Persyaratan Pendaftaran Masuk SD Kota & Daerah 2023-2024

Info Penting CPNS

Persyaratan Pendaftaran Masuk SD di Kota & Daerah 2023-2024 - Tanpa terasa tahun ini anak-anak kita sudah tumbuh besar dan akan segera masuk SD, di penghujung pembelajaran di TK banyak orang tua mulai mencari informasi mengenai kapan pendaftaran SD di buka dan apa saja persyaratan, admin akan membagi beberapa pengalaman dari hasil konsultasi dengan salah satu kepala sekolah dan psikolog dimana keduanya sepakat bahwa paling tepat menyekolahkan anak ke sekolah terdekat.

Keputusan masuk SD di dasari pada dua hal pertama hasil tes psikologi yang menunjukan kesiapan anak untuk sekolah SD dan yang kedua adalah usia anak sudah memenuhi persyaratan 6 tahun keatas, jika kedua hal tersebut sudah memenuhi maka tahun ini bisa segera masuk SD. Untuk masuk SD ada beberapa persiapan yang harus dilakukan orang tua meski sibuk bekerja kita sebagai orang tua harus menyempatkan diri untuk mencari informasi pendaftaran SD.
 
 
Pendaftaran SD dibuka pada bulan Maret,April, Mei jika orang tua sibuk dengan pekerjaan sebaiknya siapkan orang lain yang bisa menjadi wakil untuk mencari informasi pendaftaran SD langsung dari sekolah, selain dari informasi yang bisa di dapat dari sekolah langsung para orang tua harus mempersiapkan uang baju dan perlengkapan lain paling tidak 1-2 juta dengan ketentuan sekolah standar sedangkan untuk sekolah plus lebih dari itu.
 
Ada dua jalur yang bisa diikuti jalur domisili dimana sekolah akan melihat radius rumah dengan sekolah terdekat dengan persyaratan menetap paling tidak dua tahun sedangkan bagi yang tidak memenuhi persyaratan tersebut harus mengikuti jalur tes dengan syarat anak sudah bisa membaca dan menulis serta berhitung, untuk rincian persyaratan dan mekanisme pendaftaran SD selengkapnya dibawah ini :

Persyaratan Masuk SD di Kota

  1. Memiliki hasil tes Psikolog anak.
  2. Memiliki ijasah TK 
  3. Memiliki Akta Lahir atau KIA
  4. Anak berusia 6 tahun keatas
  5. Apabila kurang dari 6 tahun anak masih bisa masuk SD dengan catatan kuota yang terisi untuk usia diatas 6 tahun baru kemudian setelah semua penuh bisa diterima.
  6. Jalur yang tersedia adalah zonasi dimana pelajar yang berdomisili jangkauan sekolah terdekat.
  7. Memiliki KK dan KTP paling tidak 2 tahun untuk mengikuti jalur zonasi. 

 

Persyaratan Masuk SD di Daerah Kabupaten

  1. Berdomisili di lingkungan sekolah yang ingin di daftar.
  2. Memiliki Akta Kelahiran 
  3. KTP dan KK orang tua.
  4. Mendaftar lebih awal karena penetapan kuota penerimaan di dasarkan pada siapa cepat dia memiliki kesempatan lulus lebih besar.
  5. Harus mendaftar secara offline dengan datang ke sekolah.
  6. Memiliki ijasah TK
  7. Tidak harus memiliki hasil tes psikolog anak.

 

Khusus Jalur Tes

  1. Diperuntukan untuk anak yang tinggal di suatu kota tetapi berdomisili kurang dari dua tahun
  2. Anak harus bisa membaca
  3. Anak harus sudah bisa tambah-tambahan dan kurang-kurangan sederhana.
  4. Sudah bisa menulis dan di dekte.

 

Jalur Pendaftaran Offline

  1. Setiap sekolah biasanya mewajibkan orang tua untuk datang pada rentang bulan merat hingga april setiap tahun untuk menanyakan kepada pihak sekolah kapan sekolah akan membuka pendaftaran.
  2. Proses pendaftaran dilaksanakan secara offline dengan membawa berkas orang tua persyaratan.
  3. Sebaiknya orang tua mencari informasi terlebih dahulu sebelum mendaftar kapan pendaftaran dibuka secara online.
  4. Khusus yang tidak memenuhi persyaratan mengikuti jalur zonasi harus mendaftar secara online untuk mengikuti jalur tes.
  5. Bagi orang tua yang memiliki anak kurang dari 6 tahun sebaiknya berkonsultasi kesekolah terlebih dahulu bagaimana apakah sekolah bisa menerima dengan kekurangan usai tersebut.
  6. Jika anak hanya kurang bulan 1-3 bulan sebelum masuk usia 6 tahun masih bisa diterima.
  7. Pilih sekolah yang paling dekat dengan rumah.
  8. Bagi anak dengan hasil tes psikologi yang menerangkan belum siap untuk sekolah tidak ada masalah untuk menyekolahkan anak di usia 6 tahun lebih atau 7 tahun.
  9. Proses pendaftaran sekolah akan di informasikan oleh pihak sekolah masing-masing apakah melalui full offline dengan datang kesekolah SD terdekat atau menggunakan sistem online tergantung masing-masing sekolah.
  10. Bagi orang tua yang memiliki keluarga guru sebaiknya bisa mendaftar melalui jalur khusus anak tenaga pendidik.

  

Jalur Masuk Online

  1. Beberapa sekolah sudah menetapkan jalur seleksi melalui PPDB Online melalui website resmi sekolah atau dinas pendidikan setempat hanya saja tidak semua sekolah menetapkan jalur seleksi secara online.
  2. Bagi sekolah yang membuka pendaftaran secara online sebaiknya orang tua bertanya ke sekolah link pendaftaran.
  3. Biasanya jalur pendaftaran online dibuka untuk jalur tes dan jalur lainnya.
  4. Pastikan informasi link pendaftaran di dapat dari sekolah bukan dari mencari sendiri di internet karena kadang website PPBD sekolah selalu berubah-ubah setiap tahun.