Cara Pendaftaran Online https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id 2024/2025


https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id/ - Cara Pendaftaran Online SBMPOLTEKPAR 2024/2025 - melalui informasi ini kita akan membas beberapa review pendaftaran yang berfokus pada proses keindahan Indonesia, bagi kalian yang hobby treveling dan jalan-jalan tentunya di Indonesia dan kebetulan bingung mencari program studi yang pas hal itu bisa menjadi salah satu referensi untuk anda yang bisa diikuti, ya Pariwisata Indonesia adalah salah satu Sumber Daya Alam yang punya nilai jual tinggi.

Salah satu pengembangan dan bukti cinta kepada Indonesia adalah menjaga dan merawatnya untuk itu dibutuhkan para ahli bidang pariwisata, dalam proses mencari ahli ini perlu menimba Ilmu di bidang Parawisata bagi siapa saja yang ingin menjadi bagain dari pariwisata yang ada di Indonesia jangan kwatir kali ini kita akan membahas jalur masuk yang bisa diikuti.
 
 
Sebelumnya kita sudah membahas banyak mengenai Sekolah Tinggi maupun Politeknik Pariwisata ternama yang ada di Indonesia salah satunya adalah yang ada di Bali, Bandung dan beberapa wilayah strategis lainnya terutama wilayah yang memiliki potensi luar biasa yang ada di Indonesia. Mungkin latar belakang dari hobby anda bisa membawa kehidupan yang lebih baik kedepan.

Hal itu cukup beralasan untuk bisa membawa hidup, diperlukan keinginan yang kuat terutama bagi kalian yang memiliki hobby berkaitan pariwisata anda bisa mengikuti seleksi khusus Pariwisata yang ada di Indonesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci tentang jalur masuk yang bisa diikuti khusus Pariwisata yang ada di Indonesia.

Jika anda membuka pendaftaran melalui situs Siap-PPDB.Com maka salah satu dari bagian informasi pendaftaran adalah sistem Penerimaan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, kemudian jika kalian masuk dan mengakses akan diarahkan pada situs pendaftaran https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id/ disana kalian bisa memilih seleksi khusus untuk perguruan tinggi pariwisata ternama yang ada di Indonesia diantaranya.

 Daftar Perguruan Tinggi SBMPTNP
  1. Pendaftaran SBMPTNP STP Bandung
  2. Pendaftaran SBMPTNP STP Nusa Dua Bali
  3. Politeknik Pariwisata Makassar
  4. Pendaftaran SBMPTNP Akademik Pariwisata Medan

Diikuti oleh 4 Perguruan Tinggi Ternama yang ada di Indonesia khusus Pariwisata mulai dari Sumatera yang ada di bagian barat Indonesia yaitu Akademik Pariwisata Medan dan STP Bandung, kemudian bagian Tengah yang ada di Bali STP Nusa Dua Bali, dan diwilayah timur Indonesia yaitu Politeknik Pariwisata Makassar. Untuk lebih jelas mekanisme pendaftaran dapat dilihat seperti dibawah ini.


