Cara Pendaftaran Online CPNS IPDN 2019/2020

Cara Pendaftaran Online CPNS IPDN 2019/2020 - Sesuai ketentuan yang berlaku Pendaftaran untuk IPDN akan dilaksanakan secara Online. Setiap tahun peminat dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini selalu mengalami lonjakan yang cukup besar terbuki setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup siknifikan hal ini didasarkan pada beberapa hal yang bisa kita lihat sekarang.

Pendaftaran IPDN memang terus menjadi magnet tersendiri bagi calon Taruna IPDN selain sekolah yang akan didapat gratis melalui penerimaan dan Pendaftaran peserta nantinya akan dijanjikan dengan sistem pendidikan berbasis ikatan dinas hal itu menjadi salah satu nilai lebih untuk bisa dijadikan alasan peserta.


Tidak hanya itu saja Nantinya para lulusan IPDN akan langsung bekerja dibawah Kementerian Dalam Negeri, Pertanyaan sederhananya adalah mengapa IPDN bisa menjadi salah satu Sekolah Ikatan dinas yang diberi kewenangan khusus untuk meloloskan CPNS secara otomatis bagi lulusan IPDN dan langsung bisa bekerja sebagai salah satu staf atau bahkan pimpinan dibawah kementerian dalam Negeri.

Menarik untuk dibahas karena semua ini memang menjadi sebuah prioritas yang harus dikupas tuntas. Seperti dari sumber yang telah kami baca bahwa munculnya sekolah ikatan dinas tidak lain karena tuntutan tenaga kerja dalam bidang tertentu. Sebab sekolah umum belum ada yang mampu memberikan tenaga kerja dalam bidang penerintahan dalam negeri secara khusus.

Maka dari itu IPDN hadir untuk menjawab kebutuhan Tenaga kerja tersebut. IPDN menjadi perguruan tinggi kedinasan untuk memenuhi semua kebutuhan tenaga kerja yang dimaksud hal ini menjadi salah satu alasan IPDN menetapkan sistem sekolah tinggi kedinasan, Memang jika kita perhatikan agak sedikit kurang adil.

Karena lulusan Kepemerintahan diluar dari kampus IPDN jika ingin bekerja sebagai CPNS harus terlebih dahulu tes seleksi, sedangkan IPDN tidak setelah lulus dari kampus ini Para Taruna akan langsung mendapatkan NIP dan penempatan sebagai CPNS. Dari beberapa alasan diataslah Para peserta IPDN setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup basar.

Hanya saja informasi tentang Pendaftaran IPDN harus dicari sendiri karena hanya akan anda dapat melalui Online saja selain dari itu kalian pasti masih bingung  kan untuk pendaftaran seputar IPDN, nah mengingat ada banyak yang sangat menginginkan informasi mengenai Cara Pendaftaran IPDN kami disini akan memberikan informasi lengkapnya untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pendaftaran IPDN salah satunya adalah sebagai salah satu peserta anda harus dinyatakan lulus persyaratan Pendaftaran terlebih dahulu karena setelah melalui cara ini anda baru bisa mengikuti seleksi IPDN dan melanjutkan pendaftaran sesuai dengan yang dibutuhkan untuk itu kami akan memberikan beberapa informasi lengkap seperti dibawah ini.


Persyaratan.
  1. Warga Negara Indonesia. 
  2. Berusia Minimal 16 Tahun dan Maksimal 21 Thun. 
  3. Tinggi badan minimal 160 cm laki-laki Pelamar perempuan minimal 155 cm. 
  4. Memiliki ijasah SMA/MA/Paket C. 
  5. Memiliki KTP elektronik bagi peserta berusia 17 tahun, bagi yang belum memiliki KTP Elektronik dapat menggunakan KK. 
  6. Bisa juga menggunakan KTP sementara hasil perekaman KTP Elektronik. 
  7. Bagi siswa kelas 3 tahun ajaran saat ini bisa menggunkana surat keterangan sebagai peserta ujian nasional dari kepala sekolah. 
  8. Surat keterangan orang asli papu khusus peserta papua di tanda tangani BKD Kab/Kota mengetahui MRP. 
  9. Alamat Email aktif. 
  10. Pasfoto.

