Pendaftaran Pengumuman CPNS NTB 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov NTB 2018/2019 Untuk memenuhi kebutuhan tenaga PNS di Prov NTB, tahun ini pemerintah Provinsi NTB secara resmi telah mengajukan permohonan formasi CPNS baru ke pemerintah pusat. Tidak tanggung – tanggung, jumlah formasi yang diajukan oleh pemerintah provinsi NTB mencapai 6.133 formasi.

Jika permohonan tersebut dikabulkan, artinya di Tahun 2018 ini, akan ada 6.133 PNS baru di Provinsi NTB. Pembukaan pendaftaran CPNS Prov NTB dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga PNS yang masuk ke masa pensiun. Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap tahunnya selalu ada saja tenaga PNS yang masuk ke masa pensiun.



Padahal di lain sisi, penerimaan PNS tidak dilakukan setiap tahun. Dampaknya, posisi jabatan yang ditinggalkan oleh tenaga PNS yang masuk ke masa pensiun pun akhirnya banyak yang kosong. Selain ditujukan untuk mengisi formasi jabatan yang ditinggalkan oleh tenaga PNS yang pensiun, pembukaan lowongan CPNS Prov NTB ini kabarnya juga ditujukan untuk mengoptimalkan potensi daerah NTB. Harapannya, dengan pembukaan lowongan CPNS ini, seluruh potensi daerah NTB yang belum dimaksimalkan dengan baik bisa segera dimaksimalkan dengan baik.

Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba peruntungan dalam proses seleksi pendaftaran CPNS Prov NTB Tahun 2018 ini, berikut merupakan informasi lengkap terkait tata cara pendaftaran dan cara cek pengumuman hasil seleksi CPNS Prov NTB yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan informasi:


Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov NTB

Tata cara pendaftaran CPNS Prov NTB tergolong cukup mudah. Walaupun begitu, prosedur dan tempat pendaftarannya cenderung berbeda dengan prosedur dan tempat pendaftaran CPNS di tahun – tahun yang sebelumnya. Tahun ini proses pendaftaran CNPS Prov NTB tidak dilakukan melalui situs resmi milik pemerintah NTB. Sebagai gantinya, proses pendaftaran CPNS Prov NTB akan dilakukan melalui situs web milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu di halaman situs web sscn.bkn.go.id.

Tidak hanya menggunakan situs web baru, proses pendaftaran CPNS tahun ini pun juga cenderung berbeda dari proses pendaftaran di tahun – tahun yang sebelumnya. Jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses pengumpulan dokumen persyaratan pendaftaran masih dilakukan secara manual (sebelum Tahun 2017), saat ini proses pengumpulan dokumennya sudah dilakukan secara online. Untuk lebih lengkapnya, proses pendaftaran CPNS Prov NTB adalah sebagai berikut:


1. Buat Akun SSCN

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh calon peserta seleksi pendaftaran CPNS Provinsi NTB adalah membuat akun SSCN. Langkah – langkah untuk membuat akun ini adalah sebagai berikut:
  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id 
  • Cari menu “pendaftaran” atau menu “sign up”
  • Buka menu tersebut, lalu isi seluruh form yang ada pada menu tersebut
  • Klik opsi kirim / daftar, lalu tunggu beberapa saat
  • Jika proses pendaftarannya berhasil, Anda dapat login ke situs sscn.bkn.go.id menggunakan data NIK dan email yang Anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya

2. Lengkapi Biodata Anda

Jika proses pendaftaran akun SSCN nya telah berhasil, selanjutnya segera lengkapi data – data pribadi Anda di akun tersebut. Caranya Anda harus login terlebih dahulu ke halaman personal milik Anda. Setelah itu, isi form data yang ada pada halaman tersebut dan unggah semua file dokumen yang diminta di halaman tersebut.

Biasanya file dokumen yang diminta adalah file dokumen berbentuk jpg atau jpeg. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyiapkan seluruh file dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk file tersebut.

Hal terpenting yang tidak boleh Anda lupakan adalah mengenai kebenaran data. Sebisa mungkin periksalah data yang Anda inputkan berkali – kali sebelum diunggah / dikirim. Hal ini penting untuk dilakukan karena setelah diunggah, data tersebut tidak akan bisa diubah ataupun dimodifikasi lagi. Maka dari itu, Anda harus benar – benar teliti dalam mengisinya.


3. Daftar di Instansi

Setelah proses pengisian biodatanya selesai, langkah pendaftaran CPNS Prov NTB yang selanjutnya adalah mendaftar ke instansi. Di tahap ini Anda diminta untuk menentukan pilihan ingin mendaftar di instansi apa. Biasanya per instansi Anda hanya diperkenankan untuk mendaftar pada satu posisi jabatan saja. Sedangkan untuk instansinya sendiri, jika waktu ujiannya tidak bersamaan, Anda diijinkan untuk memilih beberapa instansi sekaligus.

Setelah memilih instansi, Anda nantinya akan diminta untuk mengisi form pendaftaran mengenai jabatan yang Anda inginkan / ingin lamar, lokasi tempat ujian yang Anda inginkan, lokasi penugasan yang Anda inginkan, keterangan mengenai pendidikan Anda, dan lain – lain.

Sampai tahap ini, proses pendaftarannya sudah selesai. Anda tinggal menunggu pihak instansi terkait melakukan verifikasi. Jika kualifikasi Anda dinyatakan sesuai dengan yang mereka butuhkan, data Anda akan segera dikirimkan ke sistem CAT dan Anda diperbolehkan untuk mencetak kartu ujian CAT.


Cara Cek Pengumuman CPNS Prov NTB

Cara cek pengumuman CPNS Prov NTB tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, karena proses pendaftaran CPNS Prov NTB dilakukan di situs web sscn.bkn.go.id, maka kemungkinan besar proses pengumuman hasil seleksinya pun juga akan dilakukan melalui halaman situs web tersebut.

Biasanya pengumuman hasil seleksi akan dilakukan beberapa hari setelah tes seleksi selesai dilaksanakan. Pengumuman hasil seleksi biasanya akan dipublikasi dalam bentuk file pdf yang berisi tabel daftar peserta seleksi yang dinyatakan lolos. 

Silahkan cari nama dan nomor ujian Anda di daftar tersebut. Jika nama Anda ada di daftar tersebut, maka selamat Anda telah berhasil menjadi CPNS. Itulah sedikit informasi mengenai pendaftaran pengumuman CPNS Prov NTB yang bisa kami bagikan kepada Anda. Akhir kata, selamat berjuang dan semoga berhasil ya!

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS NTB 2018/2019"

Posting Komentar