Pendaftaran & Pengumuman PPG Prajabatan Beasiswa 2022-2023 ppg-prajab.simpkb.id

Info Penting CPNS

Pendaftaran & Pengumuman PPG Prajabatan Beasiswa 2022-2023 ppg-prajab.simpkb.id - Pemerintah melalui PPG Prajabatan membuka sertifikasi dengan skema beasiswa untuk mengisi kekurangan dari P3K saat ini, tetapi masih banyak yang salah paham mengenai PPG Prajabatan dan masih sedikit yang mengikuti karena alasan salah paham, seperti contoh salah satu sarjana guru yang tidak mengajar saat diberikan informasi mengenai PPG Prajabatan mereka mengatakan bahwa bukan honorer.

Padahal saat ini pemerintah sudah mengelompokan katagori prajabatan menjadi dua, pada kesempatan kali ini admin akan membahas satu persatu mengenai dua jenis PPG tersebut jangan sampai gagal paham pastikan membaca sampai akhir agar tidak salah dalam memahami informasi saat ini pemerintah mempersiapkan 2 PPG untuk guru diantanya.

 

PPG Dalam Jabatan

Khusus untuk PPG Dalam Jabatan diperuntuhkan untuk guru PNS, Guru Yayasan, Guru Honorer yang sudah terdaftar dalam dapodik, dengan kata lain siapa saja yang mendaftar harus menjadi guru terlebih dahulu baru bisa daftar. Mereka yang tidak masuk dalam data dapodik tidak akan bisa mengikuti PPG ini, mekanismenya menunggu panggilan untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan.


PPG Prajabatan

Baru-baru ini pemerintah membuka PPG Prajabatan dengan skema beasiswa dimana biaya kuliah 2 semester akan ditanggung oleh pemerintah, diperuntukan untuk calon guru atau sarjana pendidikan baru lulus, atau mereka lulusan sarjana pendidikan yang belum mengajar karena gaji honor kecil bisa ikut mendaftar dengan batas maksimal usia 32 tahun. 

Siapapun yang belum terdaftar di dapodik atau belum mengajar namun ingin menjadi guru bisa ikut PPG Prajabatan, jadi bagi sarjana guru yang tidak mengajar bisa ikut PPG Prajabatan ini, jangan ada lagi alasan karena belum honor jadi tidak bisa ikut PPG Prajabatan ya, justru PPG Prajabatan hanya untuk yang belum menjadi guru. Untuk lebih jelas berikut admin berikan syarat sebagai berikut :

 

Persyaratan PPG Prajabatan

  1. Nama belum pernah terdaftar di dapodik sekolah manapun.
  2. Lulusan sarjana pendidikan baru atau yang sudah lama bisa mendaftar.
  3. Batas maksimal usia 32 tahun.
  4. Bagi lulusan sarjana pendidikan yang sudah mengikuti CPNS namun tidak kunjung lulus bisa ikut PPG Prajabatan.
  5. Ada banyak lulusan sarjana pendidikan yang bekerja bukan sebagai guru dengan alasan gaji guru honor kecil, ini kesempatan untuk menjadi seorang guru melalui PPG Prajabatan.
  6. Lulusan diluar sarjana pendidikan bisa mendaftar seperti sarjana sosisologi umum atau geografi umum bisa mengikuti PPG Prajabatan.

 

Keuntungan PPG Prajabatan

  1. Persaingan untuk lulus jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan tes CPNS.
  2. Materi soal tes langsung fokus pada program studi sesuai bidang masing-masing.
  3. Biaya kuliah 2 semester ditanggung pemerintah melalui skema beasiswa.
  4. Dibuka lebih dari satu kali dalam satu tahun, jadi bagi yang tidak lulus gelombang awal bisa langsung daftar lagi gelombang berikutnya.
  5. Batas usia pendaftaran panjang, dan boleh sudah bekeluarga tidak ada masalah.
  6. Langsung akan ditempatkan setelah lulus akan berstatus PPPK.
  7. Untuk yang penempatannya tidak sesuai karena PPPK skema penempatan kontrak jadi bisa jalani 1 tahun dan ditahun berikutnya bisa mencari lokasi PPPK yang sesuai dengan keinginan.
  8. Apabila tes CPNS, jika ada sertfikat pendidik PPG tidak perlu ikut tes SKB nilai langsung 100.
  9. Pemiliki sertifikat pendidikan jauh lebih besar memiliki peluang untuk lulus CPNS dibandingkan yang tidak memiliki sertifikat karena cukup lulus passing grade SKD dipastikan lulus.

