Pendaftaran Pengumuman CPNS GURU (Tenaga Kependidikan) 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Guru 2018/2019 - Kabar gembira untuk Anda para lulusan jurusan pendidikan yang bercita – cita menjadi guru PNS. Di tahun 2018 ini pemerintah dipastikan akan membuka lowongan CPNS Guru untuk sekitar 100.000 orang. Proses pembukaan lowongan ini dilakukan untuk mengisi kekurangan formasi tenaga guru di Indonesia yang mencapai 700.000 tenaga guru.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap tahunnya jumlah sekolah di Indonesia semakin bertambah. Di lain sisi, guru – guru yang sebelumnya mengajar saat ini juga sudah banyak yang masuk ke masa pensiun. Dampaknya, angka kebutuhan guru dan jumlah guru PNS yang tersedia pun menjadi tidak seimbang dan mengalami kekurangan parah. Nah, untuk mengisi kekurangan formasi tersebut, mulai Tahun 2018 ini, pendaftaran CPNS guru pun akhirnya mulai dibuka.



Lantas, apa saja sih persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta seleksi CPNS guru? Bagaimanakah cara pendaftaran CPNS Guru? Dan bagaimanakah cara cek pengumuman hasil seleksi CPNS Guru? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


Tata Cara Pendaftaran CPNS Guru

Tata cara pendaftaran CPNS guru pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan tata cara pendaftaran CPNS di instansi – instansi yang lainnya. Dalam hal ini, ada empat tahap proses pendaftaran yang perlu dilalui oleh setiap calon peserta seleksi CPNS guru. Ke empat tahap proses pendaftaran tersebut adalah, tahap pendaftaran di portal SSCN, tahap pengisian data, tahap pendaftaran dan verifikasi di instansi pendidikan, serta tahap pencetakan kartu ujian. Untuk lebih jelasnya rincian seluruh tahap pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut:


1. Tahap Pendaftaran di Portal SSCN

Tahap pendaftaran di portal SSCN merupakan tahap pendaftaran pengumuman CPNS guru yang pertama. Di tahap ini, setiap calon peserta seleksi CPNS guru membutuhkan tiga data penting, yaitu data Nomor Induk Kependudukan, data Nomor Kartu Keluarga, dan data email. Khusus untuk email, pastikan alamat email yang digunakan untuk mendaftar adalah alamat email yang aktif.

Untuk melakukan pendaftaran, pertama – tama Anda harus mengunjungi halaman situs web sscn.bkn.go.id. Di halaman situs web tersebut, Anda dapat mengklik menu LOGIN. Isi form NIK, NIK KK, email, dan form – form lainnya yang ada pada halaman tersebut. Jika proses pengisian datanya sudah selesai, Anda dapat melanjutkan proses pendaftaran ke langkah yang selanjutnya.

Penting untuk diketahui, dalam prakteknya nanti, NIK dan NIK KK yang digunakan harus NIK dan NIK KK yang telah terdaftar di dinas DUKCAPIL. Jika NIK dan NIK KK yang digunakan masih belum terdaftar di dinas DUKCAPIL, maka proses pendaftarannya tidak akan bisa dilanjutkan. Jika saat mendaftar nanti Anda tidak bisa mendaftar karena NIK dan NIK KK milik Anda belum terdaftar di dinas DUKCAPIL, Anda dapat melaporkannya ke kantor dinas DUKCAPIL terdekat yang ada di daerah Anda.


2. Tahap Pengisian Data

Jika proses pendaftaran pengumuman CPNS guru di portal SSCN telah selesai dilakukan, selanjutnya Anda harus login ke halaman situs web SSCN. Caranya, Anda tinggal mengakses halaman situs web sscn.bkn.go.id, lalu klik bagian menu login.

Di halaman tersebut, isi form login dengan menggunakan data NIK dan password yang Anda gunakan untuk mendaftar di tahapan yang sebelumnya. Jika datanya benar, Anda akan dialihkan ke halaman personal milik Anda.

Nah, di halaman personal Anda tersebut, silahkan isi seluruh biodata Anda dengan data yang sebenar – benarnya. Jangan lupa untuk turut mengunggah file dokumen yang dibutuhkan seperti: KTP, KK, Ijazah, dll.

Satu hal yang harus Anda ingat, data yang Anda isikan di tahap ini nantinya tidak akan bisa diubah ataupun dimodifikasi. Oleh sebab itu, sebelum dikirim, pastikan seluruh data yang Anda isikan sudah benar.


3. Tahap Pendaftaran dan Verifikasi Instansi

Tahap pendaftaran pengumuman CPNS guru yang ketiga adalah tahap pendaftaran dan verifikasi instansi. Tahap ini bisa ditempuh oleh setiap calon peserta seleksi yang telah melengkapi seluruh biodata yang dibutuhkan. Jika biodata yang dibutuhkan belum lengkap, maka calon peserta tidak akan bisa melalui tahap ini.

Nantinya, karena tujuan Anda adalah mendaftar sebagai tenaga guru, maka Anda harus melakukan pendaftaran di instansi pendidikan. Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran. Jika proses pengisiannya sudah selesai, selanjutnya form tersebut akan diverifikasi oleh panitia seleksi di instansi terkait.

Jika data yang Anda masukkan benar dan kualifikasi Anda sesuai dengan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh instansi pendidikan, maka Anda berhak untuk mencetak kartu ujian yang nantinya akan digunakan saat Anda hendak mengikuti tes seleksi CAT.


4. Pencetakan Kartu Ujian

Pencetakan kartu ujian hanya bisa dilakukan oleh calon peserta seleksi CPNS guru yang berhasil melalui proses verifikasi dari instansi pendidikan. Untuk mencetak kartu ujian, Anda dapat memanfaatkan menu “cetak” yang ada pada halaman pendaftaran / personal Anda di situs sscn.bkn.go.id.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Guru

Penting untuk diketahui proses seleksi CPNS Guru saat ini sudah dilakukan secara online dengan menggunakan komputer. Oleh sebab itu, cara cek pengumuman hasil seleksi CPNS guru pun nantinya juga akan diumumkan secara online.

Nah, karena situs web yang digunakan untuk mendaftar CPNS guru adalah situs web sscn.bkn.go.id, maka kemungkinan besar proses pengumuman hasil seleksinya pun juga akan dilakukan di halaman website tersebut. Jika merujuk pada tahun – tahun yang sebelumnya, biasanya pengumuman hasil seleksi CPNS guru akan diumumkan dengan menggunakan file pdf yang berisi daftar CPNS yang berhasil diterima.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS GURU (Tenaga Kependidikan) 2018/2019"

Posting Komentar