Cara Pendaftaran Online Pengumuman SSCN.BKN.go.id 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS SSCN.BKN.go.id 2018/2019 Kabar gembira untuk kita semua terutama bagi yang sudah menunggu lama untuk bisa mendaftar CPNS kini tiba saat yang dinanti yaitu pendaftaran CPNS tahun ini setelah sekian lama akhirnya penerimaan CPNS dibuka juga, melalui informasi ini kami akan membahas terkait dengan pendaftaran CPNS maka dari itu informasi ini penting untuk diketahui banyak orang terutama bagi yang berminat mengikuti Rekrutmen CPNS.

Tahun ini menjadi tahun yang berbeda karena jika tahun sebelumnya penerimanaan CPNS dilaksanakan melalui beberapa portal, nah tahun ini pendaftaran CPNS akan dilaksanakan pada satu portal mulai dari pendaftaran sampai dengan proses upload dokumen semua dilaksanakan dalam satu portal yaitu sscn.bkn.go.id.


Cara Pendaftaran Online CPNS SSCN.BKN.go.id

Jika berminat silahkan kunjungi portal sscn.bkn.go.id satu portal ini dinilai akan memudahkan peserta untuk melakukan pendaftaran, kerena tidak perlu repot-repot lagi pindah-pindah situs untuk melakukan pendaftaran CPNS, bisa dibilang akan lebih mudah, selain itu bagi peserta yang sudah pernah melakukan pendaftaran tidak perlu lagi melakukan pendaftaran akun.

Kecuali akun yang sudah dibuat tidak ditemukan atau dihapus otomatis oleh sistem barulah peserta harus melakukan pendaftaran ulanng, Bagi yang ingin mendaftar tahun ini akan dibuka pada akhir bulan Juli, ada beberapa formasi yang paling banyak membuka CPNS salah satunya adalah CPNS untuk Guru, Tenaga Kesehatan baik Dokter, Dokter gigi, Bidan maupun perawat, selanjutnya pendaftaran CPNS yang masuk didaerah 3T dan yang terakhir CPNS dengan potensi daerah tertentu.

Itulah beberapa formasi yang paling banyak membuka pendaftaran CPNS tahun ini, sesuai dengan yang diungkapkan oleh Humas BKN mengacu pada Kemenpan. Proses pendaftaran CPNS akan berlansung beberapa hari, pastian bagi yang ingin mendaftar tidak ketinggalan informasi karena bisa jadi anda ketinggalan informasi karena untuk proses pendaftaran CPNS tidak akan belangsung lama.

Kita harus mengetahui secara pasti apa saja persyaratan dari proses pendaftaran CPNS yang bisa diikuti, barulah bisa memutuskan bisa ikut atau tidak, secara keseluruhan setiap persyaratan CPNS memiliki ketentuan sesuai formasi yang dibutuhkan untuk lebih jelas berikut ada beberapa persyaratan yang bisa anda ikuti selengkapnya dibawah ini :

Pemerintah tahun ini kembali membuka pendaftaran CPNS dimana tahun ini diutamakan untuk memenuhi kebutuhan CPNS daerah, tahun sistem pendaftaran CPNS terintegrasi dalam satu portal yaitu sscn.bkn.go.id, dimana akan dikelolah dalam satu website. Akan diselenggarakan pada akhir bulan Juli 2018 adapun formasi yang paling banyak dibuka menurut Humas BKN adalah :


Formasi Instansi

Terdapat 3 garis besar formasi yang akan dibuka oleh pemerintah pada tahun ini, fokus utamanya adalah CPNS daerah melibatkan beberapa institusi baik pendidikan, kesehatan, daerah 3T Formasi teknis lainnya sampai dengan formasi untuk daerah yang memiliki potensi untuk lebih jelas seperti berikut ini :


Formasi Tenaga Pendidikan

Pendaftaran CPNS Tenaga Pendidikan akan dibuka sekitar 100.000 Guru Pusat maupun daerah jadi bagi lulus sarjana pendidikan dan tenaga kependidikan bisa mengikuti pendaftaran, karena ini merupakan kesempatan besar bagi lulusan sarjana pendidikan.


Formasi Tenaga Kesehatan

Tidak hanya Tenaga kesehatan seperti dokter saja melainkan tenaga Kesehatan baik Dokter, dokter gigi, bidan, perawat, daerah, akan dibuka pada tahun ini formasi dari instansi kesehatan akan menjadi yang paling banyak menerima CPNS tahun ini setelah tenaga pendidikan.