 

Kekurangan PPG Prajabatan

  1. Penetapan lokasi tempat PPG LPTK sepenuhnya wewenang panitia tidak menutup kemungkinan akan lulus jauh dari domisili tempat tinggal.
  2. Biaya selama kuliah seperti biaya tempat tinggal dan biaya makan tidak ditanggung oleh pemerintah.
  3. Biaya transportasi ditanggung sendiri.
  4. Besar kemungkinan jika penempatan LPTK tidak sesuai dengan pilihan akan tidak diambil oleh peserta dengan alasan biaya.
  5. Berat bagi yang anaknya sudah sekolah untuk PPG Prajabatan diluar provinsi karena alasan biaya lain.

Sarjana Pendidikan diseluruh Indonesia terutama yang belum mengajar selama ini karena alasan jika honor kecil, ini kesempatan besar anda bisa menjadi guru sebab biaya PPG Prajabatan beasiswa dan setelah lulus akan otomatis bertatus PPPK, ayo jadi guru pasti kalian sudah rindu lama untuk mengajar terutama untuk usia yang sudah 30 tahun keatas kesempatan besar untuk mengikuti PPG Prjaabatan.

Untuk proses pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website ppg-prajab.simpkb.id/ atau ppg.kemdikbud.go.id/ klik menu Daftar untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

Peserta PPG Prajabatan cukup mendaftar menggunakan email saja tidak perlu ada nomor GTK atau UKG, kemudian daftar, pastikan untuk membuat akun dengan masukan "Email" dan "Password" kemudian isi data lainnya lengkap sesuai NIK, lakukan verifikasi ke email yang sudah terdaftar. Setelah akun selesai dibuat tinggal login ke ppg-prajab.simpkb.id/ atau ppg.kemdikbud.go.id/ klik menu Login.

 

Biodata Diri

Isi semua data diri yang ada diatas berkaitan dengan identitas sesuai tanda pengenal, pastikan mengisi data lengkap beserta data pendidikan masing-masing sesuai denga program studi dan bidang PPG, harap diperhatikan saat mengisi data pastikan mengisi semua pengalaman atau pelatihan dan lainnya yang berkaitan langsung dengan proses mengajar baik pengalaman mengajar sukarela atau pelatihan. Tidak perlu masukan data yang tidak ada kaitan dengan mengajar atau mendidik. Jangan lupa upload bukti, hanya menulis pengalaman yang memiliki bukti saja. Isi hingga semua ceklist hijau semua.

  • Informasi Umum 
  • Biodata Kemahasiswaan 
  • Bidang PPG 
  • Pengalaman Mengikuti Pelatihan 
  • Pengalaman Berorganisasi 
  • Pengalaman Menjadi Sukarelawan 
  • Pengalaman Melatih/Mengembangkan Orang Lain 
  • Hobi 
  • Nomor Kontak Darurat 
  • Dokumen Penting

 

Pengisian Esai



Pengisian esai harus sesuai dengan yang ditanyakan, isi sesuai dengan kontes yang ditanyakan saja, terdapat 7 esai dengan masing-masing 3 yang harus dilengkapi total 21 esai dengan masing-masing panjang 150 kata hingga 500 kata, setiap pendaftar harus mengisi batas minimal esai baru kemudian kirim.

 



Untuk esai tenang saja tidak perlu pusing cukup menceritakan apa yang pernah dialami atau tujuan kedepan menjadi guru, atau pengalaman baik dari keluarga, lingkungan masyarakat, atau pengalaman kuliah yang membuat kita ingin menjadi guru. Esai ini digunakan panitia untuk bahan pendalaman saat wawancara dan harus diisi dan selesai sebelum pendaftaran ditutup. 

 

Seleksi Adminstrasi Tahap 1 


 

Setelah proses pengisian biodata dan pengisian esai selesai setiap pendaftaran PPG Prajabatan tinggal menunggu seleksi adminstrasi, asalkan semua biodata lengkap dan esai diisi sesuai format dipastikan lulus, jangan lupa untuk siapkan pasfoto sesuai format. Cek kembali data yang diisi jangan lupa kirim berkas apabila sudah ada tanda ceklist.

