Pendaftaran Pengumuman CPNS KALTENG 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Kalimantan Tengah 2018/2019 - Kabar gembira untuk Anda yang tinggal di Provinsi Kalimantan Tengah dan bercita – cita menjadi PNS. Tahun 2018 ini, pemerintah Provinsi Kalteng telah memastikan akan membuka lowongan CPNS. 

Pembukaan lowongan CPNS ini dilakukan oleh pemerintah Kalteng untuk memenuhi kebutuhan PNS di lingkungan instansi pemerintahan Kalteng yang notabene sudah banyak yang kosong karena banyaknya PNS Kalteng yang masuk masa pensiun.



Sampai saat ini belum ada informasi resmi mengenai berapa banyak jumlah formasi CPNS yang akan dibuka oleh pemerintah Provinsi Kalteng. Walaupun begitu, jika merujuk pada luas provinsi Kalimantan Tengah yang mencapai 157 ribu km persegi, maka kemungkinan besar jumlah formasi PNS yang akan dibuka cenderung cukup besar.

Nah, khusus untuk Anda yang tertarik untuk mengikuti proses seleksi pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Tengah, di tulisan ini kami akan membagikan informasi lengkap mengenai tata cara pendaftaran dan cara cek pengumuman hasil seleksi CPNS Prov Kalimantan Tengah. Langsung saja, berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan untuk Anda:

Langkah Pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Tengah

Untuk meminimalisir tindakan KKN yang notabene sangat rawan terjadi dalam proses seleksi CPNS, pemerintah pusat telah menjalankan aturan baru dalam proses pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Tengah. Jika di tahun – tahun sebelumnya proses pendaftaran cenderung dilakukan di halaman situs web milik pemerintah provinsi Kalteng, mulai tahun ini, proses pendaftarannya akan dilakukan di halaman situs web milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu di sscn.bkn.go.id. Nah, dalam prakteknya nanti, saat hendak melakukan pendaftaran, Anda perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:


1. Daftar di Situs SSCN

Langkah pendaftaran CPNS Provinsi Kalimantan Tengah yang pertama adalah mendaftar di situs SSCN. Untuk mendaftar di situs ini (sscn.bkn.go.id), Anda hanya perlu menyiapkan tiga data, yaitu data Nomor Induk Kependudukan (NIK), data Nomor Induk Kependudukan Kepala Keluarga (NIK KK), dan data email yang masih aktif dan valid. Untuk melakukan pendaftaran sendiri, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Buka situs web sscn.bkn.go.id 
  • Masuk ke menu pendaftaran / sign up
  • Isi seluruh form pendaftaran yang ada pada halaman tersebut
  • Sebelum dikirim, pastikan data yang Anda isikan sudah benar
  • Klik tombol kirim, lalu tunggu selama beberapa saat
  • Jika proses pendaftarannya berhasil, Anda dapat langsung login ke halaman personal milik Anda

Khusus untuk Anda yang mengalami kegagalan di tahap ini, coba cari tahu dimana letak kegagalannya. Jika letak kegagalannya terletak pada data NIK dan NIK KK yang tidak terdaftar pada dinas DUKCAPIL, Anda kami sarankan untuk segera melapor ke dinas DUKCAPIL terdekat.


2. Lengkapi Data Personal Anda

Langkah pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Tengah yang selanjutnya adalah melengkapi data personal di akun SSCN Anda. Di tahap ini, Anda hanya perlu melakukan dua hal, yaitu mengisi form informasi sesuai dengan data yang Anda miliki serta mengunggah / mengupload hasil scan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Walaupun langkah ini terkesan mudah, Anda harus berhati – hati. Telitilah dalam mengisi seluruh form yang ada pada halaman personal Anda. Jangan sampai data yang Anda isikan salah. Kenapa? Karena jika datanya salah, maka Anda tidak akan bisa memperbaikinya / memodifikasinya. Oleh sebab itu, sebelum datanya dikirim, coba cek kembali satu atau dua kali. Setelah datanya benar, barulah klik tombol kirim.


3. Daftar di Instansi yang Ingin Anda Masuki

Instansi yang membuka lowongan CPNS biasanya lebih dari satu. Oleh sebab itu, di tahap pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Tengah yang ketiga ini, Anda diminta untuk menentukan pilihan kira – kira ingin mendaftar di instansi yang mana.

Sama seperti halnya di dua tahap pendaftaran yang sebelumnya, di tahap ini, Anda juga akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Hanya saja, formulir pendaftaran yang harus diisi tidak sebanyak formulir pendaftaran di dua langkah yang sebelumnya.

Biasanya, formulir pendaftaran yang harus di isi di tahap ini berkaitan dengan informasi seputar latar belakang pendidikan Anda (berupa nilai / IPK, akreditasi jurusan / universitas, asal universitas, dll), posisi yang ingin Anda lamar, wilayah dimana Anda ingin ditugaskan / ditempatkan, lokasi tempat ujian yang Anda kehendaki, dan lain sebagainya.

Setelah Anda menentukan instansi mana yang ingin Anda lamar, selanjutnya pihak instansi yang Anda lamar akan melakukan verifikasi data. Jika kualifikasi diri Anda dianggap sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh instansi tempat Anda mendaftar, maka data Anda akan diteruskan ke sistem CAT. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mencetak kartu ujian CAT dan mengikuti ujian CAT di lokasi yang sudah Anda pilih / sudah ditentukan oleh sistem.


Cara Cek Pengumuman CPNS Prov Kalimantan Tengah

Proses pengumuman CPNS Provinsi Kalimantan Tengah biasanya akan dilakukan beberapa hari setelah proses seleksi selesai dilangsungkan. Hanya saja, karena saat ini proses seleksinya sudah dilakukan dengan menggunakan sistem CAT terbaru, maka secara otomatis proses pemeriksaannya akan bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Nah, menurut desas – desus yang beredar, hasil seleksi CPNS Prov Kalteng nantinya akan bisa diketahui secara langsung begitu proses seleksinya selesai. Artinya, begitu selesai ujian, peserta akan bisa mengetahui hasilnya secara langsung.

Untuk mengumumkan hasilnya, kemungkinan besar panitia pelaksana akan menggunakan situs web sscn.bkn.go.id. Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui hasil seleksinya, Anda kami sarankan untuk rutin mengunjungi halaman situs tersebut.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS KALTENG 2018/2019"

Posting Komentar