Pendaftaran Pengumuman CPNS KALTIM 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Panduan Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Kalimantan Timur 2018/2019 Rekrutmen CPNS Prov Kalimantan Timur Tahun 2018 akan segera dilangsungkan di sekitaran akhir bulan Juli dan awal bulan Agustus. Pembukaan pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Timur ini sengaja dilakukan untuk mengisi kekosongan formasi PNS yang disebabkan oleh banyaknya tenaga PNS yang pensiun.

Selain itu, pembukaan lowongan ini juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga PNS dalam rangka memanfaatkan potensi daerah yang selama ini belum terkelola dengan baik. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Provinsi Kalimantan Timur memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu mencapai 129 ribu km persegi. Wilayah yang sangat luas tersebut ditinggali oleh sekitar 3,6 juta penduduk.



Jika merujuk pada proporsi luas wilayah dan jumlah penduduk yang dimilikinya, maka akan sangat wajar jika potensi daerah Kalimantan Timur sampai saat ini masih belum bisa termanfaatkan / terkelola dengan maksimal. Hingga artikel ini ditulis, masih belum jelas berapa dan seperti apa formasi lowongan CPNS Prov Kaltim akan dibuka.

Walaupun begitu, jika merujuk pada perkataan Kemenpan – RB, maka kemungkinan besar pembukaan CPNS untuk tahun ini akan difokuskan pada tenaga kependidikan dan tenaga kesehatan. Jika Anda tertarik untuk mengikuti proses seleksi pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Timur ini, Anda dapat membaca informasi lengkap terkait tata cara pendaftaran dan cara cek pengumuman hasil seleksinya di bawah ini:


Cara Daftar CPNS Prov Kalimantan Timur

Tata cara pendaftaran CPNS Provinsi Kalimantan Timur pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara daftar CNPS di provinsi – provinsi yang lainnya. Dalam hal ini, proses pendaftarannya juga akan dilakukan melalui halaman situs web sscn.bkn.go.id.

Ya, jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Timur selalu dilakukan di situs web milik pemerintah Kaltim, tahun ini, proses pendaftarannya akan dilakukan melalui situs milik SSCN BKN. Jika dijabarkan secara rinci, maka tata cara pendaftaran CPNS Prov Kaltim di halaman situs web sscn.bkn.go.id adalah sebagai berikut:


1. Buat Akun SSCN

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mendaftar sebagai peserta seleksi pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Timur adalah membuat akun SSCN. Untuk membuat akun SSCN sendiri, Anda dapat mengikuti panduan langkah yang telah kami siapkan di bawah ini:
  • Pertama – tama, kunjungi halaman situs web sscn.bkn.go.id
  • Di halaman situs web tersebut, masuk ke menu pendaftaran
  • Isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut
  • Setelah selesai, coba periksa kebenaran data Anda, lalu klik tombol kirim / submit
  • Tunggu beberapa saat hingga proses loadingnya selesai
  • Jika pendaftarannya berhasil, Anda dapat langsung masuk ke halaman personal milik Anda

Penting untuk diketahui, jika Anda mengalami kegagalan di tahap ini karena data NIK dan NIK KK Anda belum terdaftar di dinas DUKCAPIL, Anda kami sarankan untuk segera melapor ke dinas DUKCAPIL Prov Kalimantan Selatan. Biasanya hal ini terjadi karena data NIK dan NIK KK milik Anda belum terdaftar dalam sistem DUKCAPIL.


2. Lengkapi Data Personal Anda

Setelah Anda memiliki akun SCCN, selanjutnya langsung login ke halaman personal milik Anda. Di halaman tersebut, isi seluruh data informasi dan unggah seluruh dokumen yang diminta oleh pihak panitia. Satu hal yang harus Anda ingat, langkah pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Timur yang kedua ini tidak dapat diulang ataupun dirubah. Jadi, saat hendak mengirimkan data ke sistem, pastikan data yang hendak Anda kirimkan sudah benar.


3. Daftarkan diri Anda ke Instansi dan Posisi yang Anda Inginkan

Jika data akun SCCN Anda sudah lengkap, Anda dapat melangkah ke proses pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Timur yang selanjutnya, yaitu tahap pemilihan instansi. Di tahap ini, Anda diminta untuk menentukan di instansi mana Anda akan mendaftar sebagai CPNS.

Biasanya, setiap calon peserta seleksi CPNS hanya diijinkan untuk memilih satu posisi di setiap instansi yang ada. Untuk instansi yang dipilih sendiri, jika proses seleksinya tidak dilakukan secara berbarengan, calon peserta seleksi diperbolehkan untuk mendaftar ke beberapa instansi sekaligus.

Dalam prakteknya, di tahap ini Anda akan kembali diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Beberapa data informasi yang perlu Anda isi di tahap ini adalah: data mengenai latar belakang pendidikan Anda, data mengenai lokasi dimana Anda ingin ditempatkan, data mengenai posisi jabatan yang ingin Anda incar, data tentang lokasi ujian yang Anda inginkan, dan data – data lainnya.

Setelah Anda mendaftar, data Anda selanjutnya akan direview oleh pihak instansi tempat Anda mendaftarkan diri. Jika kualifikasi Anda dinyatakan sesuai, Anda akan diminta untuk mencetak kartu ujian CAT dan mengikuti proses ujiannya di lokasi yang telah ditetapkan.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Prov Kalimantan Timur

Cara cek pengumuman CPNS Prov Kalimantan Timur tergolong cukup mudah. Proses pengumumannya kemungkinan besar akan dilakukan beberapa hari atau bahkan beberapa jam setelah proses seleksinya selesai dilaksanakan. Untuk mendapatkan informasi seputar hasil seleksi sendiri, Anda dapat mengunjungi halaman situs web sscn.bkn.go.id. Biasanya pengumumannya akan diberikan dalam bentuk file pdf yang isinya adalah tabel peserta seleksi yang berhasil lolos.

Jadi untuk mengetahui Anda lolos atau tidak, Anda hanya perlu mencari nama Anda di daftar yang ada pada file pdf tersebut. Itulah sedikit informasi mengenai panduan pendaftaran dan pengumuman CPNS Prov Kalimantan Tengah yang bisa kami bagikan kepada Anda. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bisa keterima / lolos ya!

2 Responses to "Pendaftaran Pengumuman CPNS KALTIM 2018/2019"