 

Pembayaran


Setelah pengumuman seleksi adminstrasi sudah dinyatakan lulus maka tahap selanjutnya menunggu menu pembayaran, untuk pembarayan bisa melalui Bank Mandiri atau bank BUMN lainnya dapat dilihat pada menu pembayaran. Setelah melakukan pembayaran jangan lupa untuk upload bukti pembayaran, nantinya akan muncul menu upload sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh panitian PPG Prajabatan.

 

Undah Kartu Tes Subtantif


 

Setelah berhasil melakukan pembayaran, langkah selanjutnya tinggal tunggu menu undah kartu peserta, nantinya akan muncul rincian lokasi tes sesuai dengan pilihan saat mendaftar, download dan ikut tes sesuai jadwal yang sudah ditentukan, catatan penting untuk peserta yang mengikuti tes diharapkan hadir 60 menit sebelum pelaksanaan tes berlangsung karena akan ada mekanisme menunggu pada ruangan khusus sebelum masuk tempat tes.

Bagi yang merasa dirugikan seperti sudah mendaftar namun sistem tidak memverifikasi pendaftaran anda atau gagal saat membayar namun saldo terpotong dapat melakukan pengembalian dana, nantinya menu akan muncul, harap gunakan untuk yang bermasalah saja sementara untuk yang berhasil tidak perlu.

 

Tes Subtantif Tahap 2

Bagi yang ingin mengikuti tes subtantif harap diingat materi yang ujian berbeda dengan materi SKD karena Tes Subtantif sama seperti tes SKB yaitu tes yang berkaitan dengan program studi saat kuliah mulai dari defiinisi, dan bidang studi masing-masing, terdiri dari 70 Soal bidang studi 90 menit awal setelah selesai baru sesi berikutnya yaitu soal literasi 15 soal selama 30 menit, dan numerasi 15 soal waktu 30 menit. Bagi soal yang tidak memiliki jawaban silahkan menggunakan logika untuk menjawab.

Tidak perlu belajar tentang soal SKD karena berbeda soal tes PPG Pjabatan terkait menjadi seorang guru sesuai dengan jurusan/program studi anda masing-masing, soal yang diujikan mudah tetapi seringkali membingungkan karena ada banyak kesamaan dari masing-masing soal, bahkan beberapa soal mengizinkan untuk memilih lebih dari 1 jawaban.


Pengumuman Tes Subtantif Tahap 2

Untuk yang sudah mengikuti tes silahkan cek pengumuman sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh panitia melalui link https://ppg.kemdikbud.go.id/ dapat login maupun mendonwload pdf yang sudah diumumkan atau bisa langsung ke https://ppg-prajab.simpkb.id selain itu setiap peserta dapat menunggu pengumuman melalui instagram PPG Kemdibud https://www.instagram.com/ppgkemendikbud/

 

Tes Wawancara Tahap 3

Setelah lulus tes tahap 2 maka peserta akan melanjutkan proses wawancara dengan bahan pedalaman melalui esai yang telah diisi, nantinya panitia akan menggunakan esai yang telah diisi sebagai bahan untuk menggali lebih dalam diri anda, harapannya apa yang kita sampaikan tidak jauh berbeda dari esai yang kita buat, tidak perlu menghafal esai yang telah diisi cukup menceritakan apa yang menurut kita yakini terkait alasan kita ingin menjadi seorang guru.

Kompirmasi Kesediaan Mahasiswa PPG Prajabatan 

Setiap peserta yang dinyatakan lulus PPG Prajabatan harus melakukan kompirmasi kesediaan mengikuti PPG Prajabatan melalui link ppg.kemdikbud.go.id/ dan melengkapi dokumen terkait dengan lapor diri seperti :

  1. Fakta Integritas sesuai format SIMPKB
  2. Biodata Mahasiswa Sesuai format PD Dikti
  3. Scan Ijasah S1
  4. Scan Transkrip Nilai S1
  5. Scan KTP/SIM
  6. Pasfoto 4x6
  7. SKCK dari kepolisian setempat.
  8. Surat keterangan sehat dari puskesmas, atau rumah sakit pemerintah atau klinik Kampus LPTK.
  9. Surat bebas NAPZA 
  10. Scan NPWP
  11. Ditambah Syarat dari LPTK masing-masing

 

Demikian informasi PPG Prajabatan semoga bermanfaat, bagi yang ingin mendaftar silahkan ikuti tatacara berikut ini sudah lengkap dari mulai pendaftaran hingga lulus LPTK masing-masing.