Formasi Daerah Terluar

Ada sekitar 122 daerah yang masuk daerah 3T berdasarkan beberapa aspek, penetapan ini dilakukan oleh presiden, kemungkinan besar daerah ini akan menjadi priortias bagi jokowi untuk membuka pendaftaran CPNS tahun ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Humas BKN.


Formasi Teknis sesuai dengan Nawacita presiden Jokowi

Selain daerah 3T formasi teknis lainnya sesuai dengan nawacita presiden Jokowi akan masuk target dalam pendaftaran CPNS tahun ini, hal itu akan ditetapkan pada akhir bulan ini.


Formasi Potensi Daerah.

Pemerintah tidak hanya melulu membuka pendaftaran CPNS daerah tertinggal, terdalam ataupun terluar saja karena bagi daerah yang memiliki potensi daerah yang besar akan diberikan kesempatan mengikuti CPNS, baik itu dari segi potensi kekayaan alam, ataupun sumber daya manusianya, dari semua sektor baik pariwisata ataupun lainnya.


Masih banyak lagi formasi lainnya yang akan dibuka, selain yang yang ada diatas namun dipastikan tahun ini formasi diatas akan menerima lebih banyak dibandingkan dengan formasi lainnya, selanjutnya proses pendaftaran CPNS memiliki beberapa kriteria pelamar untuk lebih jelas informasinya seperti berikut ini.

Sebelum melanjutkan informasi mengenai Pendaftaran CPNS disini kami akan mengulas mengenai informasi sistem rekrtumen CPNS, tahun ini menjadi tahun berbeda karena tidak seperti biasanya penerimaan CPNS dilakukan berdasarkan setelah revisi UU ASN tentu akan berbeda dari sebelumnya meski undang-undang yang mengatur ASN berubah tetapi secara keseluruhan tidak banyak berubah.

Ada beberapa kriteria pendaftaran CPNS yang akan dibuka salah satunya adalah mengenai kriteria kelompok yang bisa mengikuti pendaftaran adapun informasi mengenai kelompok tersebut akan kami bahas secara rinci seperti berikut ini untuk lebih jelas berikut kami berikan bebera kriteria pelamar agar bisa memenuhi syarat peserta harus lebih dahulu mengetahui seperti apa kriteria pelamar seperti berikut :

Kriteria Pelamar CPNS

Cumlaude 

Merupakan lulusan sarjana terbaik atau lulus dengan predikat dengan pujian dari perguruan tinggi terakreditasi A/ Unggulan dan program studi terakreditas A saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus Cumlaude ijasah, atau transkrip nilai. Bagi siapa saja yang menenuhi kriteria pelamar ini bisa langsung melengkapi persyaratan pendaftaran CPNS.


Disabilitas 

Merupakan salah satu katagori berkebutuhan khusus dengan catatan mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi. Saat ini pemerintah melalui Rekrutmen CPNS juga memberdayakan teman-teman kita yang berkebutuhan khusus, siapa bilang disabilitas tidak bisa menjadi CPNS, ayo bagi teman-teman disabilitas segera melengkapi berkas pendaftaran CPNS bagi yang memenuhi kriteria yang sudah disebtukan sebelumnya.



Beruntunglah kalian yang selama ini tinggal diwilayah ujung timur Indonesia karena pemerintah memberikan prioritas untuk penerimaan CPNS khusus wilayah Papua dan Papua barat dengan catatan mereka yang memiliki pendidikan SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA di wilayah papua dan papua barat atau punya darah keturuan asli orang papua, baik itu dari ibu atau ayah dengan dibuktikan surat keterangan dari kelurahan/kepala desa. Bagi yang sudah memenuhi kriteria silahkan segera melengkapi berkas.


Umum 

Pendaftaran CPNS tidak hanya untuk lulusan Cumlaude, disabilias, atau putra putri papua dan papua barat saja tetapi juga untuk umum, bagi kalian yang tidak termasuk dalam katagori diatas tetap bisa mengikuti Pendaftaran dengan mengikuti jalur umum, apabila syarat yang diberikan sudah bisa dipenuhi silahkan langsung melengkapi berkas pendaftaran CPSN, bagi yang belum mengetahui syarat Pendaftaran CPNS dapat dilihat seperti dibawah ini :


Namun kita tidak akan membahas mengenai informasi ini lebih jauh karena informasi yang akan kita berikan hanya sampai pada Pendaftaran CPNS saja, untuk lembaga yang membuka penerimaan CPNS adalah KemenkumHAM dan Mahkmah Agung, kedua lembaga ini memiliki beberapa syarat agar bisa mendaftar untuk lebih jelas berikut informasi seperti berikut ini.


