Pendaftaran Pengumuman CPNS Berdasarkan Potensi SDM Daerah 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Berdasarkan Potensi SDM Daerah 2018/2019 Dalam rangka pemanfaatan potensi daerah, pemerintah secara resmi telah membuka seleksi pendaftaran pengumuman CPNS berdasarkan potensi daerah. Nantinya setiap daerah diijinkan untuk mengajukan usulan formasi CPNS khusus untuk daerah mereka dengan tujuan agar potensi daerah tersebut bisa termanfaatkan dengan lebih maksimal.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Indonesia adalah negara yang sangat luas. Setiap daerah di Indonesia memiliki potensi yang berbeda – beda. Daerah Bali contohnya, daerah yang sering dijuluki dengan Pulau Dewata ini memiliki potensi wisata yang sangat menonjol. Di lain sisi, Daerah Kalimantan cenderung memiliki potensi sumber daya hutan yang sangat luar biasa.



Nah, percaya atau tidak, tidak semua potensi yang dimiliki oleh daerah – daerah di Indonesia telah termanfaatkan dengan baik. Untuk itu, agar seluruh potensi tersebut bisa termanfaatkan dengan baik, pemerintah daerah diperbolehkan untuk menambah jumlah PNS yang nantinya akan ditujukan untuk mengelola dan memanfaatkan potensi tersebut.

Lantas, seperti apakah tata cara pendaftaran pengumuman CPNS berdasarkan potensi daerah? Apa saja sih persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar? Dan bagaimanakah cara untuk mengecek pengumuman hasil seleksi CPNS berdasarkan potensi daerah ini? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


Tata Cara Pendaftaran CPNS Berdasarkan Potensi Daerah

Tata cara pendaftaran pengumuman CPNS berdasarkan potensi daerah di Tahun 2018 ini agak sedikit berbeda dengan tahun – tahun yang sebelumnya. Jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses penerimaannya cenderung dilakukan melalui halaman situs web milik pemerintah daerah yang membutuhkan tenaga CPNS, tahun ini, proses penerimaannya akan dilakukan melalui halaman situs website milik pemerintah pusat, yaitu di bkn.go.id, tepatnya di portal sscn.bkn.go.id.

Untuk tahapan pendaftarannya sendiri secara keseluruhan cenderung tidak jauh berbeda dengan tahapan pendaftaran CPNS pada umumnya. Dalam hal ini, secara keseluruhan ada empat tahapan pendaftaran yang harus dilalui oleh setiap calon peserta seleksi CPNS ini. Ke empat tahapan pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut:


1. Pendaftaran di Portal SSCN

Tahapan pertama yang harus dilalui oleh setiap calon peserta seleksi CPNS berdasarkan potensi daerah adalah melakukan pendaftaran di portal SSCN. Proses pendaftaran ini membutuhkan tiga informasi penting, yaitu informasi tentang Nomor Kartu Keluarga (NIK KK), informasi tentang Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan informasi mengenai alaman email (harus yang aktif dan valid).

Dalam prakteknya nanti, tahapan ini hanya bisa dilewati oleh penduduk yang informasi NIK KK dan NIK nya telah terdaftar di DUKCAPIL. Jika data NIK KK dan NIK nya belum terdaftar di DUKCAPIL, maka proses pendaftarannya tidak akan bisa dilanjutkan.

Satu hal penting yang harus Anda ingat, Anda harus memastikan seluruh informasi pendaftaran yang Anda masukkan merupakan informasi yang benar. Kenapa? Karena begitu data pendaftarannya telah dikirim, maka datanya tidak akan bisa diubah atau pun diperbaiki sama sekali.


2. Login ke Portal SSCN

Setelah proses pendaftaran akun SSCN nya telah selesai, selanjutnya Anda harus login ke portal SSCN dengan menggunakan nomor NIK dan password yang telah Anda buat sebelumnya. Setelah itu, masuk ke bagian form biodata pelamar, lalu isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut. Anda nantinya juga akan diminta untuk mengunggah scan dokumen – dokumen yang dibutuhkan, seperti: ijazah, akta kelahiran, KTP, KK, dll. Terakhir, jika proses pengisian form dan upload dokumennya telah selesai, Anda tinggal mengklik tombol “simpan”.


3. Daftar Instansi

Jika proses pengisian biodata telah selesai, selanjutnya Anda dapat mendaftar diri Anda ke instansi yang ingin Anda tuju. Proses pendaftaran instansi ini secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan akun SSCN. Dalam hal ini Anda hanya perlu mengisi seluruh form pendaftaran yang ada pada halaman pendaftaran. Jika proses pendaftarannya telah selesai, data Anda akan segera direview oleh panitia SSCN.


4. Cetak kartu Ujian

Tahapan proses pendaftaran pengumuman CPNS berdasarkan potensi daerah yang terakhir adakah mencetak kartu ujian. Tahapan ini dapat dilakukan jika data Anda telah selesai direview dan dinyatakan lolos oleh panitia SSCN.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran CPNS Berdasarkan Potensi Daerah

Proses pengumuman hasil seleksi pendaftaran CPNS berdasarkan potensi daerah akan dilakukan secara online. Biasanya pengumuman hasil seleksi ini akan dilakukan beberapa hari sampai dengan beberapa minggu setelah proses ujian seleksi selesai dilaksanakan. Proses ujian seleksinya sendiri sudah pasti akan dilakukan dengan menggunakan sistem tes komputer (CAT). Maka dari itu, setiap peserta seleksi CPNS wajib menguasai cara pengoperasian komputer.

Lantas, bagaimanakah cara mengecek pengumuman hasil seleksi pendaftaran CPNS berdasarkan potensi daerah ini? Menurut informasi yang beredar, proses pendaftaran CPNS pada Tahun 2018 ini akan dilakukan pada satu halaman situs website saja, yaitu di halaman situs web sscn.bkn.go.id. Oleh karena itu, maka kemungkinan besar proses pengumumannya juga akan dilakukan melalui halaman situs tersebut.

Jika merujuk pada pengalaman di tahun – tahun yang sebelumnya, pengumuman hasil seleksi pendaftaran CPNS berdasarkan potensi daerah biasanya akan dilakukan dengan menggunakan file pdf yang diunggah di halaman situs resmi yang digunakan untuk mendaftar. 

File pdf tersebut nantinya akan berisi daftar peserta seleksi CPNS yang lolos alias berhasil diterima. Jadi untuk mengetahui apakah Anda berhasil diterima / lolos atau tidak, Anda hanya perlu mencari nama Anda di daftar tabel yang ada pada file pdf tersebut. Sangat mudah bukan?

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS Berdasarkan Potensi SDM Daerah 2018/2019"

Posting Komentar