Penyebab Gagal Lolos Kartu Prakerja di Dashboard Berikut Solusinya


Dashboard.prakerja.go.id - Penyebab Gagal Lolos Kartu Prakerja di Dashboard Berikut Solusinya - Kartu Prakerja dan isi dasboard menjadi pemandangan yang dibuka hampir setiap minggu, alasannya cuma satu coba untuk apply kartu prakerja tersebut, entah tujuannya untuk mendapatkan insentif atau memang untuk menambah ilmu pengetahuan dan mencari sertifikat untuk mengisi portopolio pengalaman kerja yang masih sedikit.
 
Pertanyaan sederhananya adalah apakah kursus yang diikuti dengan biaya yang diberikan pemerintah itu akan memiliki kontribusi besar layaknya seseorang memiliki ijasah atau pelatihan profesional lainnya, berdasarkan pengalaman admin apabila kita seorang pemula kemudian mengikuti program kartu prakerja untuk mendapatkan sertifikat keahlian tertentu maka itu tidak akan berhasil.
 

 
Pelatihan online akan berguna apabila kita memiliki keahlian khusus pada bidang tertentu dengan pengalaman yang lama dan belajar secara otodidak untuk mendapatkan bukti tertulis maka ikut program prakerja itu akan berguna, selain itu sertifikat online hanya berguna untuk mereka yang mau buka usaha terutama bidang IT itu sangat membantu.
 
Sudah dari awal pembukaan prakerja dari gelombang 13 admin sudah ikutan program ini ada banyak pengalaman yang bisa jadi cerita dan pelajaran untuk yang baru mau ikut prakerja, sebenarnya prakerja dipersiapkan untuk seseorang yang ingin membuka usaha menjadi umkm fokus utama adalah sebagai wiraswasta IT baik web, youtube, tiktok, instagram, fb, agar bisa menghasilkan uang.
 
Atau mencari ilmu tertentu dari kursus yang ada untuk menambah portopolio, diawal pembukaan prakerja sertifikat online tidak akan ada gunanya, namun saat pendemi menyerang dunia dunia pendidikan mulai menerima pendidikan berbasis online seperti kursus, berutungnya saat ini pendidikan yang ada di internet mulai diakui dunia.
 
Dari awalnya kursus atau pelatihan profesional harus dilakukan secara full offline sekarang bisa full online, kalau ditanya apakah sertifikat yang dimiliki diakui, untuk saat ini diakui namun kontribusi terhadap diterima atau tidak tetap menjadi rahasia perusahaan, namun tidak ada salahnya untuk menambah ilmu pengetahuan.
 
Sayangnya masih banyak penerima prakerja yang hanya fokus pencairan insentif saja, terkadang alasan tidak memilih kursus yang sesuai kebutuhan alasanya karena takut sertifikat tidak muncul di dasboard prakerja dan insentif gagal cair, selain itu para pelamar prakerja banyak yang mengikuti tes dengan melihat kunci jawaban yang ada di youtube dan tidak mengerjakan sendiri.
 
Hal itu menyebabkan seseorang akan sangat tidak memahami materi yang pilih padahal selain insentif harapannya mendapatkan serifikat yang dapat membantu menambah keahlian seseorang dan dapat dilampirkan ke portopolio lamaran pekerjaan.

Tujuan awal pemerintah membuka kartu prakerja adalah untuk mempersiapkan lulusan baru baik tingkat SMA/SMK/MA untuk dapat mencari bekal supaya dapat pekerjaan dengan cepat, namun seiring dengan berjalannya waktu pendemi berkepanjangan perusahaan di seluruh dunia bukan membuka lowongan kerja tetapi setiap tahun rutin melakukan PHK masal sebagai bentuk respon untuk bertahan dari krisis global.

Perlahan mulai beralih tujuan prakerja saat ini lebih mempersiapkan seseorang untuk dapat membuka usaha secara mandiri terutama di bidang IT sangat didorong sekali, admin juga akan menguraikan secara rinci apa saja pengalaman selama mendaftar prakerja agar bisa jadi pelajaran kedepan.

 

1. Data Profil Tidak Sesuai Kriteria Prakerja

Profil Ibu Rumah Tanggal dan Perempuan Lebih Cepat di apply saat Mendaftar Prakerja.

Admin memiliki beberapa data dimana perempuan yang berstatus tidak bekerja atau ibu rumah tangga akan lebih mudah diterima kartu prakerja dibandingkan dengan profil laki-laki, itu terbukti dari beberapa kali istri mendaftar prakerja hanya hitungan 6 -7 kali mendaftar langsung diterima.

Prioritas Memilih Bidang IT

Untuk profil prakerja yang memilih bidang IT akan lebih mudah di approv saat mendaftar prakerja jika dibandingkan dengan pemilihan pelatihan lainnya, itu terbukti dari orang-orang terdekat admin yang memilih bidang IT saat mendaftar prakerja sudah diterima semua sedangkan admin yang membuat bidang keuangan sampai saat ini belum diterima. Bagi yang sudah terlanjur memilih bidang lain jangan kwatir terdapat 3-6 bulan akan dilakukan pengkinian data dimana seseorang pelamar prakerja bisa mengubah data profil untuk memilih bidang pelatihan IT agar bisa di approv.