Persyaratan Pendaftaran CPNS 

  1. Warga negara Indonesia. 
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih. 
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau diberhentkan atas permintaan sendiri dari PNS, TNI,/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD ataupun diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS atau Prajurit TNI, Anggota Polisi dan bukan siswa sekolah ikatan dinas. 
  5. Tidak terbibat dalam kepengurusan partai politik ataupun terlibat politik praktis. 
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dilamar. 
  7. Sehat jasmani dan rohami sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  8. Tidak pernah menggunakan narkotika serta obat-obat terlarang jenis apapun dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba/NAPZA dari rumah sakit pemerintah setempat keterangan ini akan digunakan sampai pengumuman kelulusan akhir.
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia. 
  10. Bagi wanita tidak bertato/ bekas tato dan tindik semua badan kecuali ditelinga bag wanita, dan alasan ketentuan agama atau adat. Berlaku untuk semua baik tato ataupun tindik.

Persyaratan Khusus
  1. Surat lamaran ditujukan kepada KemenkumHAM di Jakarta diketik dan bermatrai 6000 ikuti contoh format yang ada pada situs resmi kemudian ditandatangani.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi yang belum memiliki KTP dapat memintah surat rekaman ektp atau KTP sementara dari Capil. 
  3. Untuk peserta yang tinggal diluar domisili KTP agar sekiranya meminta surat keterangan domisili dari pemerintah daerah setempat minimal sudah tinggal 1 tahun. 
  4. Ijasah dan Transkrip nilai. 
  5. Surat peryataan diketik dan pakai matrai. 
  6. Pas photo terbaru berlatar warna merah ukuran 3x4 sebanayak 4 lembar.

Sebagian dari persyaratan harus dilampirkan pada saat mengirim berkas secara langsung, namun sebagian lagi harus diupload melalui online pastikan semua informasi mengenai persyaratan harus lengkap semuanya sesuai dengan ketentuan yang ada. Kemudian jika sudah melakukan pendaftaran secara online baru berkas dikirim melalui kantor pos. ikuti petunjuk lanjutannya.

Apabila sudah memenuhi semua persyaratan pendaftaran bagi semua peserta yang ingin mendaftar setiap jenjang pendidikan dan lulusan juga memiliki ketentuannya masing-masing yang berbeda dari satu lulusan dengan lulusan yang lainnya, jika anda salah satu lulusan dari ketentuan dibawah ini maka wajib memenuhi semua syarat tambahan dari setiap lulusan anda untuk lebih jelas berikut informasinya :


Pelamar Merupakan Lulusan :

Dokter 

Dokter Spesialis, Dokter Umum, Sarjana/S-1 dan Diploma III dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2.75. Khusus untuk putra putri papua IPK minimal 2.50 ketentuan ini berlaku untuk semua lulusan dokter yang ingin mendaftar CPNS, apabila sudah memenuhi semua persyaratan maka tinggal mendaftar secara online saja.


SLTA Sederajat 

Memiliki nilai minimal pada ijasah rata-rata 7.0 atau 2 skala 1-4 atau B diutamakan memiliki keterampilan komputer dapat melampirkan sertifikat komputer. khusus untuk putra putri papua minimal nilai pada ijasah rata-rata 6.0 atau 2 dari skala 1-4 atau C diprioritaskan memiliki keterampilan komputer bisa dibuktikan dari sertifikat komputer. Apabila sudah memenuhi persyaratan silahkan langsung mendaftar.


Diploma dan Sarjana.

Untuk mereka yang mendaftar khusus formasi diploma dan sarjana tidak ada tambahan mengenai persyaratan lainnya apabila sudah memenuhi persyaratan pendaftaran maka sudah bisa mengikuti pendaftaran yang akan dilaksanakan secara online melalui situs resmi SSCN BKN, bisa dibilang bisa lansung mendaftar CPNS. Termasuk bagi mereka disabilitas.


Untuk usiah minilam 18 tahun dan masimal 30 tahun sementara untuk tinggi badan minimal 155 tidak boleh dibawah ini berlaku untuk semua jenis kelamin, namun tidak semua formasi menetapkan tinggi badan karena disesuaikan dengan formasi yang anda akan pilih sampai pada proses ini anda tinggal mengikuti ketentuan terkait dengan Pendaftaran Online CPNS sepetti dibawah ini, sebelum melanjutkan ada sedikit tambahan informasi bagi yang ingin mendaftar CPNS harus berdasarkan pada domisili KTP anda.


Cara Pendaftaran Online CPNS.

