Cara Pendaftaran CPNS Mahkamah Agung (MA) RI 2021-2022

Info Penting CPNS

MahkamahAgung.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Mahkamah Agung (MA) RI 2021-2022 - Bagi anda yang berminat untuk mengikuti pendaftaran CPNS khusus untuk Mahkamah Agung kini tiba saat yang dinati yaitu pendaftaran yang akan dibuka khusus formasi CPNS lulusan Sarjana Syariah/Sarjana Hukum Islam/Sarjana Hukum bagi yang memiliki kualifikasi lulusan tersebut berarti anda bisa mengikuti pendaftaran CPNS MA. Berikut Cara Pendaftaran CPNS Sscnakun.bkn.go.id. Info pengumuman dapat diakses melalui Pengumuman seleksi administrasi SSCN.BKN.go.id Mahkamah Agung.

Melalui informasi ini kami akan membahas mengenai Pendaftaran CPNS MA adapun beberapa informasi yang bisa digunakan mengenai Pendaftaran hingga selesai akan kami lampirkan secara lengkap disini, sebelum melanjutkan informasi inti kita akan mengupas sedikit mengenai Hakim Peradilan. Seperti kita ketahui bersama bahwa Hakim merupakan salah satu wakil Tuhan yang ditunjuk langsung.



Untuk memberikan keputasan atas kasus yang sedang dihadapi dan bersifat objektif, karena tanggung jawab moral dan agama seorang hakim sangat besar ada dua tanggung jawab besar pertama seorang Hakin yang adil akan membawanya menuju surga, kemudian Hakin yang tidak bisa bersifat adil akan membawa ke neraka.

Urusan menghakimi memang bukanlah hal masalah sepele, bukan hanya masalah bisa dibuktikan tetapi juga harus berdasarkan sikap objektif jangan sampai orang yang tidak bersalah malah dihukum sementara yang salah mendapatkan kebebasan. Istilah Hukum tajam kebawah dan tumpul keatas memamg bukan hanya sekedar isapan jempol belaka karena banyak hakim yang memutuskan sesuatu tidak berdasakan sikap objektif.

Atas dasar itulah Mahkanmah Agung harus menyaring ketat termasuk kriteria persyaratan, untuk calon Hakim memang harus yang terbaik dari yang terbaik oleh sebab itu penting sekitaranya kita untuk membaca terlebih dahulu apa saja formasi calon hakim yang dibuka sampai dengan persyaratan dan cara pendaftaran, akan terangkum secara rinci seperti dibawah ini :


Formasi CPNS Mahkamah Agung.

Adapun formasi yang dibutuhkan oleh MA adalah beberapa Calon Hakim Umum dan Hakim Peradilan Tata Usaha Negara serta Calon Hakim Peradilan agama adapun formasi CPNS MA yang dimaksud sebagai berikut ini :
  1. Calon Hakim Peradilan Umum. 
  2. Calon Hakim Peradilan Agama.
  3.  Calon Hakim Peradilan Tata Usaha Negara.

Ketentuan Umum

Jika anda memiliki ketertarikan untuk mengikuti pendaftaran CPNS MA ada beberapa ketentuan umum yang harus dipenuhi bagi pelamar, karena apabila tidak memenuhi semua ketentuan tersebut dipastikan tidak akan bisa melanjutkan pendaftaran CPNS MA adapun ketentuan umum yang dimaksud sebagai berikut.
  1. Proses Seleksi Penerimaan Calon Hakim Mahkamah Agung RI tahun anggaran saat ini terbuka untuk semua warga negara Indonesia. 
  2. Bersedia mengikuti seluruh seleksi dan tidak dipungut biaya apapun. 
  3. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayag Negara Republik Indonesia. 
  4. Apabila dalam pendidikan calon hakim dinyatakan tidak lulus maka status sebagai PNS dinyatakan gugur. 
  5. Bila ada hal-hal yang kurang jelas, pelamar dapat menghubungi call center seleksi calon Hakim Mahkamah Agung pada nomor 082110891729 atau melalui menu heldesk pada SSCN.BKN.go.id 


Cara Pendaftaran CPNS MA

Bagi anda yang sudah memenuhi persyaratan dan sudah resmi dibuka silahkan kunjungi situs resmi sscn.bkn.go.id untuk melakkan pendaftaran kemudian pilih katagori Mahkamah Agung seperti formasi CPNS yang telah terlampir, perlu digaris bawahi pendaftaran CPNS MA hanya diperuntukan bagi mereka yang memenuhi persyaratan diatas apabila tidak memenuhi sangat disayangkan tidak bisa mengikuti pendaftaran CPNS. silahkan Kunjugi Cara Pendaftaran CPNS Sscnakun.bkn.go.id untuk panduan pendaftaran CPNS.

Setelah melakukan pendafaran online silahkan peserta melakukan cetak bukti pendaftaran kemudian mengirim berkas melalui alamat yang tertera bagi yang belum mengetahui caranya berikut kami berikan secara rinci tata cara pendaftaran CPNS MA dikutip dari situs resmi MahkamahAgung.go.id seperti berikut ini :

 

Registrasi Akun

  1. Proses pendaftaran dimulai dari pembuatan akun CPNS melalui situs resmi sscasn.bkn.go.id
  2. Isi form secara online
  3. Verifikasi dan validasi

Pendaftaran

  1. Login ke portal sscn.bkn.go.id menggunakan akun yang sudah ada.
  2. Mengisi biodata lengkap
  3. Melakukan upload dokumen persyaratan
  4. Cetak Kartu 
  5. Ikuti pelaksanaan Tes
Pengumuman
  1. Hasil seleksi dapat dilihat langsung dan akan diumumkan melalui portal sscn.bkn.go.id.

Pelaksanaan Tes

  1. Tes CAT
  2. Tes SKB

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan seputar Cara Pendaftaran CPNS Mahkmah Agung semoga bisa bermanfaat, bagi pelamar harap mengikuti ketentuan yang berlaku untuk yang ingin mendwnload semua informasi diatas dapat diakses melalui situs resmi http://www.mahkamahagung.go.id/media/3901 berisi pengumuman final formasi CPNS sesuai yang telah diuraikan diatas.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan bahwa penerimaan CPNS MA merupakan bagian dari Pendaftaran CPNS KemenkumHAM hanya saja lebih fokus pada formasi Hakim Peradilan dengan ketentuan persyaratan yang sudah dibahas, silahkan ikuti ketentuan yang ada pada situs tersebut ikut sampai dengan selesai terima kasih selamat mencoba.