Kisi-Kisi Tryout Latihan Soal SNBT 2024/2025


Kisi-Kisi Tryout Latihan Soal SNBT 2024/2025 - Pendaftaran SNBT mengalami banyak perubahan dari sistem seleksi yang sebelumnya memiliki lembaga sendiri, namun dianggap tidak bisa mengimbangi perubahan kurikulum, dari alasan itu Kemdibud melakukan perubahan dimana SNBT dikelolah langsung oleh BPPP agar dapat menyesuaikan perubahan kurikulum. Diharapkan kedepan siswa/i lebih fokus belajar ujian sekolah bukan fokus pada SNBT, tidak ada lagi materi yang bersifat hafalan.
 
Sistem SNBT akan menerapkan tes TPS Skolastik merupakan tes yang mengukur kemampuan penalaran umum (kognitif), mencakup kemampuan berfikir kritis, bahasa, analisis permasalahan yang kontesktual, artinya tidak akan ada lagi tes yang bersifat hafalan atau materi mata pelajaran seperti sebelumnya tentu akan lebih adil untuk pelajar.
 

 
Sebagai seorang pelajar memang seharusnya tes PTN tidak bersifat hafalan karena disekolah sudah banyak belajar mata pelajaran, dimana konsep hafalan tidak akan banyak membuat kemampuan seseorang berkembang, terlebih kurikulum perguruan tinggi mengadopsi perkembangan kemampuan berfikir bukan hafalan, bersyukurlah pelajar tahun ini yang akan mengikuti SNBT.
 
Secara umum materi yang akan diujikan pada sistem SNBT berkaitan dengan logika penaran matematika, literasi bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan beberapa tambahan soal karateristik pribadi. Konsep soal tersebut membutuhkan analisis mendalam bukan hafalan materi. Berkaitan dengan soal tersebut admin sudah mencari informasi kisi-kisi soal SNBT.

Sebagian besar pelajar dari daerah belum mengenal tes melalui komputer, berdasarkan data pengalaman dilapangan rata-rata pelajar yang tidak lulus SNBT bukan karena tidak memahami materi tetapi belum siap secara mental menghadapi tes SNBT berbasis komputer, bahkan banyak pelajar dari daerah belum bisa mengoprasikan komputer.
 
Perisapan tes yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari jika dihadapkan pada kondisi ketakutan yang berlebihan akan membuat seseorang mengalami gangguan psikologis seperti takut salah atau takun salah pencet membuat tes tidak maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut selain mempelajari materi tes, juga harus latihan mengerjakan soal secara online.
 
Latihan mengertjakan soal secara langsung akan sangat membantu saat menghadapi tes, jika tidak ada uang calon peserta SNBT tidak perlu membayar cukup mencoba beberapa soal yang disediakan secara gratis seperti yang sudah admin berikan. Rutin mengerjakan soal akan sangat membantu saat tes.
 
  1. Skor Latihan Soal 300 - 450 Passing Grade Prodi 25% Kebawah
  2. Skor Latihan Soal 480- 500 Passing Grade Prodi 30%-43%
  3. Skor Latihan Soal 500 - 600 Passing Grade Prodi 45%-59%
  4. Skor Latihan Soal 650 -750 Bebas memih Passing Grade Prodi 25%-90%         
Untuk mengetahui passing grade kelulusan masing-masing program studi dan universitas dapat brosing, perhitungan passing grade dihitung menggunakan rumus kuota penerimaan, dibagi jumlah pendaftar, semakin tinggi peminat salah satu program studi akan semakin tinggi passing grade yang harus dicapai. Selain itu pertimbangan peringkat universitas dan akreditasi juga menjadi pertimbangan dalam penetapan passing grade program studi.                
 
Selain latihan soal langsung, setiap pendaftar SNBT harus mengetahui passing grade setiap jurusan yang dipilih, nantinya bisa disesuaikan hasil latihan soal SNBT yang sudah dicoba untuk memilih jurusan, seperti contoh hasil latihan soal mendapatkan skor 480-500 bisa memilih passing grade program studi 30%-49%.
 
Untuk yang mendapatkan skor 500 lebih - 600 bisa memilih program studi dengan persaingan 50% 60%. Sedangkan untuk nilai diatas 600 - 700 bebas memilih program studi termasuk boleh memilih jurusan kedokteran. Bagi yang hasil latihan soal hanya mendapatkan 300-450 sebaiknya memilih pogram studi 28%-25% kebawah.
 
Jika tidak maka dipastikan tidak akan lulus SNBT, perhitungan sederhana ini banyak yang belum mengetahui dan tidak jarang banyak calon mahasiswa memaksakan diri untuk memilih program studi yang passing grade kelulusan jauh lebih tinggi dari hasil latihan soal. Agar tes yang dilakukan tidak sia-sia sebaiknya harus sadar diri dan menyesuaikan hasil latihan soal baik dari tryout berbayar atau dari gratisan dengan jurusan yang akan dipilih.
 
