengah atas bisa mengikutinya, bisa dibilang ini merupakan formasi CPNS dalam katagori pengecualian, kesempatan besar seperti ini jarang ada. Jadi bagi yang merasa ada hubungan keturunan Asli Papua segera ikuti pendaftaran CPNS ini.

Selain itu pelaunga lulus CPNS katagori Putra-Putri Asli Papua tergolong sangat besar karena persaingannya tidak begitu ketat apalagi tesnya disesuaikan dengan katagori lulusan, bersyukur sekali bagi siapa saja yang memiliki darah keturunan asli papau, bagi yang berminat silahkan ikuti pendaftarannya.

Meski memiliki keisitimewaan para peserta juga harus tetap melengkapi semua persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kemudian barulah bisa mengikuti pendaftaran CPNS Asli Papua ini untuk lebih jelas berikut kami akan berikan informasinya, untuk sementara waktu ini ada dua lembaga yang membuka penerimaan CPNS Putra Putri Asli Papua, pertama KemenkumHAM dan Mahkamah Agung untuk lebih jelas seperti berikut ini :


Pendaftaran CPNS KemenkumHAM Asli Papua

Ada beberapa pengecualian yang bisa anda ikuti dalam proses pendaftaran CPNS tahun ini namun hanya untuk katagori pelamar Asli Papua saja yang mendapat pengecualian, seperti mereka yang berasal atau memilih formasi pendaftaran CPNS wilayah papua bisa menggunakan semua jenjang lulusan dari mulai SD, SMP, SLTP, SMU/STLA jadi bagi anda lulusan yang tersebut diatas dapat langsung ikut mendaftar serta melengkapi berkas persyaratan yang terlampir dibawah ini :

Persyaratan 
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  10. Bagi Wanita tidak bertato / bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria tidak bertato / bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  11. Pelamar merupakan lulusan : Dokter Spesialis, Dokter Umum, Sarjana/S-1 dan Diploma III/D-III, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 2.75 (dua koma tujuh lima). Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat IPK minimal adalah 2,50 (dua koma lima puluh).
  12. SLTA Sederajat dengan nilai minimal pada Ijazah rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer). Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat dengan nilai minimal pada Ijazah rata-rata 6,0 (enam koma nol) atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer).
  13. Usia pada tanggal 1 Agustus 2017 : Minimal 18 tahun dan Maksimal 33 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Dokter Spesialis, Dokter Umum Sarjana / S-1. Minimal 18 tahun dan Maksimal 30 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Diploma III / D-III. Minimal 18 tahun dan Maksimal 28 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk SLTA.
  14. Tinggi badan untuk pelamar jabatan Analis Keimigrasian dan Pemeriksa Keimigrasian: Pria minimal 165 cm. Wanita minimal 158 cm
  15. Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan : Pria minimal 160 cm. Wanita minimal 155 cm
  16. Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma III/D-III dan SLTA Sederajat yang mendaftar pada Kantor Wilayah harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP. Apabila pelamar yang domisilinya tidak sesuai dengan KTP dan ingin mendaftar pada wilayah domisilinya, wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili minimal 1 (satu) tahun pada wilayah tersebut.

Pendaftaran CPNS Mahkamah Agung Asli Papua

Mahkamah Agung merupakan salah satu lembaga negara yang penting dalam hal ini juga memprioritaskan bagi kawasan daerah Papua untuk peserta yang memiliki darah asli papua bisa mengikutinya untuk semua jenjang dari mulai SD, SMP, SMA sampai dengan SMK semua lulusan jenjang dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, apabila berminat silahkan ikuti pendaftaran CPNS dengan melengkapi berkas sebagai berikut :

