Pendaftaran Pengumuman CPNS LAMPUNG 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Lampung 2019/202-0 Kabar gembira untuk Anda yang tinggal di Provinsi Lampung dan bercita – cita ingin menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tahun ini, pemerintah Provinsi Lampung akan kembali membuka lowongan CPNS. Pembukaan lowongan CPNS ini dilakukan untuk mengisi kekosongan posisi PNS yang masuk ke masa pensiun.

Sampai artikel ini ditulis, belum ada pengumuman resmi dari pemerintah Provinsi Lampung mengenai formasi CPNS yang dibutuhkan. Walaupun begitu, jika merujuk pada perkataan Menpan RB, maka kemungkinan besar formasi yang dibuka akan terfokus pada instansi pendidikan dan instansi kesehatan.


Lantas, bagaimanakah cara mendaftar menjadi peserta seleksi CPNS Provinsi Lampung? Seperti apakah tes seleksi yang harus dihadapi oleh peserta seleksi CPNS Provinsi Lampung? Dan bagaimanakah cara mengecek pengumuman hasil seleksi pendaftaran CNPS Prov Lampung? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


Panduan Pendaftaran CPNS Prov Lampung

Penting untuk diketahui, proses pendaftaran CPNS Prov Lampung tahun ini cenderung berbeda dengan proses pendaftaran CPNS di tahun – tahun yang sebelumnya. Jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses pendaftaran CPNS provinsi Lampung dilakukan melalui halaman situs web milik instansi pemerintah Lampung, tahun ini proses pendaftarannya akan dilakukan melalui halaman situs web milik pemerintah pusat, yaitu melalui situs web sscn.bkn.go.id.

Perubahan tempat pendaftaran ini sengaja dilakukan untuk meminimalisir tindakan KKN yang sering terjadi dalam proses seleksi CPNS. Harapannya dengan sistem yang baru ini proses pendaftaran CPNS akan bisa berjalan dengan lebih kondusif, lebih bersih, dan lebih efektif. Nah, dalam prakteknya, untuk bisa mendaftar menjadi calon peserta seleksi CPNS Prov Lampung, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:


1. Buat Akun SSCN

Karena proses pendaftaran CPNS Prov Lampung dilakukan melalui halaman situs web milik SSCN, hal pertama yang harus dilakukan oleh calon peserta pendaftaran adalah membuat akun SSCN. Dalam prakteknya, untuk bisa membuat akun SSCN, setiap calon peserta seleksi harus menyediakan tiga data penting.

Data tersebut adalah Nomor Induk Kependudukan (KTP), Nomor Induk Kependudukan Kepala Keluarga (NIK KK), dan alamat email yang masih aktif dan valid). Jika tiga data penting tersebut sudah tersedia, selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id 
  • Di halaman tersebut, silahkan cari menu “sign up” atau “daftar”
  • Buka menu tersebut, lalu isi seluruh form yang diminta / ada di halaman tersebut
  • Setelah selesai, klik opsi “kirim” atau “daftar”, lalu tunggu beberapa saat
  • Jika proses pendaftarannya berhasil, Anda akan diminta untuk login ke halaman personal Anda

Penting untuk diingat, proses pembuatan akun SSCN bisa mengalami kegagalan. Kegagalan ini biasanya disebabkan oleh nomor NIK dan NIK KK yang salah atau belum terdaftar di sistem milik dinas DUKCAPIL. Jika dalam prakteknya nanti Anda mengalami permasalahan ini, Anda disarankan untuk segera melapor ke dinas DUKCAPIL terdekat.


2. Isi Biodata Anda

Setelah proses pembuatan akun SSCN nya telah selesai, langkah pendaftaran CPNS Prov Lampung yang selanjutnya adalah mengisi dan melengkapi biodata akun SSCN. Dalam prakteknya, di tahap ini setiap calon peserta hanya perlu melakukan dua hal, yaitu mengisi form biodata dan mengunggah file dokumen persyaratan.

Satu hal penting yang harus diingat adalah Anda harus benar – benar teliti. Dalam hal ini, saat proses pengisian form biodatanya sudah selesai, sebisa mungkin datanya jangan langsung dikirim. Coba periksa kembali terlebih dahulu apakah data Anda sudah benar atau belum. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena setelah datanya diupload ke sistem, data tersebut tidak akan bisa diubah ataupun dimodifikasi.


3. Daftar ke Instansi

Langkah pendaftaran CPNS Prov Lampung yang selanjutnya adalah mendaftar ke tingkat instansi. Penting untuk diketahui, formasi CPNS yang dibuka oleh pemerintah lampung tidak hanya satu. Untuk itu, Anda diminta untuk menentukan pilihan berdasarkan keinginan dan kualifikasi yang Anda miliki.

Nantinya, saat menentukan instansi yang ingin Anda masuki, Anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran yang terkait dengan tempat ujian, wilayah dimana Anda ingin ditempatkan, posisi yang ingin Anda lamar, dan kualifikasi pendidikan Anda.

Jika proses pendaftarannya sudah selesai, data Anda akan segera diperiksa oleh instansi terkait. Bila data Anda dinyatakan valid dan kualifikasi Anda juga dinyatakan sesuai dengan kebutuhan instansi, data Anda akan diteruskan ke sistem CAT dan Anda akan diperbolehkan untuk mencetak kartu ujian CAT.


Tes yang Harus Dilalui dan Cara Mengecek Pengumuman CPNS Prov Lampung

Tes seleksi yang harus dilalui oleh peserta seleksi pendaftaran CPNS Prov Lampung tahun ini secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan tes seleksi yang berlaku tahun lalu (tahun 2017). Dalam hal ini, peserta akan diminta untuk mengikuti tes seleksi dengan menggunakan sistem CAT. Jika lolos, peserta akan diminta untuk melakukan medical check up, dan lain sebagainya.

Nah, untuk pengumuman CPNS Prov Lampung sendiri kemungkinan besar akan dilakukan melalui halaman situs web sscn.bkn.go.id. Biasanya pengumuman hasil seleksi CPNS Prov Lampung baru akan diterbitkan beberapa hari atau paling lama beberapa minggu setelah ujian seleksinya selesai dilaksanakan.

Walaupun begitu, jika merujuk pada pernyataan instansi BKN yang berasal dari bagian CAT, dengan menggunakan sistem CAT yang baru, hasil seleksi akan langsung bisa diketahui begitu proses seleksi selesai dilangsungkan. Artinya, begitu peserta seleksi selesai mengerjakan soal, maka saat itu juga peserta akan bisa melihat hasilnya. Itulah sedikit informasi mengenai pendaftaran pengumuman CPNS Prov Lampung yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

1 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS LAMPUNG 2019/2020"