Pendaftaran PPPK Tenaga Teknis 2024/2025


Pendaftaran PPPK Tenaga Teknis 2024/2025 - PPPK Tenaga Kesehatan merupakan salah satu formasi yang dibuka oleh pemerintah melalui usulan instansi yang kekurangan pewagai (Urgens) diluar dari kebutuhan PPPK utama, seperti PPPK Guru dan Kesehatan. Hampir semua instansi melakukan pengajuan melalui pendataan tenaga pegawai non ASN, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dilingkungan instansi terkait.
 
Guna memenuhi kebutuhan pelayanan publik dari instansi yang ada di daerah, kota, tingkat provinsi, bahkan tingkat pusat. Kebutuhan pewagai tenaga teknis menjadi salah satu perhatian khusus pemerintah karena ada banyak pewagai ASN yang sudah pensiun, untuk mengisi kekosongan melalui PPPK mengingat seleksi CPNS belum dibuka.
 

 
Proses rekrutmen PPPK Tenaga Teknis secara umum memiliki sistem yang sama, hanya saja saat pemilihan seleksi harus memilih katagori Tenaga Teknis. Selain sudah membahas Tenaga Pendidik PPPK dan Tenaga Kesehatan, pada kesempatan kali ini admin juga akan merangkum beberapa informasi terkait seleksi Tenaga Teknis.

Pendaftaran PPPK Tenaga Teknis

Sebelum mendaftar pastikan mempersiapkan beberapa dokumen untuk mengisi data, jangan lupa pelamar wajib membaca pendaftaran PPPK dari masing-masing instansi, jangan sampai pada saat mendaftar salah akan berdampak pada tidak lulus seleksi adminstrasi. Hindari mendaftar sehabis magrib biasanya banyak kendala seperti website ematrai lemot atau situs SSCNASN sudah diakses.

Setelah semua berkas sudah siap langkah selanjutnya mulai mendaftar, bagi yang belum mengetahui prosedunya dapat mengikuti panduan seperti diawah ini.

Buat Akun PPPK Tenaga Teknis

  1. Kunjungi https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Isi data diri seperti NIK, KK, Nama, Alamat, Tempat dan Tanggal Lahir, 
  3. Keamanan Password dan pertanyaan keamanan.
  4. Upload Foto KTP dan Swafoto 
  5. Pendaftaran Mencetak Kartu Pembuatan Akun

Login Isi Biodata

  1. Mengisi biodata lengkap yang belum tervalidasi oleh sistem dukcapil, untuk data lain akan otomatis sejak awal pembuatan akaun.
  2. Memilih jenis seleksi Tenaga Teknis PPPK
  3. Pilih Formasi sesuai pendataan BKN
  4. Upload Dokumen yang sudah dberi e-matrai
  5. Cek resume
  6. Mencetak Kartu Pendaftaran 

Seleksi

  1. Tahap awal seleksi dilakukan adalah seleksi adminstrasi
  2. Bagi yang dinyatakan lulus dapat mencetak kartu ujian
  3. Bagi yang tidak lulus seleksi adminstrasi dapat mengajukan sanggahan.
  4. Setelah proses selesai tinggal ikuti tes.
  5. Seleksi CAT PPPK sesuai dengan jadwal pada kartu ujian
  6. Apabila lulus tes dapat melengkapi pemberkasan
  7. Jika tidak lulus bisa ikut tes pada tahun berikutnya yang akan dibuka.

Sebelum pendaftaran pelamar banyak mengalami kendala teknis terkait dengan data PPPK maupun data diri seperti berikut permasalahan yang muncul :

  1. Lupa Nomor TKH II
  2. Permohonan Perbaikan Data Eks TKH II
  3. Terdata sebagai PNS aktif padahal bukan
  4. NIK dan KK tidak ditemukan
  5. NIK dipakai orang lain
  6. Perguruan tinggi dan program studi tidak ditemukan

 

Apabila masalah seperti yang sudah dijelaskan terjadi silahkan untuk melakukan pelaporan melalui https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/, hanya untuk yang memiliki kendala. Demikan informasi yang bisa admin berikan semoga bermanfaat.