Pilihan Terbaik Setelah Lulus Sekolah: Kerja, Kuliah atau Buka Usaha


Pilihan Terbaik Setelah Lulus Sekolah: Kerja, Kuliah atau Buka Usaha - Seringkali kita dihadapkan pada situasi yang membingungkan setelah lulus SMA/SMK/MA apakah mau lanjut kuliah, atau langsung kerja, apa mau buka usaha aja dirumah. Orang tua terkadang tidak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi seperti itu, biasanya orang tua akan memberikan pilihan tersebut langsung kita yang akan memilih.
 
Itulah keputusan pertama yang akan kita ambil sendiri setelah lulus sekolah keputusan yang cukup berat dan akan berdampak besar terhadap kehidupan yang akan datang. Berkaca dari pengalaman pribadi admin semasa sekolah ada banyak sekali teman yang mengambil keputusan yang keliru, seperti setelah lulus sekolah mereka ditawarkan oleh orang tua ingin mobil atau lanjut kuliah.
 

Mereka menjawab hanya ingin kesenangan membeli mobil, setelah beberapa tahun berjalan mereka memutuskan untuk menikah kemudian mobil tersebut digunakan untuk mencari uang sebagai sopir travel. Namun karena minim ilmu dan pengalaman akhirnya gulung tikar. Karena mobil rusak dan tidak ada uang untuk perbaiki dan pemasukan tidak ada akhirnya dijual.
 
Setelah dijuah kita akan kembali ke titik 0, akhirnya melanjutkan usaha orang tua namun karena kondisi ekonomi selalu berubah bisnis orang tua juga mengalami kemunduran akhirnya terjebak dalam situasi yang sulit dan terpuruk. Ada juga teman admin yang melewatkan tawaran pekerjaan karena mereka rasa tawaran tersebut masih kurang akhirnya memutuskan untuk kuliah.
 
Tidak ada yang tau masa depan, setelah lulus kuliah pun malah mendapatkan pekerjaan yang tidak lebih baik dari pekerjaan yang ditawarkan pada waktu lulus sekolah akhirnya mereka menyesal karena menolak pekerjaan tersebut. Ada juga yang memilih bekerja dibandingkan kuliah hanya saja nasib apes menghampirinya karena pekerjaan kontrak dan persyaratan untuk diangkat membutuhkan ijasah kuliah, karena tidak memenuhi syarat akhirnya diberhentikan atau malah pekerjaan stak dan akhirnya menyesal karena tidak kuliah.

Semua pilihan bersifat relatif dan memiliki resiko yang akan diterima menurut admin keputusan tepat yang diambil adalah berdasarkan faktor ekonomi dan latar belakang pendidikan orang tua, setiap pilihan tentu akan memiliki faktor yang mempengaruhinya admin sudah menyusun berdasarkan beberapa faktor untuk menentukan pilihan yang tepat agar tidak menyesal karena salah memilih keputusan setelah lulus sekolah akan menyesal seumur hidup.

Bagi orang tua yang selalu memberi perintah atas keputusan yang akan diambil itu tidak perlu ditanya kita cukup menuruti orang tua semua selesai tapi bagi yang masih bingung setelah lulus sekolah mau kerja, kuliah atau buka usaha untuk lebih jelas seperti berikut :

