Cara Pendaftaran PPDB Online Sekolah 2024/2025


Siap-PPDB.Com - Cara Pendaftaran Online PPDB Sekolah 2024/2025 - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tata cara pendaftaran khusus Siswa baru melalui online, informasi dituntut serba cepat karena dengan semakin maju dan berkembang hampir semua sistem berkolaborasi melalui Online termasuk sistem pendaftaran sekolah, mau tidak mau dan suka tidak suka dampak dari kemajuan teknologi membuat semua hal menjadi terikat.

Tidak hanya itu sistem Online akan memberikan kita kemudahan dalam melakukan segala cukup dengan menyentuh layar smartphone anda kalian sudah bisa melakukan pendaftaran tidak perlu antri panjang dan melelahkan kalian sudah bisa mengikutinya. Tidak seperti beberapa tahun silam pendaftaran diharuskan keselekolah secara langsung, pasti kita sudah pernah mengalaminya. Informasi PPDB Terbaru link Prosedur Pendaftaran PPDB Sampai Pengumuman.

Antri Panjang, tidak kebagian formulir, berdesak-desakan, panas, repot harus izin kerja hanya untu mendaftarkan anak sekolah, semua itu sudah berevolusi saat ini tidak harus lagi melakukan hal yang seperti kita ulas cukup duduk manis dirumah semua pendaftaran bisa dilakukan dengan mudah untuk itu kita harus bersykur karena dampak dari IT juga dirasakan pada saat ingin mendaftar.




Hanya saja bagi kita selaku orang tua yang hidup jauh dari tahun khususnya lahiran 80an kebawah tentu akan mengalami kesulitan menghadapi hal ini karena sebagai orang tua atau wali murid yang hidup diera tersebut tentu tidak pernah dihadapkan dengan teknogi seperti sekarang menyebabkan akan kesulitan dalam menggunakan.

Pro Kontra akan terus terjadi bahkan sebagian dari orang tua menginginkan agar bisa melakukan pendaftaran seperti dulu sebab bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus ribet memahami informasi melalui online saja, hanya saja sebagain lagi menganggap semua kemudahan akan didapat setelah sistem pendaftaran PPDB dilakukan secara online.

Hanya saja kita hidup di era sekarang tentu harus beradaptasi termasuk Teknologi, hanya saja sistem pendaftaran yang dilakukan secara online bukan berarti tidak memiliki kekurangan, karena seperti kita ketahui bahwa pendaftaran SIAP PPDB Sekolah ini sering mengalami error karena banyak yang mengakses, selain itu terkadang informasi yang dicari tidak ditemukan karena alasan berbagai hal.

Setiap sistem tentu memiliki kekurangan dan kelebihan untuk itu kita harus bijak dalam menyikapi setiap hal berkaitan dengan penerimaan dan pendaftaran yang ada, seperti pada judul pembahasan kali ini setelah membahas panjang lebar mengenai mekanisme pendaftaran PPDB sekolah saat ini kita harus melakukan beberapa hal terkait dengan penerimaan PPDB disekolah.

Ada beberapa rangkaian pendaftaran yang harus dilakukan untuk bisa melakukan pendaftaran secara online khusus PPDB Sekolah seperti Pra Pendaftara, Alur, Persyaratan, Daftar, Verifikasi, sampai dengan pengumuman yang akan kalian hadapi penerimaan PPDB Sekolah secara online bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau diwakilkan oleh orang tua atau wali.

Maka dari itu disini kami akan memberikan tata cara pendaftaran PPDB sekolah untuk semua wilayah baik kota maupun kabupaten yang ada diseluruh indonesia. Secara umum PPDB online memiliki kesamaan yang membedakan hanya mekanisme pendaftaran dari masing masing daerah untuk lebih jelas berikut kami berikan informasinya.

