Pendaftaran Pengumuman CPNS KESEHATAN 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS KESEHATAN 2019/2020 Kabar gembira untuk Anda yang berasal dari jurusan tenaga kesehatan. Di Tahun ini, Pemerintah Republik Indonesia telah memastikan akan membuka lowongan CPNS tenaga kesehatan dalam jumlah yang besar. Menurut informasi yang beredar jumlah kuota CPNS yang disediakan untuk tenaga kesehatan mencapai puluhan ribu.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sampai saat ini, Indonesia masih mengalami kekurangan tenaga kesehatan. Ya, sampai saat ini Indonesia masih mengalami kekurangan tenaga kesehatan. Kekurangan ini terjadi di beberapa daerah yang cenderung “tertinggal” dari daerah – daerah lainnya.



Di lain sisi, tenaga kesehatan di beberapa daerah yang pada dasarnya tidak berstatus sebagai “daerah tertinggal” juga sudah banyak yang pensiun. Alhasil, posisi tenaga kesehatan di pemerintahan menjadi banyak yang kosong.

Nah, untuk memenuhi kekurangan dan kekosongan tersebut, di Tahun ini, pemerintah akhirnya kembali membuka lowongan CPNS untuk para tenaga kesehatan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar layanan kesehatan di Indonesia bisa menjadi lebih baik dan lebih merata.

Khusus untuk Anda yang tertarik untuk mengikuti proses seleksi CPNS tenaga kesehatan ini, berikut merupakan informasi lengkap terkait panduan pendaftaran pengumuman CPNS tenaga kesehatan yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan informasi:


Panduan Tata Cara Pendaftaran Pengumuman CPNS Kesehatan

Tata cara pendaftaran pengumuman CPNS tenaga kesehatan di Tahun ini cenderung agak sedikit berbeda dengan tata cara pendaftaran di tahun – tahun yang sebelumnya. Ya, jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses pendaftaran CPNS untuk tenaga kesehatan cenderung dilakukan di situs web milik dinas / instansi kesehatan, saat ini proses pendaftarannya akan dilakukan di halaman situs web milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), tepatnya di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

Selain dilakukan di halaman situs SSCN, mekanisme dan tata cara pendaftarannya pun juga mengalami perubahan. Dalam hal ini proses pendaftaran CPNS Tenaga Kesehatan akan dilakukan dalam empat tahap pendaftaran. Ke empat tahap pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tahap Pembuatan Akun SSCN

Tahap pendaftaran pengumuman CPNS tenaga kesehatan yang pertama adalah tahap pembuatan akun SSCN. Di tahap ini, ada tiga informasi penting yang harus disediakan oleh calon peserta seleksi CPNS tenaga kesehatan. Ketiga informasi / data penting tersebut adalah NIK alias Nomor Induk Kependudukan, NIK KK alias nomor kartu keluarga, dan alamat email yang masih aktif dan valid.

Dalam prakteknya nanti, untuk membuat akun SSCN, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id
  • Klik menu sign up atau daftar
  • Isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut
  • Klik menu “kirim” atau “daftar
  • Jika proses pendaftarannya berhasil Anda sudah bisa masuk ke halaman personal Anda di situs SSCN

2. Tahap Pengisian Biodata

Tahap kedua dalam proses pendaftaran pengumuman CPNS tenaga kesehatan adalah tahap pengisian biodata. Sama seperti halnya di tahapan yang sebelumnya, di tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi berbagai macam formulir. 

Selain itu, Anda nantinya juga akan diminta untuk mengunggah alias mengupload berbagai macam data / dokumen pribadi milik Anda seperti scan dokumen KTP, KK, Ijazah, dll. Untuk bisa melakukan pengisian data personal, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id
  • Klik menu login
  • Masukkan nomor NIK dan Password Anda
  • Jika halaman personal Anda telah terbuka, masuk ke bagian personal data dan personal dokumen
  • Isi seluruh data yang diminta di halaman tersebut
  • Sebelum data yang Anda isikan tersebut dikirim, pastikan seluruh datanya benar terlebih dahulu. Kenapa? Karena setelah dikirim, data tersebut tidak akan bisa diperbaiki ataupun dimodifikasi sama sekali
  • Terakhir, klik menu daftar / kirim

3. Tahap Pendaftaran dan Verifikasi Instansi

Setelah proses pengisian biodata pribadi Anda telah selesai, selanjutnya Anda dapat melangkah ke tahap berikutnya, yaitu tahap pendaftaran dan verifikasi instansi. Di tahap ini, Anda akan diminta untuk menentukan pilihan hendak mendaftar ke instansi mana. Nah, karena Anda ingin mendaftar menjadi tenaga kesehatan, maka mau tidak mau Anda harus mendaftar di instansi kesehatan.

Nantinya, di tahap ini Anda juga akan diminta untuk mengisi beberapa buah form. Setelah seluruh form tersebut terisi, data Anda akan dicek dan diverifikasi oleh instansi tempat Anda mendaftar. Jika data Anda lengkap dan kualifikasi Anda memenuhi kriteria kualifikasi yang dibutuhkan oleh instansi kesehatan, Anda berhak melanjut ke tahap seleksi CAT.

4. Tahap Pencetakan Kartu Ujian

Setelah proses verifikasinya selesai dan Anda dinyatakan memenuhi kriteria kualifikasi yang dibutuhkan (proses verifikasi dapat dilihat di situs sscn.bkn.go.id), Anda akan diminta untuk mencetak kartu ujian. Kartu ini nantinya akan digunakan untuk masuk ke lokasi tempat ujian CAT akan dilangsungkan.

Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran CPNS Tenaga Kesehatan

Pengumuman hasil seleksi pendaftaran CPNS tenaga kesehatan biasanya akan dilakukan beberapa hari atau beberapa minggu setelah proses seleksi pendaftaran CPNS tenaga kesehatan selesai dilaksanakan. Biasanya pengumuman akan dilakukan di halaman web milik instansi kesehatan. Nah, karena tahun ini proses pendaftarannya dilakukan melalui halaman situs web sscn.bkn.go.id, maka kemungkinan besar proses pengumuman hasil seleksinya akan dilakukan melalui halaman web tersebut.

Di tahun – tahun yang sebelumnya, proses pengumuman hasil seleksi akan dilakukan dengan menggunakan file pdf yang berisi daftar CPNS yang berhasil lolos seleksi. Untuk mendapatkan file tersebut, Anda tinggal mengunjungi situs sscn.bkn.go.id. Jika datanya telah selesai diunduh, selanjutnya buka data tersebut, lalu cari nama Anda di sana.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS KESEHATAN 2019/2020"

Posting Komentar