Kita sudah membahas strategi dalam mengerjakan soal SNBT sekarang kita akan membahas secara lengkap mengenai materia apa saja yang diujikan dan seperti apa bentuk soal dikutip dari situs resmi SNPMB :
 
 
Simulasi Tes SNBT
  • Buka https://framework-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Klik "Buka Contoh Soal"
  • Masukan Nama Lengkap dan Asal Sekolah
  • Pilih Subtes yang ingin dikerjakan pada simulasi hanya saja jika tes asli setiap peserta harus mengerjakan urutan soal yang sudah ditentukan jika sudah selesai baru bisa lanjut ke sesi subtes berikutnya.
  • Setelah waktu selesai maka soal akan menutup secara otomatis.
     
 
Rincian Kisi-Kisi Soal SNBT
 
Literasi Dalam Bahasa Indonesia. 
 
Jumlah soal 30 Soal dengan waktu pengerjaan 45 menit, jangan tertipu dengan panjang soal anda perlu membaca isi dari jawaban dan mencari langsung jawaban yang ada disebelahnya tidak perlu membaca dari awal hingga akhir karena akan menghabiskan waktu. Ciri khas soal memiliki teks panjang dan mengecoh untuk membaca, namun jika diikuti waktu 45 menit tidak akan cukup. Jadi untuk menghemat waktu langsung menjawab pertanyaan dan cari jawaban pada teks.
 
Literasi Dalam Bahasa Inggris. 
 
Jumlah soal 20 soal lebih sedikit dengan lama pengerjaan 30 menit, untuk mengerjakan bahasa inggris setiap peserta harus banyak menghafal kata-kata dalam bahasa inggris semakin banyak hafal kosa kata maka akan semakin mudah untuk menjawab. Namun jika anda salah satu peserta yang memiliki kemampuan kurang bahasa inggris cukup memahami kata ganti orang saja biasanya kata tersebut cukup membantu dalam menganalisis bacaan dan menentukan situasi dan kondisi teks. Selanjutnya seperti biasa baca soal terlebih dahulu usahakan untuk memahami bacaan tersebut baru kerjakan.
 
Pemahaman Bacaan dan Menulis. 
 
Jumlah soal 20 soal waktu pengerjaan 25 menit, kemampuan dalam memahami bacaan sangat diperlukan seperti kalimat yang benar atau memahami bacaan yang sesuai dengan bahasa Indonesia sepetur bacaan dan penulisan. Kendala dalam mengerjakan soal ini biasanya jawaban membingungkan karena kadang hanya beda satu titik atau koma saja. Pastikan teliti dalam menjawab dan periksa berulang setelah menjawab karena seringkali tidak fokus menyebabkan salah jawab.
 
Penalaran Matematika. 
 
Jumlah soal 20 dengan waktu pengerjaan 30 menit, untuk soal matematika sama serti biasa terkait dengan deret angka, aljabar, hitung-hitungan dasar, menyimpulkan bacaan dalam tabel yang disajikan, soal cerita, jangan terjebak dengan soal yang tidak memiliki jawaban, bahkan kita bisa mengerjakan soal matematika tersebut tanpa harus menghitung dengan logika dan mensimulasikannya dalam pikiran karena basis dari soal adalah soal logika.
 
Penalaran Umum. 
 
Jumlah soal 30 dengan waktu pengerjaan 30 menit untuk soal pada penalaran umum cukup komplek jawaban biasanya banya soal yang mengharuskan kita menjawab lebih dari satu pilihan seperti jawaban ya atau tidak, salah atau benar dan lainnya. Pastikan untuk menganalisis sebelum menjawab, hindari untuk tidak menjawab karena poin yang didapat sudah pasti jika menjawab. Untuk penalaran berkaitan dengan deduktif, induktif, dan kuantitatif.
 
Pengetahuan dan pemahaman Umum. 
 
Jumlah soal 20 dengan lama pengerjaan 15 menit jenis soal yang disajikan tidak ada kendala untuk ukuran siswa/i karena jawaban cenderung lebih pendek dan mudah dianalisis hanya saja perhatikan jawaban dengan seksama karena biasanya banyak pertanyaan yang membingungkan jika dibaca dengan tidak teliti.
 
Pengetahuan Kuantitatif.
 
Jumlah soal 15 dengan waktu 20 menit untuk soal satu ini biasanya banyak berkaitan dengan hitungan sederhana logika yang cukup membuat pusing kepala, cara menjawab perlu melihat dari sudut lain jika tidak menemukan jawaban logika berfikir sangat diperlukan.
 

 
Mekanisme Mengerjakan Soal
  • Isian soal bukan hanya pilihan ganda salah satunya isian pilihan ganda cukup memilih salah satu yang paling benar.
  • Terdiri dari jawaban benar salah, mana saja soal yang benar dan yang salah sesuai teks semua jawaban harus diisi untuk mendapatkan poin penuh.
  • Mencocokan kalimat 
  • Menganalisis jawaban
  • Terdapat juga pilihan jawaban yang harus diisi lebih dari satu jawaban.
  • Pada menu atas kanan terdapat informasi soal dan siswa dapat memilih urutan soal yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
  • Kemudian terdapat juga informasi waktu pengerjaan pastikan menyelesaikan soal sebelum waktu habis.
  • Dibagian bawah ada menu navigasi melihat soal sebelumnya atau selanjutnya atau untuk menandai soal yang ragu pada jawaban bisa ceklist.
 
Semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat, demikian informasi yang bisa admin berikan untuk informasi kisi-kisi soal SNBT lainnya akan diupdate secara berkala, pastikan untuk terus update informasi.