 
Faktor Memilih Kuliah
 
Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk kuliah, beberapa diantaranya sudah admin bahas dibawah ini, seringkali kita hanya perlu 1 faktor saja yang menutuskan untuk kuliah silahkan untuk dipahami jika terdapat salah satu atau beberapa itu artinya kalian bisa memutuskan untuk kuliah.
  1. Jika kita berasal dari keluarga berpendidikan sudah pasti orang tua akan menyuruh untuk kuliah setelah lulus sekolah meskipun keadaan ekonomi keluarga sulit, orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan pasti memiliki mental kuat untuk menguliahkan anaknya.
  2. Senang belajar dan merasa selama sekolah ilmu yang  didapat masih kurang dan ingin mencoba tantangan baru merupakan faktor penting karena meski tidak memiliki biaya biasanya kita bisa mencari beasiswa seperti KIP, bagi yang memiliki kartu PIP sedangkan yang tidak memiliki bisa membuat surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kades setempat.
  3. Orang tua memiliki uang yang cukup untuk membayar uang kuliah, biaya hidup selama kuliah, uang transportasi, sampai dengan biaya sewa pasti akan kuliah.
  4. Orang tua yang tidak sekolah meski dalam keadaan sulit memiliki keinginan kuat untuk merubah nasib dan keluar dari kemiskinan dipastikan bisa berkuliah, seringkali dikenal dengan modal nekat.
  5. Berada di lingkungan tempat tinggal dan sekeliling yang rata-rata kuliah akan mendorong orang tua untuk menyekolahkan anaknya.
  6. Orang tua melihat contoh sukses seorang yang kuliah berubah drastis dari yang tidak punya apa-apa kini sukses mendorong orang tua untuk menguliahkan anak meski harus menjual aset mereka akan berusaha keras.
  7. Berdiskusi dengan orang tua jika orang tua sudah menyuruh berulang kali untuk kuliah segera setujui artinya mereka mampu secara ekonomi untuk membayar uang kuliah kalian.
  8. Harus menjadi anak yang mengerti dengan keuangan orang tua dan tidak banyak menuntut mudah-mudahan bisa kuliah namun jika tidak ratusan juta uang orang tua akan habis digunakan untuk hal yang bersifat foya-foya karena terkadang orang tua percaya 100% tetapi kita sebagai anak memanfaatkan kepercayaan orang tua.
  9. Orang tua yang memiliki pengalaman banyak hidup baik susah ataupun senang biasanya cenderung mengarahkan anak ke tempat kuliahan.
  10. Orang tua yang memiliki pengetahuan mendalam terkait dengan kuliah bisa menjadi salah satu keputusan untuk kuliah.
  11. Keinginan kuat untuk masuk perguruan tinggi negeri ternama biasanya menjadi faktor untuk kuliah.
  12. Memiliki uang dan materi yang cukup.
  13. Mendapat beasiswa
  14. Mendapatkan masukan dari guru disekolah kemudian orang tua setuju.

Untuk kuliah memang membutuhkan alasan yang kuat karena kuliah akan berlangsung lama, didalam prosesnya tentu akan banyak mengalami kesulitan dan kendala seperti guncangan ekonomi, piliran atau bahkan konflik keluarga. Semua itu membutuhkan mental yang kuat baik dari orang tua atau kita sebagai anak, saran admin sebelum memutuskan kuliah selain menganalisis dari faktor diatas diskusikan dengan orang tua.

 

Faktor Memilih Langsung Kerja

Pada dasarnya semua keputusan yang kita ambil pada akhirnya untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang dapat menjamin kehidupan kita dimasa yang akan datang jika anda mendapatkan tawaran bekerja langsung yang menjanjikan segera terima namun itu yang beruntung beda cerita kita yang kurang beruntung. Keputusan untuk kerja biasanya memiliki faktor, setelah lulus sekolah diantaranya sebagai berikut :

  1. Mendapatkan tawaran pekerjaan dari pihak tertentu yang menjanjikan.
  2. Jika kalian bertanya kepada orang tua tentang apakah saya harus sekolah lagi atau langsung kerja, orang tua langsung menjawab dengan tegas kita disuruh langsung kerja artinya orang tua tidak memiliki banyak uang untuk menyekolahkan kita. Segera putuskan untuk mencari pekerjaan.
  3. Orang tua tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kuliah yang sangat mahal, kita bisa langsung bekerja.
  4. Orang tua memiliki usaha atau pekerjaan sendiri kita diminta untuk meneruskannya.
  5. Langsung kerja setelah lulus sekolah untuk mendapatkan penghasilan setelah itu bisa ditabung untuk mempersiapkan kuliah sambil kerja.
  6. Orang tua banyak tanggungan.
  7. Kita hidup sebagai tulang punggung keluarga mengharuskan kita untuk memilih bekerja langsung.
  8. Mengikuti diklat khusus seperti pengembangan karir tertentu yang biasanya langsung disalurkan untuk bekerja.
  9. Ingin bekerja ke luar negeri 
  10. Perintah orang tua
  11. Malas mikir dan sudah cukup dengan sekolah sampai SMA/SMK/MA karena tidak kuat mikir.
  12. Dapat jodoh cepat biasanya mereka yang nikah muda bahkan setelah lulus sekolah harus segera mencari pekerjaan.
  13. Kondisi keluarga sulit dalam ekonomi
  14. Orang tua tidak mengizinkan untuk kuliah kita harus bekerja
  15. Kebutuhan yang banyak mengharuskan bekerja
  16. Ada tanggungan adik, atau Ibu yang harus diberi nafkah
  17. Tidak ingin kuliah

