Pendaftaran Pengumuman CPNS SULTENG 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Sulawesi Tengah 2019/2020 - Kabar gembira untuk Anda yang tinggal di Provinsi Sulawesi Tengah dan bercita – cita ingin menjadi PNS. Tahun ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dikabarkan akan segera membuka lowongan PNS untuk sekitar 1.381 orang.

Angka tersebut merupakan angka yang diajukan oleh pemerintah Prov Sulawesi Tengah ke pemerintah pusat. Jadi untuk kepastiannya masih menunggu persetujuan dari pemerintah pusat. Jika dibandingkan dengan luas wilayah yang dimiliki, angka kebutuhan PNS sebesar 1.381 tersebut tentunya tergolong sangat sedikit.



Pasalnya, luas wilayah Provinsi Sulawesi Tengah mencapai 61, 8 ribu km persegi dengan jumlah penduduk total sekitar 3,2 juta jiwa. Bila dibandingkan dengan provinsi – provinsi lainnya yang ada di Pulau Sulawesi, Provinsi Sulawesi Tengah tergolong memiliki daerah kekuasaan yang paling luas.

Nah, khusus untuk Anda yang tertarik dan ingin mencoba peruntungan dalam proses seleksi CPNS Prov Sulawesi Tengah tahun ini, berikut merupakan sedikit informasi mengenai tata cara pendaftaran dan cara cek pengumuman CPNS Prov Sulawesi Tengah yang bisa Anda jadikan sebagai referensi pendaftaran:


Cara Daftar CPNS Prov Sulawesi Tengah

Cara daftar CPNS Prov Sulawesi Tengah tergolong sangat mudah. Dalam hal ini hanya ada tiga tahapan pendaftaran yang perlu Anda lakukan. Ketiga tahap pendaftaran tersebut adalah pembuatan akun SSCN, pengisian data pribadi, serta pendaftaran ke instansi yang diinginkan.

Satu hal yang harus Anda ingat, proses pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Tengah tahun ini tidak seperti tahun – tahun yang sebelumnya. Jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses pendaftaran CPNS Provinsi Sulawesi Tengah dilakukan melalui halaman situs milik instansi yang membuka lowongan CPNS, tahun ini proses pendaftarannya akan dilakukan melalui halaman situs website tunggal, yaitu di situs portal sscn.bkn.go.id.

Tidak hanya itu, jika di tahun – tahun sebelumnya proses pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Tengah masih belum disinkronkan dengan data dari dinas DUKCAPIL, tahun ini, proses pendaftarannya sudah disinkronkan dengan data dari dinas DUKCAPIL. Artinya, jika data NIK dan atau NIK KK milik Anda belum terdaftar di dinas DUKCAPIL, maka Anda tidak akan bisa melakukan pendaftaran. Lantas, bagaimanakah tata cara pendaftaran CPNS Prov Sulteng? Berikut panduan lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


1. Buat Akun SSCN Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftar menjadi peserta seleksi pendaftaran CPNS Provinsi Sulteng adalah membuat akun SSCN Terlebih dahulu. Untuk membuat akun ini, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Siapkan data – data yang dibutuhkan (berupa nomor NIK, nomor NIK KK / nomor kartu keluarga, email yang masih aktif)
  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id
  • Masuk ke halaman pendaftaran
  • Isi seluruh form pendaftaran yang ada pada halaman tersebut
  • Klik tombol “daftar”, lalu tunggu beberapa saat
  • Jika proses pendaftarannya berhasil Anda akan diminta untuk login ke halaman personal SSCN Anda

2. Lengkapi Data Personal di Akun SSCN Anda

Langkah pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Tengah yang selanjutnya adalah melengkapi data personal di akun SSCN. Penting untuk diketahui, akun SSCN yang Anda buat sebelumnya nantinya akan digunakan sebagai bahan penilaian oleh tim panitia seleksi administrasi. Oleh sebab itu, Anda harus bisa memastikan kelengkapan dan kebenaran data tersebut.

Secara keseluruhan, ada dua hal yang perlu Anda lakukan di tahap ini. Yang pertama Anda harus mengisi form biodata yang ada pada halaman personal Anda. Dan yang kedua Anda harus mengunggah alias meng – upload seluruh berkas dokumen persyaratan yang diminta oleh tim panitia seleksi. Khusus untuk dokumen yang diunggah biasanya akan diminta dalam bentuk jpp, jpeg, atau pdf. Oleh sebab itu, agar proses pendaftarannya bisa berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk menyiapkan data tersebut sebelum mendaftar.


3. Daftar di Institusi yang Anda Inginkan

Setelah proses pengisian data personal akun SSCN nya telah selesai, selanjutnya Anda diminta untuk mendaftar di institusi yang Anda inginkan. Di tahap ini, ada beberapa pilihan yang harus Anda buat, yaitu: di institusi apa Anda ingin bekerja, di jabatan apa Anda ingin melamar, di daerah / wilayah mana Anda ingin ditempatkan, dan dimana Anda ingin mengikuti ujian seleksi?

Setelah proses pendaftarannya selesai, data personal Anda akan segera direvisi oleh tim panitia seleksi dari institusi tempat Anda mendaftar. Jika data Anda dinyatakan valid dan kualifikasi yang Anda miliki dinyatakan memadai / sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh institusi tersebut, data Anda akan segera diteruskan ke sistem CAT. Anda akan diminta untuk mencetak kartu ujian, dan Anda tinggal mengikuti proses ujian CAT di waktu dan tempat yang telah ditentukan.


Cara Cek Pengumuman CPNS Prov Sulawesi Tengah

Cara cek pengumuman CPNS Prov Sulawesi Tengah tergolong cukup mudah. Biasanya pengumuman hasil seleksi akan dilakukan dengan menggunakan halaman situs web yang digunakan untuk melakukan pendaftaran (dalam hal ini adalah sscn.bkn.go.id). Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui pengumuman hasil seleksinya, Anda harus rutin mengunjungi halaman situs web tersebut.

Untuk pengumumannya sendiri biasanya akan dilakukan dengan menggunakan file pdf yang berisi daftar peserta seleksi CPNS yang lolos. Silahkan cari nama Anda di daftar tersebut. Jika nama Anda ada dalam daftar tersebut, berarti Anda berhasil lolos.

Sebaliknya, jika nama Anda tidak ada dalam daftar tersebut, berarti lowongan CPNS Prov Sulawesi Tengah tahun ini masih belum rejeki Anda. Itulah sedikit informasi mengenai tata cara pendaftaran CPNS Prov Sulawesi Tengah yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

2 Responses to "Pendaftaran Pengumuman CPNS SULTENG 2019/2020"

  1. Makasi atas infonya... Ini bisa membantu semua calon peserta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, jika ada sudah resmi dibuka akan kami update,pastikan cek terus infonya ya jangan sampai ketinggalan info pembukaan tahun ini.

      Hapus