Persyaratan
  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusaan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/POLRI.
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Anggota TNI/POLRI.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dari Perguruan Tinggi Negeri atau swasta yang terakreditasi A/Unggul dengan program studi yang Terakreditasi A/Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada saat ijazah tersebut dikeluarkan, jika akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
  7. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh puluh lima) skala 4,00 (empat koma nol), dibuktikan dengan Fotokopi Ijazah dan transkrip, dilegalisir sekurang-kurangnya oleh Dekan atau yang sederajat.
  8. Persyaratan Pelamar formasi khusus Papua dan Papua Barat (sesuai dengan Permenpan Nomor 20 Tahun 2017 huruf C angka 3.b):
  9. Menamatkan pendidikan Sekolah Dasar atau yang sederat, Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat dan Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat, dibuktikan dengan Fotocopy ijazah yang dilegalisir; atau
  10. Garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua dan Papua Barat, dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotocopy KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa.
  11. Usia minimal 22 (dua puluh dua) tahun dan maksimal 32 (tiga puluh dua) tahun per tanggal 1 Desember 2017.

Sebelum melakukan pendaftar para pelamar Putra-Putri Asli papua harus mempersiapkan beberapa berkas untuk pendaftaran seperti KK, KTP, Ijasah, Transkrip Nilai sesuai lulusan, Pas Photo, Dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan. kemudian silahkan mulai melakukan pendaftaran CPNS melalui petunjuk seperti dibawah ini : 


Bebera Hal Penting Sebelum Mendaftaran CPNS.

Apabila anda sudah mempersiapkan berkas pendaftaran CPNS tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengakses situs resmi sscn.bkn.go.id atau sscnakun.bkn.go.id kemudian silahkan ikuti petunjuk pendaftaranya sampai dengan selesai. Namun bagi peserta yang belum mengetahui cara pendaftaran CPNS berikut kami berikan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftaran CPNS melalui situs resmi sscn.bkn.go.id.

Terdapat beberapa panel yang bisa digunakan berikut kami akan memberikan petunjuk mengenai fungsi dari panel yang ada pada situs resmi seperti berikut :

  1. Menu "Pengumuman" merupakan informasi mengenai instansi yang sedang membuka CPNS.
  2.  Anda bisa memilih beberapa instansi yang sedang membuka CPNS tahun ini, detailnya dapat dilihat apabila membuka panel pengumuman.
  3. Pelamar asli papua bisa memilih 3 jenis formasi yang sedang dibuka seperti khusus Asli Papua, SLTA Sederjat, hingga Pendaftaran CPNS umum.
  4. "Untuk melihat jadwal dan persyaratan para peserta dapat mengakses situs "Jadwal dan Persyaratan"
  5. Menu "Helpdesk & Pengaduan" dapat digunakan sebagai bantuan dan pengaduan seputar perihal yang sedang anda alami.
  6. Menu "FAQ" apabila anda menjumpai permasalahan dapat menggunakan menu ini untuk mencari permasalahan.
  7. Menu Call Center" apabila anda menemukan informasi yang tidak sesuai dengan ketentuan dan persyaratan atau bahkan berbau KKN dan bila merasa ragu atas informasi yang diperoleh bisa menanyakannya langsung melalui menu Call Center".

Cara Pendaftaran CPNS di situs SSCN BKN

Jika anda merasa semua informasi dan berkas untuk mendaftar sudah siap maka tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengakses situs resmi sscnakun.bkn.go.id kemudian mulai melakukan pendaftaran adapun petunjuk mengenai pendaftaran CPNS yang kami maksud seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini :

