CPNS 2024/2025 Kapan Dibuka ? PANRB


CPNS 2024/2025 Kapan Dibuka ? PANRB - Pendaftaran CPNS/CASN akan segera dibuka sesuai dengan pengumuman menpanRB, salah satu kementerian yang bertanggung jawab untuk membuka penerimaan CASN, setelah absen tidak ada rekrutmen CPNS beberapa tahun akhirnya pemerintah akan kembali membuka pendaftaran CPNS.
 
Selama kurun waktu 10 tahun terakhir ini penerimaan CASN mendapatkan kebijakan moratorium dari pemerintah pusat, hal itu untuk menghemat anggaran agar dapat digunakan ke sektor produktif seperti pembangunan Infrasruktur Jalan, Jembatan, Waduk, Embung, Tol, Bandara, Pelabuhan dan yang lainnya.
 

 
Berdasarkan laporan kementerian keuangan alokasi terbesar keuangan negara salah satunya untuk membayar gaji ASN, oleh sebab itu semua penerimaan CASN dimoratorium. Kabar baiknya tahun ini pendaftaran CPNS kembali dibuka, bahkan menerut admin berdasarkan pengalaman setiap kali menjelang pemilihan presiden penerimaan CPNS pasti akan dibuka.
 
Dari sisi program kerja Presiden saat ini seluruh pembangunan sudah selesai termasuk rencana menghubungkan dari sabang sampai merauke. Final pembangunan adalah proses pemindahan Ibukota Negara Ke IKN. Jika semua sektor pembangunan selesai artinya sudah tidak menjadi fokus utama.

Setelah semua infrastruktur jadi, hal yang paling dibutuhkan adalah Sumber Daya Manusia untuk mengisinya termasuk jika memang sudah 100% pemindahan Ibukota baru pasti membutuhkan ASN yang banyak. Tentu akan berdampak pada sistem penerimaan CASN akan kembali normal harapannya akan dibuka lebih banyak.
 
Setelah menunda rekrutmen akan berdampak pada kekurangan kenaga ASN diberbagai lembaga, kementerian, dan daerah strategi pemerintah memenuhi kebutuhan melalui PPPK juga tidak tercapai karena dari ratusan orang yang dibutuhkan hanya ribuan yang berhasil lulus dan diterima sebagai PPPK. 
 
Belum lagi ditambah dengan ratusan ASN lainnya yang sudah memasuki masa pensiun secara masal membuat rekrutmen CASN semakin urgens. Kita sebagai pelamar yang sudah menunggu lama supaya bisa ikut tes lagi akan semakin kecil memiliki kesempatan lulus karena usia sudah mulai maksimal setelah usia 35 tahun tentu sudah tidak bisa lagi mendaftar.
 
Terlepas dari semua harapan dan yang terjadi saat ini kita akan membahas Kapan Pendaftaran CPNS tahun Ini dibuka, ada banyak website pemberitaan yang sudah menjelaskan kapan pelaksanaan CASN dibuka, namun kurang puas jika tidak berasal dari sumber utama yaitu website PanRB sebagai pihak yang berwenang.
 
Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Abdullah Azwar Anas.

Jika mengacu pada proses pendaftaran CPNS yang lalu, proses persiapan akan dilaksanakan awal tahun sembari menunggu usulan formasi yang akan dibuka, biasanya menjelang pertengahan tahun akan diumumkan setelah itu dilanjutkan proses pendaftaran akan berlangsung sekitar beberapa minggu setelah itu.

Mengacu pada rekrutmen CASN dua tahun yang lalu untuk jadwal pelaksanaan tes dilaksanakan pada menjelang akhir tahun dilaksanakan setelah agustus, apabila tidak ada perubahan dipastikan rekrutmen akan dilaksanakan pada pertengahan hingga akhir tahun. Selain itu pernyataan terkait dengan persiapan sudah dilakukan sejak informasi resmi terbit.

Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa saat ini instansi pemerintah dalam proses persiapan pengusulan formasi. “Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” 

Proses pengusulan sudah dilakukan tinggal menunggu hasil laporan dari setiap instansi dan daerah terkait kuota formasi yang dibutuhkan, hanya saja proses pengusulan formasi biasanya yang paling memakan waktu lama jika dibandingkan dengan tahapan lainnya. Tidak jarang jadwal final formasi berubah karena belum selesai.

Kebutuhan formasi akan dihitung dari jumlah tahun sebelumnya yang tidak terisi oleh PPPK dan ditambah dengan tahun ini, kemungkinana penerimaan CASN tahun ini akan lebih banyak dan bahkan bisa jadi menjadi yang terbesar sepanjang rekrutmen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. 

Sebagai pelamar waktu persiapan untuk mendaftar juga masih panjang, mulai dari sekarang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes, seperti belajar online dan banyak latihan tryout besar harapan tahun ini bisa lulus CASN, semoga yang membaca artikel ini diberikan kelulusan CPNS tahun ini amin.