Cara Pendaftaran Online CPNS Sscnakun.BKN.go.id 2017/2018

Sscnakun.Bkn.go.id Cara Pendaftaran Online Sscnakun.Bkn.go.id 2017/2018 sscn.bkn.go.id daftar sscnakun.bkn.go.id dan sscndaftar.bkn.go.id Melalui informasi ini kita akan kembali mengupdate tentang bagaimana cara mendaftaran CPNS melalui situs SSCN BKN, pada awal pendaftaran CPNS situs ini mengalami donw cukup lama setelah menunggu beberapa lama akhirnya BKN melalui link https://sscnakun.bkn.go.id dapat melakukan pendaftaran, hanya saja tidak semua peserta yang paham cara untuk mendaftar. Tambahan untuk lulusan SLTA Sederajat baca Cara Pendaftaran Online CPNS Penjaga Lapas SMA/SMK/MA.

Oleh sebab itu kami kira informasi mengenai Tutorial Pendaftaran penting disini kami mencoba untuk memberikan petunjuk pendaftaran karena saya sendiri sudah melakukan pendaftarannya dan mencoba share informasi tersebut. Untuk proses awal silahkan kunjungi situs https://sscnakun.bkn.go.id kemudian jika sudah mendaftar dan berhasil masuk maka akan menuju situs https://sscndaftar.bkn.go.id. Bagi yang memiliki keterunan asli papua dapat mengikuti pendaftaran CPNS Asli Papua untuk semua lulusan, caranya mengikuti ketentuan yang sudah diuraikan.

Untuk bisa mendaftar memang mudah tinggal isi-isi saja langsung selesai tetapi kadang jika kita baru pertama kali mencoba sering mengalami kesalahan, sementara SSCN BKN tidak boleh salah mengisi data karena apabila salah semua data yang sudah tersimpan tidak akan bisa diperbaiki bisa dibilang hanya satu kali pengisian data dan pastikan semua yang sudah diisi benar.

Untuk menghindari keselahan tersebut disini admin mencoba berbagi beberapa informasi mengenai Cara untuk melakukan Pendaftaran CPNS melalui situs https://sscnakun.bkn.go.id adapun informasi yang anda butuhkan untuk melakukan pendaftaran CPNS seperti berikut ini simak Tutorial Pendaftaran Online CPNS melalui situs https://sscnakun.bkn.go.id.

Buka situs https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html kemudian isi Nomor E-KTP anda tahap selanjutnya isi nomor KK jangan lupa isi kode apabila semua sudah selesai jangan lupa untuk mengklik "Lanjut" untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Tahap selanjutnya Isi semua data Nama tanpa gelar yang ada di ijasah, kemudian tempat lahir kota atau kabupaten seperti data yang ada di ijasah kemudian email, selanjutnya password dan jangan lupa kompirmasi password, isi juga pertanyaan keamanan 1 beserta jawaban kemanan, dan begitu juga petanyaan pengamanan 2 beserta jawaban, terakhir isi captcha jika sudah semua silahkan klik tombol "Daftar". Untuk data lain yang tidak disebutkan berarti sudah automatis terentri sesuai KTP. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Apabila anda sudah yakin benar silahkan langsung klik "Daftar" akan muncul akan muncul Pop Up peringatan apakah anda yakin untuk entri data pendaftaran jika kita klik Yes proses pendaftaran akan segera dilakukan. Gambar yang dimasuk seperti berikut :






Kemudian pastikan anda mengisi tempat ijasah sesuai dengan lokasi yang tersedia saat mengisi seperti contoh Palembang akan muncul "Palembang-Sumatera Selatan begitu juga daerah lainnya jika anda hanya mengisi nama daerah saja akan ada peringatan form masih ada yang kosong. Tahap berikutnya adalah "Cetak informasi Pendaftaran" berisi anda akan mencetak semua data pendaftaran yang telah terisi, atau "Lanjut Login Pendaftaran" untuk melanjutkan login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya. informasi yang dimaksud seperti pada gambar :


Jika anda mengakses Cetak Informasi pendaftaran akan muncul secara automatis tab baru yang berisi "Informasi Akun SSCN" langsung bisa di download seperti pada gambar berikut ini :





Tahap selanjutnya silahkan login dengan menggunakan NIK yang sudah anda daftarkan besarta password untuk melanjutkan proses pendaftaran untuk lebih jelas seperti berikut ini :