 

Faktor Memilih Buka Usaha Sendiri

Alternatif usaha biasanya dipilih ketika sudah memutuskan tidak kuliah tetapi belum bekerja semasa sekolah, kebanyakan sebagai pilihan setelah lama tidak bekerja, tetapi jika berhasil maka suksesnya akan melebihi anak-anak kuliahan ataupun bekerja normal sebagai karyawan, sayangnya tidak banyak yang berminat menggeluti bidang usaha karena berbagai alasan faktor utama adalah malu. Berikut alasan seseorang berdasarkan faktor kita memilih usaha ketimbang kuliah atau kerja.

  1. Sebagai alternatif jika tidak kuliah atau sambil kuliah dilakukan karena fleksibel
  2. Sebagai satu-satunya cara mencari penghasilan jika tidak bekerja setelah lulus sekolah.
  3. Tidak ada pilihan lain sementara kebutuhan semakin banyak.
  4. Beberapa orang sudah terbiasa menjalani usaha sendiri semasa sekolah dan ingin fokus melanjutkan usaha tersebut setelah lulus.
  5. Menghasilkan banyak uang jika berhasil.
  6. Dorong untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak
  7. Punya pemikiran kreatif dan inovatif.
  8. Memiliki ketertarikan dalam dunia usaha
  9. Motivasi untuk sukses melalui usaha 
  10. Memiliki banyak penggemar di media sosial
  11. Memiliki penampilan cantik atau ganteng atau jika tidak keduanya seseorang yang bisa menyenangkan banyak orang dengan sikapnya biasanya akan tertarik pada dunia usaha karena memiliki basis penggemar tersembunyi dan potensial.
  12. Meneruskan usaha orang tua, biasanya anak akan diminta orang tua melanjutkan bisnis yang sudah besar dalam usaha.
  13. Memiliki pemikiran bahwa sukses adalah dapat menghasilkan uang yang banyak tidak hanya dari bekerja tetapi dari usaha.
  14. Ingin mendapatkan penghasilan tambahan
  15. Bahkan beberapa karyawan yang sudah bekerja merintis usaha untuk persiapan setelah tidak bekerja lagi.

Kesimpulannya apapun yang dipilih setelah lulus sekolah baik kuliah, kerja atau usaha untuk bisa sukses apapun pilihannya akhinya ingin sukses tujuan kuliah juga sama ingin mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai cita-cita, sedangkan bekerja untuk menghasilkan uang, tidak hanya dari bekerja usaha juga dapat menghasilkan banyak uang.

Apapun yang dipilih endingnya untuk bisa sukses. Sekarang ini tergantung kondisi diri sendiri, dan keluarga seperti apa, tinggal disesuaikan. Tetapi itu hanya teori ada banyak orang yang melawan teori yang bisa jauh lebih sukses. Ini bukan merupakan saran atau ajakan untuk memilih sesuatu tetapi sebagai landasan pertimbangan apabila kalian bingung mau pilih kuliah, kerja atau Usaha setelah lulus. 

Contohnya jika saya salah satu orang yang cenderung mendukung faktor untuk kuliah berarti bisa memilih kuliah begitu juga dengan kerja dan usaha. Semoga bisa menjadi salah saru referensi untuk dapat menentukan pilihan yang tepat.