  1. Silahkan pilih menu "Pendaftaran" kemudian masukan nomor KTP anda dan Nomor Kartu Keluarga anda atau kepala keluarga.
  2. Pada tahap berikutnya apabila anda tidak memiliki KTP bisa menggunakan hasil rekaman KTP dari Capil atau KTP sementera.
  3. Jangan lupa isi kode Caphcha yang ada apabila semua sudah di isi silahkan klik "Lanjut".
  4. Pada form berikutnya anda akan diminta untuk mengisi semua data silahkan gunakan KTP dan Ijasah sebagai data diri anda akan diminta mengisi nama pada form berdasarkan ijasah yang dimiliki tanpa gelar, tempat lahir dan tangal lahir.
  5. Kemudian melanjutkan mengisi data lainnya seperti, masukan email aktiv yang anda miliki.
  6. Password yang akan digunakan usahakan menggunakan password yang unik tetapi mudah diingat namun tidak mudah ditebak, hindari penggunaan password tanggal lahir.
  7. Pilih pertanyaan keamanan 1 dan jawaban 1 kemudian dilanjutkan pertanyaan kemanaan 2 dan jawaban keamanan 2. Hal ini digunakan untuk mengkonfirmasi apabila terjadi lupa password atau lupa akun.
  8. Jangan lupa untuk mengisi kembali Capcha yang ada pada tampilan tersebut.
  9. Proses ini akan selesai apabila semua data sudah diisi dengan benar dan silahkan pilih "Simpan"
  10. Terdapat notifikasi mengenai perubahan data sudah berhasil dilakukan kemudian anda bisa melanjutkan pada tahapan berikutnya.
  11. Jangan lupa juga silahkan klik "Cetak Informasi Pendaftaran Akun SSCN" pastikan anda menyimpan semua informasi tersebut dengan mendownload dan simpan dengan baik apabila dibutuhkan silahkan di print.
  12. Pembuantan Akun SSCN BKN sudah selesai silahkan untuk klik Login untuk melanjutkan ikuti panduan tata cara login seperti dibawah ini.

Login dan Pengisian Biodata.

Setelah peserta sudah berhasil melakukan pendaftaran akun maka proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah login atau melalui situs sscndaftar.bkn.go.id dengan menggunakan NIK pada KTP yang sudah terdaftar sementara password yang anda gunakan adalah yang sudah dibuat sebelumnya untuk lebih jelas berikut kami berikan petunjuk pendaftarannya  :

  1. Silahkan kunjungi situs resmi sscn.bkn.go.id kemudian proses selanjutnya yang harus dilakukan memilih menu "Login" pada bagian atas akan situs. 
  2. Isi NIK KTP terdaftar dan Password yang sudah anda buat kemudian klik tombol "Login".
  3. Isi semua form yang masih kosong pada menu biodata pelamar, seperti alamat domisili, provinsi, kabupaten/kota, nomor yan bisa dihubungi, tinggi badan, status kawin dan nomor yang bisa dihubungi lainnya.
  4. Pasikan anda mengkllik "Simpan" apabila data yang sudah diisi benar dan lengkap.
  5. Setelah proses pengisian "Biodata" Proses selanjutnya adalah peserta harus mengakses menu "Daftar" untuk memilih Instansi adapun tata cara pemilihan instansi dapat dilihat dibawah ini.

Cara Daftar Instansi.

Pada pemilihan instansi setelah anda mengakses menu "Daftar" maka anda akan dirahkan pada form instansi yang akan dituju adapun beberapa cara memilih instansi sesuai dengan katagori yang dimaksud seperti dibawah ini :

  1. Silahkan pilih fomrasi esuai dengan yang telah anda baca apabila anda menginginkan salah satu formasi seperti Putra-Putri Asli Papua silahkan ikuti tata cara berikut.
  2. Pastikan anda memilih katagori Putra-Putri Asli papua beserta institusi yang dipilih.
  3. Kemudian klik tombol "Cek"
  4. Apabila peserta sudah mengganti formasi yang dipilih silahkan tekan "Daftar" apabila anda sudah memilih berarti tidak bisa merubah data pemilihan formasi lainnya.
  5. Klik "OK" pada notofikasi setelah itu tinggal mengisi form yang masih kosong.
  6. Pilih Pendidikan sesuai ijasah, SD/MI, SMP/MTS/SLTP, SMA/SMK/MA/SLTA atau sesuai ijasah anda.
  7. Pilih Jabatan yang dilamar hanya yang tersedia yang bisa dipilih tentunya sesuai dengan lulusan anda.
  8. Pilih Lokasi kerja apabila institusi memberikan kewenangan untuk memilih.
  9. Pilih Lokasi Tes sesuai dengan alamat domisili anda atau yang paling dekat dengan alamat domisili anda.
  10. Isi tanggal dan tahun ijasah sesuai yang tertera pada ijasah milik anda.
  11. Isi Nilai Rata-Rata sesuai dengan transkrip nilai ijasah anda.
  12. Isi juga nomor ijasah.
  13. Pastikan untuk mengisi kode Capcha.
  14. Sedikit saran sebelum anda menekan tombol "Daftar" harap periksa kembali data yang sudah terisi karena semua data yang sudah terdaftar tidak akan bisa dirubah lagi.
  15. Silahkan klik "Daftar" apabila sudah yakin benar.
  16. Setelah proses tersebut semua data yang sudah terisi akan tersimpan ke data SSCN.
  17. Sebelum mencetak kartu peserta ada tahap selanjutnya yang harus dilakukan oleh peserta yaitu mengupload berkas persyaratan pada menu riwayat silahkan ikuti petunjuk pendaftaran selanjutnya karena belum selesai.