Ada beberapa hal untuk para calon taruna agar bisa melaksanakan pendaftaran yang dilaksanakan secara Online maka dari itu kalian semua hurus melakukan beberapa pengecekan sesuai ketentuan yang berlaku untuk itu sebagai salah satu peserta yang siap untuk melakukan Pendaftaran kalian harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku untuk itu beberapa informasi yang telah dibahas menjadi keharusan. Selanjutnya ada beberapa ketentuan Pendaftaran lainnya yang harus dipenuhi.

Disni kami akan memberikan kembali penjelasan mengenai pendaftaran online IPDN yang akan dilaksanakan melalui situs resmi https://dikdin.bkn.go.id kemudian baru mengikuti pendaftaran dan mengisi kelengkapan pendaftaran melalui situs resmi SPCP IPDN untuk lebih jelas kami akan memberikan beberpaa informasi gambar yang dimaksud seperti berikut ini.


Tahapan Pendaftaran IPDN
  
  1. Calon peserta mengakses situs https://sscasn.bkn.go.id nantinya akan dirahkan pada pembuatan akun terlebih dahulu.
  2. Peserta membuat akun SSCN dikdin melalui link https://dikdin.bkn.go.id
  3. Setelah berhasil silahkan kembali login dengan menggunakan NIK dan Password yang sudah dibuat.
  4. Peserta menyelesaikan pengisian biodata dan mengunggah dokumen persyaratan adminstrasi.
  5. Apabila sudah selesai jangan lupa untuk cetak resume dan bukti pendaftaran.

Verifikasi & Pengumuman SKD.

  1. Proses verifikasi dokumen persyaratan adminstrasi dapat diakses melalui situs https://dikdin.bkn.go.id
  2. Bagi yang dinyatakan memenuhi syarat verifikasi dokumen  adminstrasi dapat melakukan pembayaran PNBP SKD sesuai kode biling. 
  3. Setelah proses pembayaran diverifikasi oleh sistem peserta dapat melakukan cetak kartu ujian pada akn sscn dikdin masing-masing.
  4. Tinggal ikuti seleksi SKD sesuai jadwal yang tertera dan pengumuman hasil SKD dapat di cek melaui situs https://dikdin.bkn.go.id atau melalui situs spcp.ipdn.ac.id.
 Seleksi Lanjutan Dan Pengumuman Pantukhir.
  1. Bagi yang sudah dinyatakan lulus SKD bisa melanjutkan tes Kesehatan Daerah, untuk hasilnya akan diumumkan setelah beberapa hari pasca tes. 
  2. Selanjutnya mengikuti tes Psikologi, Integritas dan kejujuran untuk pengumuman juga sama beberapa hari setelah tes dapat diakses melalui situs resmi sekolah Kedinasan IPDN. 
  3. Jika dinyatakan lulus peserta akan mengikuti pantukhir dan verfikasi faktual dokumen persyaratan adminstrasi pendaftaran. 
  4. Kemudian berlanjut tes Kesehatan Pusat di IPDN Jatinangor dan Tes Kesamaptaan, beberapa tes berbeda seperti wawancara dan pemeriksaan penampilan juga dilakukan. 
  5. Pengumuman dari beberapa tes tersebut akan terangkum dalam Pengumuman Hasil Pantukhir Akhir.

Semua informasi mengenai IPDN diatas sudah dirangkum secara jelas dan lengkap, nah tinggal anda sebagai salah satu peserta IPDN harus mempraktekan cara pendaftaran IPDN sesuai dengan yang telah diberikan. Panitia seleksi IPDN terus menghimbau agar berhati-hati terhadap segala bentuk Penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi IPDN, selain itu penerimaan pendaftaran dan info seputar Pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi yang telah disebutkan.

Dari beberapa informasi mengenai IPDN diatas maka dapat disimpulkan mengenai Pendaftaran sesuai ketentuan yang ada, demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa memberikan manfaat untuk mendaftar IPDN ada 2 situs yang harus dikunjungi yaitu SSCN Dikdin dan IPDN semoga bisa memberikan manfaat terima kasih selemat mencoba.