Pendaftaran PPPK Jawa Timur 2022-2023

Info Penting CPNS

Pendaftaran PPPK Jawa Timur 2022-2023 - Provinsi Jawa Timur masih menjadi salah satu wilayah dengan pendataan PPPK terbanyak, meski antusias pelamar PPPK tidak sebesar pendaftaran CASN, Jatim masuk dalam katagori provinsi instansi dengan julmah Non ASN terbayak berdasarkan data dari BKN. Namun jika dari angka memang masih kecil.
 
Hanya puluhan ribu, tenaga Honorer yang masuk pendataan, diluar dari pendataan yang sudah dilakukan dipastikan tidak bisa melakukan pendaftaran PPPK, awal pendaftaran di mulai dari pemetaan terlebih dahulu, tujuannya sampai dengan batas waktu yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat semua pendataan honorer sudah selesai dilakukan.
 
Apabila yang merasa belum bisa melakukan pendaftaran pada akun Pendataan atau pada pengisian data secara online, harus melakukan pelaporan sebelum batas waktu pemetaan Honorer yang sudah ditentukan. Angka pegawai THK yang hanya ada pada instansi saja, diharapkan dapat masuk pada sistem pusat, untuk memastikan semua masa honorer sudah menenuhi syarat.
 
 

Secara umum pelamar yang akan masuk dalam pendataan secara resmi yang sudah honor 3 tahun dengan ketentuan tersebut honorer baru dipastikan tidak akan bisa mengikuti pendaftaran PPPK, Khusus Jawa Timur terdapat puluhan ribu honorer yang siap untuk mengikuti pendaftaran PPPK, dengan adanya aturan batas waktu honorer maka tidak semua bisa terdata.
 
Untuk yang sudah menjadi THK 2 tahun masih bisa mengikuti pendataan karena batas waktu pendataan akan ditetapkan sampai 1 tahun kedepan, sisanya bagi yang baru honor, maka tidak akan dihitung, apalagi honor hanya sebatas intansi atau devisi tertentu tidak terdata secara resmi di instansi tempat bekerja. Apalagi banyak saat ini oknum tertentu yang memiliki jabatan di satu instansi ramai-ramai masukan honor keluarga dengan tujuan bisa diangkat PPPK tanpa harus honor lama.
 
Hanya saja itu tidak akan mungkin dilakukan karena sistem akan melakukan pendataan sesuai dengan masa kerja mengabdi sebagai THK, maka tidak akan ada lagi pendaftar PPPK siluman, dengan adanya pendataan secara nasional ini maka THK yang sudah lama bekerja akan menjadi prioritas diangkat menjadi Pegawai Tenaga Non ASN PPPK.
 
Sebagai salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terpadat, jumlah THK cukup kecil harapannya kedepan yang sudah tua-tua namun belum berkesempatan lulus PPPK segera diangkat, jika harus bersaing dengan yang muda sudah pasti akan kalah dari segi wawasan, pemerintah akan lebih mendalami pengalamannya.
 
Dengan populasi sebesar 40 juta dengan luas wilayah 47 ribu tentu akan banyak dibutuhkan pegawai seperti PPPK, bahkan Jawa Timur berdasarkan pendataan BKN masuk 5 instansi teratas yang memiliki jumlah pegawai THK setara dengan kemeterian yang memiliki kantor tersebar diseluruh Indonesia, meski hanya berpusat pada provinsi tetapi dari jumlah populasi jiwa Jawa Timur menjadi yang terpadat.

Bagi yang sudah melakukan pendataan atau yang belum berikut admin akan membahas secara rinci terkait dengan proses pendaftaran PPPK Jawa Timur, untuk lebih jelas simak selengkapnya seperti dibawah ini.

Pendataan Tenaga Non ASN

  1. Tujuan pendataan yang dilakukan oleh BKN adalah untuk memastikan semua pelamar PPPK dari THK yang memiliki masa honor 3 tahun.
  2. Agar dapat memprioritaskan pelamar sesuai dengan katagori pelamar prioritas
  3. Memastikan sampai batas waktu yang ditentukan semua honorer seluruhnya terdata dan selesai hingga pada akhirnya bertatus sebagai pegawai PPPK.
  4. Tidak ada pelamar siluman yang bisa melamar PPPK seperti kasus yang terdahulu.
  5. Pendataan dilakukan oleh instansi 
  6. Dilanjutkan yang bersangkutan melakukan pembutan akun dan melalui portal https://pendataan-nonasn.bkn.go.id/.

Pendaftaran PPPK

  1. Pendaftaran PPPK dilaksanakan melalui portal SSCASN
  2. Membuat akun PPPK 
  3. Login 
  4. Mengisi form biodata
  5. Memilih Formasi sesuai dengan Lokasi Honor
  6. Seleksi Adminstrasi akan dilakukan pemda
  7. Sampai pada penetapan kelulusan pelamar dapat melakukan sanggahan
  8. Setelah pengumuman adminstasi dapat mengikuti tes
  9. Tahap tes dapat diikuti maksimal 3 kali dari mulai tahap 1 hingga 3.
  10. Bagi yang sudah dinyatakan lulus passing grade dapat langsung melengkapi berkas.

 

Itulah beberapa ketentuan yang harus dipersiapkan oleh para honorer yang sedang bersiap mendaftar PPPK semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk terus update terkait dengan pelaksanaan PPPK di instansi provinsi Jawa Timur.