Cara Download Sertifikat Hasil UTBK 2022-2023

Info Penting CPNS

Cara Download Sertifikat Hasil UTBK 2022-2023 - Setela mengetahui hasil UTBK setiap peserta kita bisa mendaftar mengetahui rincian nilai yang sudah di dapat selama ini, ada beberapa perubahan tahun ini untuk melihat sertifikat hasil UTBK dapat melalui bebera lin seperti portal.ltmpt.ac.id hanya saja seringkali error, bagi yang merasa kesulitan login dapat mengakses hasil utbk melalui utbk-sbmptn.ltmpt.ac.id/

Tidak hanya yang bersangkutan orang terdekat harus diberi tahu bahwa nilai UTBK merupakan nilai yang hanya diperbolehkan untuk pribadi dan dilarang untuk membagikan ke media sosial karena banyak data sensitif yang bersifat pribadi, seandainya jika ingin di publikasi data tersebut harus di blur agar tidak disalah gunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.


Kegunaan UTBK dapat menjadi bahan evaluasi tes digunakan untuk memperbaiki apa saja yang kurang dengan harapan dapat mengikuti UTBK tahun depan karena UTBK bisa diikuti selama 3 kali jika tidak lulus, Sementara bagi yang ingin mengikuti jalur PTN dapat melalui nilai tersebut.

Khusus untuk yang memilih PKN STAN bisa lanjut untuk melakukan pembayaran dan melanjutkan proses pendaftaran kedinasan yang akan menjalani 4 kali tes lagi sampai lulus, sementara kelulusan PTN bagi yang memilih jalur tersebut dapat diabaikan.

Bagi yang mau downlaod silahkan ikuti panduan yang sudah admin tulis secara lengkap, meski PTN tidak membutuhkan nilai tersebut untuk pendaftaran ulang, bagi yang lulus sebaiknya didownload dan yang tidak lulus wajib untuk download untuk lebih jelas simak rincian cara download sertifikat hasil UTBK. Seperti dibawah ini.

Pertama yang harus dilakukan adalah login ke https://portal.ltmpt.ac.id/ atau melalui link utbk-sbmptn.ltmpt.ac.id/ lansung masukan username dan password akun LTMPT 


Setelah berhasil masuk pilih pada menu UTBK SBMPTN klik menu tersebut akan diarahkan ke link utbk-sbmptn.ltmpt.ac.id/ selanjutnya, namun apabila error kembali ke menu utama kemudian coba klik uang sampai berhasil. 

Selanjutnya akan diarahkan ke menu berikutnya dan dapat langsung mendownload sertifikat hasil UTBK pada menu berikut :

Klik pada menu berikut, perlu diingat bahwa nilai UTBK merupakan nilai hasil bersifat pribadi dan tidak diizinkan untuk dibagikan ke media sosial karena bersifat privat.


Setelah itu silahkan lihat sertifikat Hasil UTBK jangan lupa untuk mendwload nilai tersebut terdapat beberapa informasi terkait data dan perolehan nilai yang sudah diikuti seperti tampilan berikut 

Nilai tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan seleksi mandiri tanpa tes atau bahan evaluasi dimana kekurangannya, selanjutnya dapat dijadikan tolak ukur jika tahun depan ingin mengikuti UTBK kembali. Pastikan tidak membagikan hasil tersebut ke ruang publik karena nilai merupakan memuat data sensitif hanya untuk pribadi.

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga bermanfaat, bagi yang lulus admin ucapakan selamat sementara bagi yang tidak lulus dapat mengikuti UTBK tahun depan atau ikut seleksi mandiri, hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas nama PTN, untuk informasi pendaftaran ulang hanya bersumber dari web resmi masing-masing PTN dengan domain ac.id.