Ketentuan Umum
  1. SBM Poltekpar merupakan pola seleksi bersama yang terintegrasi dan terpadu berdasarkan nilai test yang dilaksanakan.
  2. Siswa yang akan mendaftar wajib membaca informasi di laman SBM Poltekpar tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.
Ketentuan Khusus
  1. Lulusan SMA/SMU/SMK/MA/MAK atau yang setara.
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Membayar biaya Pendaftaran 
  4. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan.
Cara Pendaftaran 
  1. Pendaftar mengisi formulir awal yang telah disediakan pada laman https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id/
  2. Pendaftar mencetak tanda bukti pendaftaran
  3. Pendaftar melakukan pembayaran melalui Bank yang ditentukan dengan mencantumkan “No. Peserta” di kolom "Keterangan atau Berita" pada Slip Pembayaran, ikuti tata cara pembayaran yang terdapat pada Surat Tanda Bukti Pendaftaran
  4. Pendaftar melakukan "Konfirmasi" pembayaran dengan meng-unggah bukti bayar melalui 'Dasbor Peserta"
  5. Pendaftar menunggu konfirmasi pembayaran sampai dengan mendapat 'notifikasi / pesan" via SMS, atau menunggu kurang lebih 24 jam setelah pembayaran.
  6. Pendaftar login kembali melalui "Dasbor Peserta" untuk melengkapi biodata diri dengan mengguah foto dan kelengkapan data lainnya sesuai formulir isian
  7. Pendaftar mencetak Kartu Ujian sebagai tanda bukti peserta
Unggah Foto
  1. pada laman login, klik kelengkpan data untuk mengunggah foto 
  2.  ketentuan foto foto formal dengan bacground warna merah jenis foro close up atau setengah badan foto berwarna dengan resolusi tinggi maksimal ukuran 500x1000 pixel dan 2MB 
 Jumlah Pilihan PTP dan Program Studi.
  1. Setiap Pendaftar dapat memilih 4 (empat) Program Studi pada Perguruan Tinggi Pariwisata 
  2. Setiap Pendaftar dapat memilih sendiri Lokasi Tempat Ujian berdasarkan lokasi Perguruan Tinggi Pariwisata dilingkungan Kementerian Pariwisata. 
  3. Urutan pilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan. 
  4. Daftar program studi  tahun ini dapat dilihat pada laman https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id/
 Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dilaksakan melalui situs resmi https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id/ silahkan cek jadwal lengkapnya.

Biaya Pendaftaran.

Biaya Pendaftaran bagi Pendaftar Warga Negara Indonesia (WNI), sesuai pilihan 1: Rp. 250.000,- untuk Sekolah Tinggi Pariwisata Rp. 150.000,- untuk Akademi Pariwisata dan Politeknik Biaya Pendaftaran bagi Pendaftar Warga Negara Asing (WNA) : Rp 1.000.000,-

Bantaun dan Alamat Panitia SBM Poltekpar

  1. Informasi resmi mengenai SBM Poltekpar dapat diakses melalui laman https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id/
  2. Alamat email  kemenpar.go.id
  3. Alamat Panitia SBM Poltekpar
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Gedung Rektorat Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Jl. DR. Setiabudhi 186 Bandung – 40141 Jawa Barat
Call Center: 0811 1101 371
Telepon : 022 2011456 | Faksimile : 022 2012097
laman : http://stp-bandung.ac.id

Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
Gedung Rektorat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua – 80363 Bali
Call Center: 0811 1101 372
Telepon : 0361 773537 | Faksimile : 0361 774821
laman : http://stpbali.ac.id

Akademi Pariwisata Medan
Gedung Rektorat Akademi Pariwisata Medan
Jl Rumah Sakit Haji No. 12, Medan – 20371 Sumatera Utara
Call Center: 0811 1101 373
Telepon : 061 6632182 | Faksimile : 061 6620311
laman : http://akparmedan.ac.id

Politeknik Pariwisata Makassar
Gedung Rektorat Politeknik Pariwisata Makassar
Jl. Gunung Rinjani No. 1, Kota Mandiri Tanjung Bunga, Makassar - 90244 Sulawesi Selatan
Call Center: 0811 1101 374
Telepon : (0411) 838456 | Faksimile : (0411) 838366
laman : http://poltekpar-makassar.ac.id

Nah bagi kalian yang ingin mendaftar kami sudah berikan informasi lengkap yang tertera pada situs resmi, sudah dijelaskan semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update seputar pendaftaran, jika beberapa informasi yang telah diberikan terdapat perbedaan maka yang digunakan melalui situs resmi. Jalur SBM Poltekpar merupakan jalur seleksi untuk PTP.

Perguruan Tinggi Pariwisata memberikan peluang bagi kalian yang ingin mendaftar dan mengikuti seleksi jangan sia-siakan kesempatan yang baik ini untuk bisa melakukan pendaftaran silahkan ikuti ketentuan dan cara pendaftaran yang telah dijelaskan penerimaan jalur ini dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, semoga bermanfaat salam sukses untuk kalian dan selamat mencoba.