1. Pendaftaran PPDB sekolah dilaksanakan secara online melalui situs resmi www.siap-ppdb.com

2. Pelaksanaan pendaftaran untuk peserta khusus yang akan mengikuti PPDB sekolah secara online harus terlebih dahulu melakukan pra pendaftaran seperti yang terlampir pada situs resmi siap PPDB online.
  1. Lintas rayon dalam kota
  2. Lintas kab/kota
  3. Lintas provinsi
  4. Lintas negara
  5. Lulusan tahun pelajaran sebelumnya
  6. Lulusan paket A untuk SMP, 
  7. Lulusan Paket B untuk SMA/SMK
Selanjutnya dilakukan Verifikasi Pra Pendaftaran untuk itu diperlukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti kita ketahui beberapa persyaratan tersebut wajib untuk kelayakan peserta pada saat pra pendaftaran. Informasi lengkapnya dapat dilihat dibawah ini.

  • Sk Mutasi kerja orang tua
  • Keterangan lurah tentang domisili
  • Raport Asli + Fotocopy legalisir
  • Surat Keterangan lulus
  • Daftar Nilai US

3. Bagi peserta yang tidak dipersyaratkan sesuai poin yang ada pada prapendaftaran agar sekiranya tidak perlu lagi melakukan prapendaftaran dan bisa langsung mengikuti pendaftaran secara online.

4. Nantinya setelah peserta masuk pada situs resmi terlebih dahulu harus mendaftar agar dapat melakukan login masuk situs siap-ppdb.com

5. Setelah membuat akun peserta harus memilih salah satu daerah tujuan sesuai dengan yang diinginkan pendaftar.


6. Selanjutnya peserta dapat memilih jenjang pendidikan yang akan diikuti seperti SD/MI,SMP/MTS,SMA/SMK/MA yang ada pada daerah tujuan pendaftar PPDB online.

Seperti pada umumnya pendaftaran sekolah dilaksanakan melalui online meliputi semua jenjang pendidikan dari mulai Sekolah Dasar, sederajat, kemudian Sekolah Menengah Pertama Sederajat dan yang terakhir adalah Sekolah Menengah Atas Sederajat yang pada umumnya bisa mengikuti pendaftaran secara online sesuai dengan jenjang pendidikan, bianya dilakukan bertahap dari jenjang paling rendah sampai yang paling tinggi.

7. Pada tahap berikutnya peserta diharapkan  mengecek terlebih dahulu persyaratan PPDB online setelah itu bagi peserta yang memenuhi ketentuan umum dan persyaratan pendaftaran pada info aturan yang akan anda jumpai pada situs resmi dapat melanjutkan proses pendaftaran.

Pada proses pendaftaran kalian dapat melihat persyaratan apa saja yang dibutuhkan setelah mengakses situs seperti diatas kalian bisa klik Aturan disana terdapat ketentuan lengkap yang bisa diikuti serta beberapa berkas tambahan yang harus dilengkapi pada saat ingin mendaftar.

8. Seperti yang telah dijelaskan diatas terdapat dua jenis kelompok pendaftar pertama kelompok yang termasuk harus melakukan prapendaftaran yang kedua peserta yang bisa langsung mendaftar bagi peserta yang langsung bisa mendaftar dapat mengikuti proses lanjutan.

Sistem pendaftaran bisa diikui sesuai dengan situs yang sudah ada, seperti contoh jika kalian memilih daerah tertentu disuatu provinsi segera buka dan lihat ketentuan pendaftaran seperti yang tertera diatas.

9. Peserta yang bisa melakukan pendaftaran diharapkan dapat langsung mendaftar melalui online situs resmi siap-ppdb.com dengan mengikuti jalur masuk yang sudah disiapkan seperti jalur umum, jalur khusus dan jalur berprestasi, jalur luar kota, Jalur reguler dan kesemua jalur itu biasanya dibuka sesuai dengan kebijakan kota atau kabupaten yang tergabung dalam siap-ppdb.com.

Terdapat beberapa jalur masuk yang bisa dikuti mulai dari jalur Umum atau reguler dimana biasanya diperuntukan untuk semua siswa baik yang berada diluar kota maupun dalam kota, sistem pendaftaran jalur umum tergantung daerah ada yang mengggunakan jalur tertulis dan ada juga yang menggunakan verifikasi nilai rapot hal ini juga tergantung pada sekolah yang dituju.

