Pendaftaran Pengumuman CPNS NTT 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov NTT 2019/2020 - Untuk memenuhi kebutuhan PNS di Provinsi NTT, di Tahun ini, Pemerintah NTT berencana untuk membuka pendaftaran pengumuman CPNS Prov NTT. Harapannya, dengan pembukaan lowongan CPNS ini, kebutuhan PNS di Prov NTT bisa segera terpenuhi. Dengan begitu, pemerintah Provinsi NTT bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi pada masyarakat.

Sampai artikel ini ditulis, pemerintah provinsi NTT masih belum mengumumkan daya tampung dan formasi CPNS yang akan dibuka. Walaupun begitu, bila mengacu pada perkataan Menpan RB, maka kemungkinan besar formasi CPNS Prov NTT akan difokuskan pada instansi pendidikan dan kesehatan.


Pasalnya, proses seleksi CPNS Prov NTT tahun ini akan dilaksanakan oleh pemerintah pusat, yaitu melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN). Jika Anda tertarik untuk mengikuti proses seleksi CPNS Prov NTT, Anda dapat membaca informasi terkait tata cara pendaftaran CPNS Prov NTT dan cara cek pengumuman CPNS Prov NTT di tulisan berikut ini:


Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov NTT

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, proses seleksi pendaftaran CPNS Prov NTT tahun ini akan dikendalikan secara langsung oleh pemerintah pusat, yaitu melalui Badan Kepegawaian Negara. Oleh karenanya, tata cara pendaftaran CPNS Provinsi NTT tahun ini akan sedikit berbeda dengan tata cara pendaftaran CPNS Prov NTT di tahun – tahun yang sebelumnya.

Jika di tahun – tahun yang sebelumnya, proses pendaftaran masih dilakukan melalui halaman situs web milik pemerintah daerah atau pun lembaga institusi pemerintahan terkait, saat ini proses pendaftaran CPNS Provinsi NTT akan dilakukan melalui halaman situs web milik BKN, yaitu di sscn.bkn.go.id.

Selain itu, jika selama ini proses pengumpulan berkas persyaratan pendaftaran masih dilakukan secara manual via surat, tahun ini, proses pengumpulan berkas persyaratan pendaftarannya akan dilakukan secara online dengan menggunakan file digital (berbentuk jpg atau jpeg). Lantas, bagaimanakah tata cara pendaftaran CPNS Prov NTT tahun ini? Berikut panduan lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


1. Buat Akun SSCN

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS Prov NTT adalah membuat akun di halaman situs web SSCN. Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
  • Kunjungi portal situs sscn (sscn.bkn.go.id)
  • Masuk ke bagian pendaftaran
  • Isi seluruh form yang ada pada halaman pendaftaran tersebut
  • Sebelum dikirim, pastikan seluruh data yang Anda inputkan sudah benar
  • Klik opsi “kirim”, lalu tunggu beberapa saat
  • Jika proses pendaftarannya sukses, silahkan login ke portal SSCN untuk melanjutkan ke proses pendaftaran yang selanjutnya

Sekedar informasi, di tahap pendaftaran yang pertama ini Anda mungkin akan mengalami kegagalan. Kegagalan ini dapat ditengarai oleh beberapa hal, seperti salah memasukkan nomor NIK, salah memasukkan nomor NIK KK, salah memasukkan alamat email, atau karena nomor NIK dan NIK KK yang Anda pakai untuk mendaftar masih belum terdeteksi di sistem milik dinas DUKCAPIL.

Jika permasalahannya adalah karena nomor NIK atau NIK KK Anda belum terdaftar di dinas DUKCAPIL, Anda dapat berkunjung ke kantor dinas DUKCAPIL terdekat untuk meminta penjelasan.


2. Lengkapi Data Anda

Jika proses pendaftaran akun SSCN nya berhasil, langkah pendaftaran CPNS Prov NTT yang selanjutnya adalah melengkapi data pribadi / data personal. Data pribadi ini nantinya akan digunakan oleh panitia seleksi administrasi untuk menilai kualifikasi Anda. Oleh sebab itu, data yang Anda inputkan di tahap ini harus dipastikan kebenaran dan kevalidan nya.

Dalam prakteknya nanti, ada dua aktivitas yang perlu Anda lakukan di tahap ini, yaitu mengisi form pendaftaran dan mengunggah data dokumen persyaratan. Penting untuk diingat, begitu form pendaftaran dan data dokumennya selesai diunggah, data tersebut tidak akan bisa dimodifikasi lagi. Oleh sebab itu, sebelum dikirimkan, pastikan terlebih dahulu kalau datanya sudah benar.


3. Daftar ke Instansi yang Anda Inginkan

Langkah pendaftaran CPNS Prov NTT yang selanjutnya adalah mendaftar ke instansi yang diinginkan. Di tahap ini, Anda diperbolehkan untuk memilih instansi yang Anda inginkan, menentukan tempat ujian, memilih lokasi / daerah dimana Anda ingin ditempatkan, dan memilih posisi jabatan yang Anda inginkan.

Setelah Anda menentukan pilihan, selanjutnya data Anda akan segera diverifikasi oleh tim seleksi dari instansi yang Anda pilih. Bila data Anda dinyatakan layak dan kualifikasi diri Anda dinyatakan sesuai dengan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh instansi tersebut, data Anda akan langsung diteruskan ke sistem CAT. Selanjutnya Anda tinggal mencetak kartu ujian dan mengikuti proses ujian seleksi sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan.


Cara Cek Pengumuman CPNS Prov NTT

Cara cek pengumuman CPNS Prov NTT tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu rutin membuka halaman situs web sscn.bkn.go.id untuk menunggu pengumuman nya di sana. Biasanya pengumuman hasil seleksi akan dilakukan beberapa hari setelah ujian seleksi selesai dilangsungkan. Pengumuman akan diunggah dalam bentuk file pdf yang berisi tabel daftar peserta seleksi CPNS Prov NTT yang berhasil lolos.

Silahkan cari nama dan nomor ujian Anda di daftar tersebut. Jika nama Anda ada di daftar tersebut, maka selamat, berarti Anda telah berhasil. Namun, jika nama Anda tidak ada di daftar tersebut, maka kemungkinan besar lowongan CPNS tahun ini masih belum rejeki Anda. Itulah sedikit informasi terkait panduan pendaftaran pengumuman CPNS Prov NTT yang bisa kami bagikan kepada Anda. Akhir kata, selamat berjuang mengikuti proses seleksi dan semoga berhasil ya!

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS NTT 2019/2020"

Posting Komentar