Pendaftaran Pengumuman CPNS SULSEL 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Sulawesi Selatan 2018/2019 Kabar gembira untuk Anda yang tinggal di Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan bercita – cita ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tahun ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dikabarkan akan segera membuka lowongan CPNS untuk memenuhi kebutuhan tenaga PNS di provinsi ini.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Sulawesi Selatan merupakan provinsi yang sangat luas. Provinsi yang ditinggali oleh sekitar 8,4 juta jiwa ini memiliki luas sekitar 45 ribu km persegi. Karena jumlah penduduknya sangat banyak dan wilayah kekuasaannya pun tergolong sangat luas, maka sangatlah wajar jika provinsi Sulawesi Selatan membutuhkan tenaga PNS yang banyak.



Lantas, seperti apa sih tata cara pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Selatan di Tahun 2018 ini? Apakah proses pendaftarannya masih sama dengan tahun – tahun yang sebelumnya? Seperti apakah proses seleksi yang harus dilalui oleh calon peserta? Dan bagaimana cara mengecek pengumuman CPNS Prov Sulawesi Utara? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Selatan

Pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Selatan tahun ini akan dihandle seluruhnya oleh pemerintah pusat. Dalam hal ini, hanya ada satu halaman situs website yang akan difungsikan sebagai tempat pendaftaran, yaitu situs web sscn.bkn.go.id. Untuk melakukan pendaftaran, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

1. Buat Akun SSCN Terlebih Dahulu

Untuk bisa mendaftar menjadi peserta seleksi pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Selatan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun SSCN. Untuk membuatnya, Anda dapat mengikuti panduan langkah di bawah ini:
  • Siapkan data NIK, NIK KK (nomor kartu keluarga) dan akun email yang masih valid dan aktif (jika ragu, boleh menggunakan email baru)
  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id 
  • Cari halaman pendaftaran, lalu isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut
  • Klik opsi “kirim” atau “daftar”, lalu tunggu beberapa saat
  • Jika proses pendaftarannya berhasil, Anda akan dipersilahkan untuk login ke halaman personal SSCN Anda

2. Lengkapi Data Anda

Setelah akun SSCN nya siap, langsung login ke situs SSCN untuk melengkapi data pribadi Anda. Nantinya, ada dua hal yang harus Anda lakukan di tahap ini. Hal yang pertama adalah mengisi formulir data pribadi. Untuk melakukannya Anda hanya perlu mengisi form data personal sesuai dengan data pribadi milik Anda.

Jika proses pengisian datanya sudah selesai, coba cek terlebih dahulu apakah data yang Anda isikan sudah benar atau belum. Hal ini penting untuk dilakukan karena begitu dikirim, data tersebut tidak akan bisa diperbaiki ataupun dimodifikasi sama sekali.

Setelah proses pengisian form data personalnya selesai, selanjutnya coba masuk ke halaman dokumen persyaratan. Di halaman tersebut Anda akan diminta untuk mengunggah data dokumen persyaratan (biasanya berbentuk jpg atau jpeg). Jika seluruh dokumen yang diminta sudah selesai diunggah, Anda dapat melanjutkan ke tahap yang selanjutnya.

3. Daftar di Instansi yang Anda Inginkan

Langkah pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Selatan yang selanjutnya adalah menentukan dan mendaftar di instansi yang Anda inginkan. Di tahap ini, Anda diperbolehkan untuk membuat beberapa pilihan seperti: di instansi mana Anda ingin bekerja, di posisi jabatan apa Anda ingin bekerja, di daerah mana Anda ingin ditempatkan, dan dimana Anda ingin mengikuti seleksi ujian.

4. Tunggu Proses Verifikasi, Lalu Cetak Kartu Ujian CAT

Setelah melakukan pendaftaran di instansi yang Anda inginkan, selanjutnya Anda tinggal menunggu proses verifikasi dari pihak instansi terkait. Dalam hal ini, data Anda akan diperiksa oleh tim seleksi dari instansi pemerintah tempat Anda mendaftar. Jika data Anda dinyatakan valid dan kualifikasi Anda dinyatakan sesuai dengan kualifikasi tenaga kerja yang mereka butuhkan, Anda akan diminta untuk mencetak kartu ujian. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti proses seleksi / ujian sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditetapkan.

Tes Seleksi dan Cara Mengecek Pengumuman CPNS Prov Sulawesi Selatan

Selain menggunakan metode pendaftaran yang berbeda, tes seleksi CPNS Prov Sulawesi Selatan tahun ini juga cenderung berbeda dengan tes seleksi CPNS di tahun – tahun yang sebelumnya (sebelum Tahun 2017 kemarin). Jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses ujian masih dilakukan secara manual dengan menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK), sejak Tahun 2017 yang lalu, proses seleksinya sudah dilakukan dengan menggunakan sistem CAT.

Lantas, bagaimana dengan muatan tes ujiannya? Untuk muatan tes ujian seleksinya secara keseluruhan cenderung tidak jauh berbeda. Tes yang akan diujikan masih berhubungan dengan tes wawasan kenegaraan dan tes kompetensi dasar. Nah, untuk aktivitas pengecekan hasil seleksinya sendiri dapat dilakukan dengan cara rutin mengunjungi halaman situs web yang digunakan untuk mendaftar sebelumnya, yaitu di sscn.bkn.go.id. 

Biasanya pengumuman hasil seleksi akan dilakukan beberapa hari setelah ujian seleksi selesai dilaksanakan. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa dengan sistem CAT yang baru, peserta seleksi akan bisa mengetahui hasil ujiannya secara langsung begitu mereka selesai mengikuti ujian seleksi.

Biasanya, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan dengan menggunakan file pdf yang berisi tabel nama dan nomor ujian yang berhasil lolos. Nah, tugas Anda adalah mengunduh file tersebut untuk kemudian mencari nama dan nomor ujian Anda di sana. Jika nama dan nomor ujian Anda ada di sana, maka selamat, berarti Anda telah berhasil menjadi seorang CPNS. Itulah sedikit informasi mengenai pendaftaran pengumuman CPNS Prov Sulawesi Selatan yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS SULSEL 2018/2019"

Posting Komentar