Pendaftaran Online CPNS berlaku untuk semua jenjang pendidikan nah apabila ingin mendaftar peserta harus mengakses situs resmi SSCN.BKN.go.id pada tahap awal Silahkan isi formulir pendaftaran yang ada pada situs resmi kemudian unggah semua persyaratan pendaftaran secara online kemudian isi nomor induk KTP kemudian KK, serta data lainnya untuk lebih jelas silahkan langsung buka situs SSCN.BKN.go.id.

1. Buka situs sscn.bkn.go id

bagi teman-teman yang ingin mendaftar cpns silahkan kunjungi link sscn.bkn.go.id selanjutnya anda laman pencarian lowongan yang ada di situs sscn.bkn.go.id. Pelamar hanya diperkenankan memilih satu jenis lowongan cpns saja tidak boleh lebih, jika diketahui melamar lebih dari satu formasi akan di diskualifikasi.


2. Pendaftaran Akun

Setelah mengetahui formasi yang dibuka tahap selanjutnya peserta memilih menu "Registrasi" apabila sudah anda akan diminta memasukan nomor NIK KTP dan Nomor Kartu Keluarga. Klik "Lanjut" jika data benar akan muncul form pendaftaran akun sscn yang diambil dari data KTP dan KK anda, namun jika tidak sesuai akan menampilkan penjelasan nomor KTP dan KK tidak sesuai. Anggap saja sudah berhasil masuk. Jangan lupa upload pasfoto maksimal 200 kb dengan format jpg atau jpeg, jangan lupa isi email aktiv , password dan pertanyaan pengamana harus diisi dan jangan sampai lupa. terakhir masukan chapta jika sudah klik "Daftar".

3. Cetak Informasi Pendaftaran 

Nantinya akan muncul keterangan apakah anda yakin submit data pendaftaran klik "OK" setelah itu ada "Cetak informasi pendaftaran" maka akan tampil bukti pendaftaran akun dan jangan lupa di print.


4. Lanjut Login Pendaftaran

Buka kembali sscn.bkn.go.id sebelum itu anda harus memeriksa email yang sudah terdaftar, untuk login gunakan NIK dan password yang sudah dibuat sebelumnya.


5. Upload Foto Selfie 

Setelah berhasil masuk anda harus mengupload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu informasi akun yang sudah dicetak sebelumnya maksimal 200 kb untuk ukutan, setelah itu upload dan simpan.


6. Isi Biodata Pelamar

Silahkan isi data lulusan terakhir sesuai ijasah dan beberapa alamat domisili serta data diri sesuai KTP secara akurat termasuk stasus, tinggi badan dan agama, terakhir masukan nomor hp anda sendiri yang masih aktiv. jika sudah kilik "Simpan" klik juga "Selanjutnya"


7. Pilih Instansi, Formasi, dan Jabatan.

Klik instansi dan jenis formasih hanya satu saja ya, klik "Pilih" akan muncul keterangan pop up atas pilihan anda klik "ok" kemudian apakah anda yakin memilih instansi tersebut jika iya klik kembali "OK".

8. Form Setelah memilih Instansi, formasi dan Jabatan

Akan tampil form data pendidikan anda isi sesuai ijasah termasuk akreditas sampai dengan selesai, isi ceklist verifikasi bukan robot dan ceklis kolom "Daftar" klik daftar kemudian klik selanjutnya.


9. Riwayat Pendaftaran SSCN

Apabila sudah menyelesaikan akan tampil riwayat pendaftaran sscn pada kolom paling kanan ada link unggah dokumen silahkan di klik adapun berkas yang harus diundah format harus jpg/jpeg/pdf piluh salah satu maksimal ukuran 200 kb tidak boleh lebih.

  • Foto resmi
  • KTP
  • Surat Lamaran/Sesuai contoh
  • Surat Pernyataan Sesuai contoh
  • Transkrip/daftar nilai

Jangan lupa klik upload nantinya berkas yang telah berhasil di upload tertera sudah terupload. anda bisa mengklik "Kembali" jika sudah berhasil.


10. Cetak Dokumen Kartu Pendaftaran SSCN

Setelah berhasil mengupload data akan ada link cetak kartu silahkan untuk di klik dan segera mencetak kartu bukti pendaftaran akan tertera riwayat pendaftaran kartu peserta anda. sampai disini anda tidak perlu lagi mendaftar karena sudah selesai.


Selamat mencoba demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat jika diurutkan dari awal terdapat 10 langkah pendaftaran sscn yang harus diselesaikan. Kami doakan kalian tahun ini lulus cpns sesuai dengan yang diharapkan amin.