Apabila sudah masuk alamat link akan berubah menjadi sscndaftar.bkn.go.id anda harus mengisi biodata terlebih dahulu secara lengkap seperti isi data yang masih kosong apabila sudah selesai silahkan klik "simpan" apabila sudah terisi semua, adapun infomrasi yang dimaksud seperti dibawah ini :



Silahkan klin "OK" pada Pop Up apabila semua data yang anda isi sudah benar pastikan semua data telah terisi kompirmasi yang dimaksud seperti pada gambar berikut :



Data yang anda isi sudah berhasil dirumah langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah klik "Daftar" pada panel menu atas akan dialihkan menuju Step 2 berisi mengenai Form pendaftaran, anda bisa memilih empat jenis Formasi pertama Umum, Disabilitas Fisik, Putra-Putri Asli Papua, atau Lulusan Terbaik, kemudian dibawahnya ada Instansi yang membuka Formasi CPNS seperti KemenkumHAM dan MA RI silahkan kilik "Cek" Untuk lebih jelas seperti pada gambar berikut :

Terdapat dua pop up lagi yang mengkonfirmasi mengenai Jenis Formasi yang dipilih besarta Instansinya, pada laman berikutnya berisi form kelengkapan pendaftaran, Silahkan isi Pendidikan sesuaikan yang ada form apabila tidak menemukan berarti jurusan lulusan anda tidak bisa mengikuti CPNS ini, kemudian jabatan yang dipilih, selanjutnya Lokasi Kerja, Nama Sekolah, Tanggal Ijasah, Tahun lulus Isi Kode Captcha bagi lulusan Kuliahan isi juga Akreditasi Perguruan Tinggi, Akreditas Program Studi, IPK dan Nomor Ijasah, bagi lulusan SLTA silahkan isi Nilai.  jika semua disi silahkan ceklis dan klik "Daftar" Form yang dimaksud dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini.

Apabila sudah di daftarkan maka tahap selanjutnya anda akan menuju halaman yang berisi mengenai "Cetak Pendaftaran" Silahkan Pilih tombil Hijau "Cetak Kartu Pendaftaran" seperti pada gambar dibawah ini :
Namun apabila pada file pdf masih banyak yang kosong seperti Foto dan lainnya berarti proses pendaftaran belum selesai karena ada beberapa file yang harus di undah, silahkan menuju  Panel menu "Riwayat" kemudian pilih "Domuken" kemudian upload semua berkas yang dibutuhkan untuk lebih jelas berikut tombol yang dimaksud :


Apabila anda mengakses Dokumen maka anda akan menuju laman berikutnya Harus menglupoad semua data seperti Foto Kemudian Ijasah, KTP/Surat Keterangan, Surat lamaran, Surat Peryataan dan Transkrip Nilai/Daf. Seperti pada gambar dibawah ini :



Untuk ukuran semua berkas harus dibawah 200 kb silahkan di edit sampai ukurannya pas, karena jika tidak maka tidak akan berhasil terupload silahkan klik tombol "Upload" anda akan menuju laman berikutnya jika sudah anda bisa kembali atau Upload berkas pastikan semua berkas sudah diupload. Laman Upload yang dimaksud seperti pada gambar berikut ini :


Apabila sudah selesai silahkan kembali pada menu "Riwayat" kemudian cetak Nomor Kartu Peserta semua sudah terisi dengan benar dan cetak, serta lengkapi semua berkas pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, apabila sudah dicetak pastikan persyaratan semuanya sudah terisi dengan benar untuk contoh format Surat lamaran dan Surat Pernyataan dapat di download melalui situs resmi cpns.kemenkumham.go.id. Tidak kalah penting sebelum beranjak dari depan layar komputer atau Laptop anda untuk "Log Out" akun untuk menjaga kerahasiaan akun dan data anda.

Jika berkas sudah dikirim proses yang harus ditunggu adalah balasan dari Panitia atau BKD setempat berupa Kartu Peserta CPNS yang sudah disahkan jika sudah selesai Silahkan ikuti tahapan seleksi sesuai dengan waktu dan tempat yang sudah tertera pada kartu peserta, sampai pada proses ini semua sudah selesai. Selamat Mencoba semoga bisa membantu anda sekalian. Jangan Lupa Share Informasi Penting ini kepada peserta lainnya agar bisa membantu dan menghindari kesalahan karena jika sudah terisi tidak akan bisa diperbaiki lagi.