Kampus Yang Sudah Buka Pendaftaran 2024/2025


kampus yang sudah buka pendaftaran 20234/2025- Tahun ini ingin kuliah, kira-kira kapan kampus buka pendaftaran ? jika kita memutuskan untuk kuliah maka persiapan yang harus dilakukan sejak awal tahun sebaiknya mengikuti beberapa jalur seleksi, tidak hanya mengikuti satu bahkan jauh lebih baik apabila kita mengikuti semua jalur seleksi masuk perguruan tinggi mulai dari PTN, PTS, PTKIN, sampai dengan Politeknik Negeri.
 
Kenapa harus mengikuti lebih dari satu jalur masuk, yang pasti untuk cadangan apabila salah satu tidak lulus masih ada beberapa, selain itu bisa menjadi latihan untuk meningkatkan kemampuan tes masing-masing individu, hal itu dibutuhkan biasanya untuk mengikuti tes tertulis seperti SNBT atau SBMPN, Jalur Mandiri.
 

 
Jika berminat untuk kuliah tahun ini jangan tunda, ada banyak kerugian yang akan diterima jika menunda kuliah, pertama masalah usia satu tahun sudah selisih 2 semester, kedua apabila sudah menunda satu tahun maka ditahun berikutnya akan malas untuk kuliah, ketiga beberapa jalur masuk harus diikuti tahun ini jika tidak maka tahun-tahun berikutnya tidak bisa ikut lagi.
 
Secara umum pendaftaran kampus dibuka dalam beberapa jalur diantaranya jalur prestasi dimana melibatkan sekolah dalam proses pendaftaran dan memiliki kuota lebih kecil dari jalur pada umumnya sekitar 20%, jalur lain yang menjadi favorite adalah jalur tertulis jalur ini dapat diikuti secara individu tanpa harus melibatkan sekolah, untuk bisa lulus harus memenuhi ambang batas nilai minimal. Untuk kuota penerimaan paling besar sekitar 40%-50%.
 
Sedangkan jalur mandiri menjadi salah satu urutan yang terakhir bisa diikuti biasanya akan dibuka secara khusus setelah semua pelaksanaan jalur prestasi dan tertulis ditutup sekaligus alternatif terakhir yang bisa diikuti. Rata-rata kuota penerimaan jalur ini mencapai 30% persen. Namun jika memang keputusan kita untuk kuliah tahun ini sudah bulat pastikan untuk tidak melewati tes UTBK.
 
Mengapa kita wajib ikut UTBK tahun ini apabila ingin kuliah ? pertama karena tidak ada lagi ujian nasional sebagai salah satu standarisasi menggunakan nilai UTBK, kedua UTBK dapat diikuti 3 kali setelah lulu sekolah ada kesempatan 3 kali mencoba jika pada percobaan sebelumnya belum lulus dan tahun depan bisa ikut lagi dengan ketentuan tahun pertama ikut UTBK karena untuk mengikuti tes berikutnya membutuhkan nilai UTBK, ketiga UTBK dapat digunakan untuk mendaftar seluruh kampus di Indonesia tanpa harus mengikuti tes lagi.

Selain untuk kuliah nilai UTBK digunakan untuk mendaftar pekerjaan jadi apapun alasannya baik ingin kuliah atau bekerja admin sarankan untuk mengikuti UTBK. Untuk urutan kampus yang sudah buka pendaftaran 2023 seperti berikut pastikan persiapkan mengikuti tes sejak awal tahun.