Usia Produktif

Prioritas utama program prakerja adalah memberikan bantuan insentif selama 3 bulan untuk mempersiapkan untuk bekerja seperti dapat mengurus adminstrasi dan membiayai proses pemalaran kerja, namun untuk usia produktif dan belum berstatus berpengalaman, rata-rata yang diterima prakerja dibawah usia 32 tahun namun ada juga yang usia diatas 35 tahun meski tidak banyak, tamat sekolah atau baru lulus kuliah usia ideal untuk daftar prakerja.

Tidak Mendapatkan Bantuan Pemerintah Lainnya.

Ada banyak bantuan tunai langsung, baik berupa uang, sumbako, KKS, KIP yang diberikan pemerintah, BLT dan bantuan BSU kemenaker atau bantuan dinsos lainnya akan maka tidak akan bisa lagi mendaftar kartu prakerja dengan alasan tidak mengizinkan dobel bantuan, prakerja hanya diberikan bagi pelamar yang belum menerima bantuan dari pemerintah.

Terdaftar Sebagai Pemegang KIS PBI akan lebih Mudah Diterima

Entah kenapa beberapa orang yang memiliki kartu KIS PBI bantuan pemerintah sudah lebih dahulu lulus prakerja dari awal pembukaan, namun bukan berarti pasti diterima namun bukan jamaninan kebetulan disekitar admin seperti tetangga dan saudara sudah diterima prakerja dari jauh sebelumnya.

 

2. Penyebab Gagal Diterima Kartu Prakerja

Biasanya menjadi sesuatu rutinitas apabila kita daftar prakerja login dan cek dasboard akun prakerja namun seringkali kita melihat keterangan sedang evaluasi atau proses, hanya saja tidak berujung pada diterima prakerja analisis tidak diterima sebagai berikut :

  1. Berstatus sebagai mahasiswa aktif disalah satu perguruan tinggi tidak akan bisa mendaftar.
  2. Sudah pernah menerima bantuan dari pemerintah baik dari desa, kota, kabupaten, provinsi, atau pusat, jika ada salah satu bantuan yang sudah diterima maka tidak akan bisa.
  3. Maksimal 2 orang untuk satu KK mendaftar prakerja, apabila sudah ada satu orang yang diterima prakerja biasanya lebih lama diterima.
  4. Terdata pada sistem BPJS Ketenagakerjaan, karena proses pengurusan BP Jamsostek biasanya beberapa wiraswasta yang mendaftar secara mandiri tidak mencabut kepesertaannya akibatnya masih terdata di BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu penyebab gagal diterima prakerja.
  5. Memiliki laporan penghasilan di DJP, pelaporan sistem pajak biasanya satu tahun sekali nah karena alasan phk atau lainnya biasanya kita masih terhitung bekerja meski tidak bekerja lagi, jika terlapor memiliki gaji maka tidak akan bisa dapat prakerja, solusi perbaiki laporan jika tidak lagi menerima gaji.
  6. Berpenghasilan sebagai pekerja freelance atau wiraswasta dimana hasil di transfer ke bank BUMN akan dianggap tidak layak lagi mendapatkan prakerja.
  7. Usia melewati 30 tahun, biasanya orang-orang yang memiliki usia tersebut sudah dianggap berpengalaman dan tidak membutuhkan lagi pelatihan seperti prakerja karena dianggap berpengalaman bukan lulusan baru lagi.

3. Masalah Verifikasi Identitas di Dasboard Prakerja Yang Sering Muncul Tidak bisa Selesai

  1. Biasanya kita diminta untuk memverifiaksi ulang seperti foto selfie dan foto ktp namun biasanya gagal saat dikirim meski sudah mengikuti contoh yang ada masih gagal membuat seseorang tidak melanjutkan pendaftaran prakerja.
  2. Beberapa kendala mengharuskan untuk mengikuti panduan verifikasi yang ada pada dasboard prakerja sebagian berhasil tetapi ada juga yang tidak kunjung berhasil, ada yang bilang foto ktp tidak sesuai dengan foto saat ini mebuat gagal, atau pose selfie tidak sesuai dengan panduan, atau sinyal jelek, namun ada juga yang sudah mengikuti semua trik namun masih tetap gagal verifikasi.
  3. Admin pernah megalami hal sama, tetapi seseorang kadang melupakan sesuatu bahwa sistem mendeteksi lokasi seseorang, sebaiknya berada dilokasi yang sama awal mendaftar, admin daftar di dusun rumah dikota sudah lebih satu bulan gagal pas pulang kampung coba verifikasi identitas ternyata berhasil

Semua apa yang admin ceritakan merupakan pengalaman bukan analisis belakang, karena istri, saudara pemermpuan sudah diterima prakerja sejak gelombang 18 sedangkan admin masih berjuang untuk mendapatkan kartu prakerja sampai saat ini, semoga informasi seputar prakerja ini dapat membantu teman-teman dalam kendala yang dihadapi terutama bagi yang belum diterima prakerja sampai saat ini.

Langkah apa yang harus dilakukan agar bisa lulus prakerja, satu-satunya jalan mengupdate data kita baik ke bank, bpjs ketenagakerjaan atau kantor pajak, jelaskan jika kondisi saat ini tidak bekerja data lama perlu pengkinian agar bisa diterima, usaha lain adalah terus mendaftar prakerja bila perlu sampai program ini dinyatakan tutup hehe.