Riwayar Pendaftaran SSCN.

Apabila sudah melakukan proses pemilihan instansi dan berhasil mendaftar maka pada intinya proses pendaftaran CPNS yang anda lakukan melalui situs resmi SSCN.BKN.go.id sudah selesai tinggal melengkapi data pada menu "Riwayat Pelamar" anda dapat mengisi dan melihat status pendaftaran yang sudah anda lakukan melalui menu ini adapun informasi yang disajikan dalam form ini sebagai berikut :

Instansi, Jenis formasi, tanggal daftar, periode yang dilamar keterangan institusi mengguna portla SSCN, tomnbol cekta registrasi, data ujian dan lulus verifikasi mengikuti CAT, dokumen. Anda bisa melihat semua informasi yang sudah disebutkan melalui menu tersebut nah jangan lupakan untuk mengakses menu "Dokumen" karena apabila anda tidak mengupload maka proses verifikasi tidak akan bisa dilakukan. Pastikan anda sudah mengakses form upload dokumen adapun jenis dokumen yang harus diupload adalah sesuai dengan pilihan instansi seperti :

  1. Foto, 
  2. Ijasah, 
  3. KTP/Surat Keterangan, 
  4. Surat Lamaran, 
  5. Surat Pernyataan, 
  6. Transkrip Nilai/Daf.
Semu file dokumen tidak boleh melebihi ukuran 200 kb semua berkas yang diupload merupakan scan yang asli untuk layar belakang foto dapat disesuaikan dengan ketentuan panitia, anda bisa mengkik upload dan kembali apabila merasa tidak jadi mengupload. Semua status upload akan terekam apabila sudah berhasil.


Cetak Kartu Ujian.

Apabila anda sudah berhasil mengupload berkas silahkan untuk kembali melihat informasi pada riwayat kemudian jangan lupa cekta kartu akan muncul beberapa informasi yang akan mengarahkan anda untuk mencetak semua hasil pendaftaran, kemudian pastikan anda mencetak semua lembar tersebut untuk dikirim.


Kirim Dokumen dan Verifikasi.

Apabila semua sudah tercetak semus lembar yang berisi kartu peserta, verifikasi persyaratan, dan barkot verifikasi instansi pemeriksaan dapat mengirimnya melalui alamat institusi yang dituju sesuai dengan informasi yang ada pada menu "Pengumuman" dengan memasukan dalam amplop sesuai kode formasi yang dipilih kemudian tinggal menunggu verifikasi.

Panitia akan melakukan verifikasi pendaftaran dalam waktu 15 hari apabila semua sudah terverifikasi maka peserta akan mendaftarkan kartu yang sudah diverifikasi kemudian jadwal ujian dapat dilihat kembali pada menu "Riwayat Pelamar" sampai pada proses ini semua proses pendaftaran CPNS sudah selesai tinggal menggu tes dan hasil ujian CPNS, selamat mencoba semoga berhasil.
GET IT ON Google Play