 

Januari - Februari Jalur Prestasi

Beberapa jalur masuk yang akan dibuka pada awal tahun dan berlangsung dua bulan adalah jalur berbasis prestasi seperti SNBP untuk semua jenjang pendidikan, SPAN PTKIN untuk sekolah berbasis islam seperti MA, MAN, MAS, beberapa jalur lain seperti sekolah tinggi dibawah kementerian lainnya untuk informasi pendaftaran dapat mengakses https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk jalur keagamaan link pendaftaran https://span.ptkin.ac.id

 

Maret -April Jalur Tertulis

Urutan pertama yang paling dicari adalah jalur UTBK yang bisa diikuti setelah penutupan SNBP, hanya saja untuk pendaftaran akun sudah dibuka serentak dengan registrasi akun jalur prestasi, selain UTBK terdapat beberapa jalur lain seperti jalur SBMPN khusus politeknik negeri, UM PTKIN jalur keagamaan, sekolah kedinasan, sekolah tinggi pariwisata, dan sekolah tinggi kementerian perindustrian, beberapa jalur sekolah tinggi untuk pertaminan link pendaftaran berikut :

  • UTBK https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • SBMPN bisa langsung mengunjungi masing-masing politeknik negeri yang diminati
  • UM PTKIN https://um-ptkin.ac.id/
  • Perguruan Tinggi Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id/
  • Perguruan Tinggi Pariwisata https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id/
  • Perguruan Tinggi Perindustrian https://jarvis.kemenperin.go.id/
  • Perguruan Tinggi Pertanian https://polbangtan-bogor.ac.id/
  • Perguruan Tinggi BUMN https://apertibumn.org/ 
  • Perguruan Tinggi KKP https://pentaru.kkp.go.id
  • Perguruan Tinggi Kesehatan https://simama-poltekkes.kemkes.go.id

 

April-Mei Jalur Mandiri

Khusus untuk jalur lainnya biasa dibuka juga mulai maret akhir yaitu jalur mandiri PTN, UMPN Politeknik Negeri dan jalur mandiri PTKIN, untuk mendaftar silahkan buka website masing-masing perguruan tinggi, jalur ini dibuka setelah penutupan UTBK terdapat juga jalur mandiri BUMN dapat diakses melalui masing-masing BUMN. Proses pendaftaran jalur mandiri berlangsung lebih singkat dari jalur lainnya pastikan tidak ketinggalan untuk mendaftar. Bagi yang berada di pulau sumatera bisa ikuti jalur mandiri bersama seperti  

  • Wilayah bagian sumatera https://smmptnbarat.id/ dan 
  • khusus sumatera selatan https://usmb.unsri.ac.id/

 

Mei- Desember Jalur Seleksi PTS

Alternatif terakhir yang bisa diikuti  adalah kampus swasta yang dibuka sepanjang tahun bisa diikuti jika tidak ada yang lulus dari kampus negeri, atau memilih swasta karena akses lebih dekat dari tempat tinggal, untuk pendaftaran dibuka online masing-masing website kampus swasta atau bisa langsung datang ke kampus, jika tidak ingin membayar uang pendaftaran lagi tanyakan saja mau ikut jalur seleksi menggunakan nilai UTBK.

 

KIP Kuliah Beasiswa Solusi Tidak Ada Biaya Kuliah

Tidak hanya jalur berbayar, saat ini pendaftar yang memiliki KIP/PIP bisa mendaftar jalur KIP Kuliah beasiswa 100% dengan rincian gratis biaya UKT, Biaya hidup 800 rb - 1.3 juta perbulan, untuk yang tidak memiliki kartu KIP, KKS, atau kartu bansos lainnya bisa mendaftar menggunakan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kades link pendaftaran https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ Semua kampus menerima jalur KIP Kuliah.

Khusus untuk PTS sebaiknya kalian tanya terlebih dahulu sebelum mendaftar karena ada beberapa kampus kecil yang tidak menyediakan KIP atau menggunakan kuota jika masih ada bisa mendaftar dengan catatan sesuai dengan kuota yang tersedia termasuk dalam pemilihan program studi harus menyesuaikan.

 

Kesimpulan

kampus yang sudah buka pendaftaran 2023 Jawabnya adalah mulai bulan Januari hingga desember jadi luangkan waktu kalian tidak hanya untuk belajar tetapi disela-sela sibuk mempersiapkan ujian sekolah bisa mendaftar salah satu kampus yang diminati, tentunya harus dikomunikasikan terlebih dahulu kepada orang tua apakah keputusan kuliah tahun ini disetujui atau tidak, jika terkendala biaya kuliah sebaiknya mendaftar jalur KIP Kuliah.