Kemudian ada juga Jalur Khusus Lokal dimana seleksi ini bisa diikuti hanya oleh peserta yang sekolah didaerah tersebut bagi yang bukan siswa domisili tidak bisa mengikuti seleksi ini, hanya diperuntukan bagi mereka yang berada di kota tersebut atau kabupaten tersebut, kebanyakan seleksi ini menggunakan sistem ujian nilai rapot, dan ada juga yang menggunakana ujian tertulis.

Jalur khusus Luar Daerah bagi kalian yang berada disalah satu kabupaten dan berencana mengikuti PPDB Online di Kota jalur masuk ini bisa digunakan untuk mendaftar untuk ketentuan lainnya bisa sesuai dengan daerah tujuan dan sekolah yang akan dituju, karena bisa jadi setiap daerah akan berbeda-beda, asalkan memenuhi persyaratan tentu peserta boleh ikut seleksi jalur PPDB Online ini.

Jalur Berprestasi biasanya diberikan kepada siswa yang berpresasi selama SD yang akan melanjutkan SMP Favorite kemudian begitu juga siswa berprestasi dari SMP yang ingin sekolah menuju SMA Favorite, seleksi ini dilakukan melalui verfiikasi nilai rapot dan tidak bisa diikuti oleh sembarang orang perlu kordinasi dengan sekolah, karena ini merupakan jalur yang dikhususkan untuk siswa berprestasi.

10. Selain harus mengisi formulir pendaftaran peserta juga harus mengikuti prosudur pendaftaran lainnya setelah melakukan pendaftaran diharapkan peserta dapat mencetak bukti pembayaran.

Sebagian sekolah memberikan ketentuan penerimaan yang harus dipenuhi salah satunya dikenakan biaya pendaftaran tentu setiap daerah dan sekolah memiliki perbedaan, hanya saja tidak semua jalur masuk PPDB Online harus dikenkaan biaya pendaftaran, biasanya hanya jalur tertentu saja untuk lebih jelas kalian dapat melaihat langsung pada situs resmi PPDB Online.

11. Verifikasi pendaftaran dengan mendatangi loket PPDB yang ada disekolah tujuan kemudian menyerahkan dokumen persyaratan dan mengikuti proses perivikasi sampai dengan selesai.

Proses verifikasi setelah melakukan pendaftaran dilakukan oleh panitia seleksi PPDB Online di masing-masing sekolah hal itu tentu menjadi salah satu hal yang patut ditunggu karena proses ini memakan waktu, selain itu setelah melakukan pendaftaran peserta harus menyerahkan berkas kesekolah baru kemudian diverifikasi oleh panitia.

12. Setelah proses tersebut peserta menerima bukti pendaftaran PPDB online dan menunggu proses selanjutnya berupa pengumuman PPDB online yang bisa diakses melalui online juga.

Proses verifikasi yang sudah dilakukan biasanya untuk jalur nilai rapot bagi yang tertulis perlu mengikuti tes terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan sekolah, selanjutnya jika semua sekolah sudah mengikuti dengan benar tinggal tunggu hasil apakah anda diterima atau tidak, bagi yang belum beruntung harus mencari sekolah lain, sedangkan untuk yang diterima segera buka situs resmi sekolah atau mendatangi sekolah untuk melakukan pendaftaran ulang.

Setelah mengikuti rangkaian pendaftaran PPDB sampai dengan selesai nantinya hasil perivikasi dan kelulusan akan disampaikan melalui online penerimaan PPDB tidak hanya bisa dilakukan oleh siswa domisili saja melainkan siswa luar daerah juga berhak mengikuti seleksi. Sistem pendaftaran PPDB online pada umumnya dilakukan melalui perivikasi nilai raport namun ada beberapa daerah diindonesia yang menggunakan sistem PPDB tertulis.

Kemudian untuk tempat pendaftaran menyesuaikan dimana sekolah yang anda pilih sedikit saran sebaiknya siswa mengikuti PPDB online lebih dari satu sekolah agar bisa menjadi cadangan apabila tidak lulus seleksi disalah satu sekolah tersebut sesuai dengan jalur masuk yang diikuti oleh peserta demikian informasi seputar cara pendaftaran PPDB sekolah semoga bisa bermanfaat untuk peserta selamat mencoba.