Kisi-Kisi Tryout Latihan Soal SNBT 2023/2024

Info Penting CPNS

Kisi-Kisi Tryout Latihan Soal SNBT 2023/2024 - Pendaftaran SNBT mengalami banyak perubahan dari sistem seleksi yang sebelumnya memiliki lembaga sendiri, namun dianggap tidak bisa mengimbangi perubahan kurikulum, dari alasan itu Kemdibud melakukan perubahan dimana SNBT dikelolah langsung oleh BPPP agar dapat menyesuaikan perubahan kurikulum. Diharapkan kedepan siswa/i lebih fokus belajar ujian sekolah bukan fokus pada SNBT, tidak ada lagi materi yang bersifat hafalan.
 
Sistem SNBT akan menerapkan tes TPS Skolastik merupakan tes yang mengukur kemampuan penalaran umum (kognitif), mencakup kemampuan berfikir kritis, bahasa, analisis permasalahan yang kontesktual, artinya tidak akan ada lagi tes yang bersifat hafalan atau materi mata pelajaran seperti sebelumnya tentu akan lebih adil untuk pelajar.
 

 
Sebagai seorang pelajar memang seharunya tes PTN tidak bersifat hafalan karena disekolah sudah banyak belajar mata pelajaran, dimana konsep hafalan tidak akan banyak membuat kemampuan seseorang berkembang, terlebih kurikulum perguruan tinggi mengadopsi perkembangan kemampuan berfikir bukan hafalan, bersyukurlah pelajar tahun ini yang akan mengikuti SNBT.
 
Secara umum materi yang akan diujikan pada sistem SNBT berkaitan dengan logika penaran matematika, literasi bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan beberapa tambahan soal karateristik pribadi. Konsep soal tersebut membutuhkan analisis mendalam bukan hafalan materi. Berkaitan dengan soal tersebut admin sudah mencari informasi kisi-kisi soal SNBT.
 
Isi contoh soal SNBT yaitu, pengetahuan potensi kognitif, penaran matematika, literasi bahasa indonesia, dan yang terakhir literasi bahasa inggris, admin sudah mengumpulkan dari beberapa sumber media online berkaitan bentuk soal yang akan keluar di SNBT tahun ini. Seperti berikut ini.


Sebagian besar pelajar dari daerah belum mengenal tes melalui komputer, berdasarkan data pengalaman dilapangan rata-rata pelajar yang tidak lulus SNBT bukan karena tidak memahami materi tetapi belum siap secara mental menghadapi tes SNBT berbasis komputer, bahkan banyak pelajar dari daerah belum bisa mengoprasikan komputer.
 
Perisapan tes yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari jika dihadapkan pada kondisi ketakutan yang berlebihan akan membuat seseorang mengalami gangguan psikologis seperti takut salah atau takun salah pencet membuat tes tidak maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut selain mempelajari materi tes, juga harus latihan mengerjakan soal secara online.
 
Latihan mengertjakan soal secara langsung akan sangat membantu saat menghadapi tes, jika tidak ada uang calon peserta SNBT tidak perlu membayar cukup mencoba beberapa soal yang disediakan secara gratis seperti yang sudah admin berikan. Rutin mengerjakan soal akan sangat membantu saat tes.
 
  1. Skor Latihan Soal 300 - 450 Passing Grade Prodi 25% Kebawah
  2. Skor Latihan Soal 480- 500 Passing Grade Prodi 30%-43%
  3. Skor Latihan Soal 500 - 600 Passing Grade Prodi 45%-59%
  4. Skor Latihan Soal 650 -750 Bebas memih Passing Grade Prodi 25%-90%         
Untuk mengetahui passing grade kelulusan masing-masing program studi dan universitas dapat brosing, perhitungan passing grade dihitung menggunakan rumus kuota penerimaan, dibagi jumlah pendaftar, semakin tinggi peminat salah satu program studi akan semakin tinggi passing grade yang harus dicapai. Selain itu pertimbangan peringkat universitas dan akreditasi juga menjadi pertimbangan dalam penetapan passing grade program studi.                
 
Selain latihan soal langsung, setiap pendaftar SNBT harus mengetahui passing grade setiap jurusan yang dipilih, nantinya bisa disesuaikan hasil latihan soal SNBT yang sudah dicoba untuk memilih jurusan, seperti contoh hasil latihan soal mendapatkan skor 480-500 bisa memilih passing grade program studi 30%-49%.
 
Untuk yang mendapatkan skor 500 lebih - 600 bisa memilih program studi dengan persaingan 50% 60%. Sedangkan untuk nilai diatas 600 - 700 bebas memilih program studi termasuk boleh memilih jurusan kedokteran. Bagi yang hasil latihan soal hanya mendapatkan 300-450 sebaiknya memilih pogram studi 28%-25% kebawah.
 
Jika tidak maka dipastikan tidak akan lulus SNBT, perhitungan sederhana ini banyak yang belum mengetahui dan tidak jarang banyak calon mahasiswa memaksakan diri untuk memilih program studi yang passing grade kelulusan jauh lebih tinggi dari hasil latihan soal. Agar tes yang dilakukan tidak sia-sia sebaiknya harus sadar diri dan menyesuaikan hasil latihan soal baik dari tryout berbayar atau dari gratisan dengan jurusan yang akan dipilih.
 
Semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat, demikian informasi yang bisa admin berikan untuk informasi kisi-kisi soal SNBT lainnya akan diupdate secara berkala, pastikan untuk terus update informasi.