Kapan Biaya Hidup KIP Kuliah Mahasiswa Baru Cair ?

Info Penting CPNS

Kapan Biaya Hidup KIP Kuliah Mahasiswa Baru Cair ? Setelah resmi menjadi mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi melalui pembiayaan beasiswa KIP Kuliah dan sudah mulai kuliah namun satu minggu pertama hingga bulan pertama perkuliahan penetapan biaya kuliah belum kunjung cair. Pertanyaan itulah yang muncul setiap mahasiswa baru.
 
Rutinitas cek akun KIP Kuliah menjadi hal biasa bolak balik login hampir setiap minggu juga belum ada tanda-tanda pencairan, sementara biaya kuliah sudah mulai berjalan dari mulai harus membeli kuota untuk belajar, mencari tempat tinggal selama kuliah seperti kost atau penginapan semua hal tersebut membutuhkan biaya.
 

 
Untuk mahasiswa baru yang dapat KIP Kuliah dan di dukung oleh keluarga masih enak karena tempat tinggal dan biaya makan bisa ikut keluarga sampai KIP Kuliah cair. Beda cerita bagi mahasiswa baru yang diterima melalui beasiswa KIP Kuliah yag tidak memiliki keluarga akan sangat terasa dimana harus lebih dulu menggunakan uang sendiri untuk biaya hidup dan tempat tinggal sampai biaya hidup KIP Kuliah cair.
 
Cara yang paling mudah untuk mengetahui perkiraan pencarian KIP Kuliah adalah bertanya ke kakak tingkat, menurut informasi yang sudah diberikan kakak tingkat setiap kampus memiliki waktu pencarian yang berbeda, rata-rata sekitar 2-3 bulan setelah perkuliahan dilaksanakan, baru akan diminta untuk mempersiapkan diri seperti pengumpulan dokumen untuk pembuatan rekening KIP Kuliah.
 
Beberapa perguruan tinggi juga pencairannya lebih lambat mulai dari 4-6 bulan, selama belum ada pencairan mahasiswa penerima KIP Kuliah harus bertahan hidup dan mencari tempat tinggal dengan menggunakan uang sendiri, bahkan bagi yang tidak memiliki biaya harus siap mencari pinjaman untuk biaya hidup sampai uang KIP Kuliah cair.
 
Kemdikbud sudah menetapkan pencairan biaya hidup KIP Kuliah diawal tahun perkuliahan dengan ketentuan setiap perguruan tinggi harus melakukan pembinaan bagi penerima KIP Kuliah agar mendapatkan IPK yang sesuai dengan target agar tidak ada yang putus kuliah, idealnya mahasiswa baru mendapatkan IPK diatas 3.00.
 
 
Prosedur Penetapan KIP Kuliah Mahasiswa Baru 

Untuk lebih jelas berikut prosedur penetapan KIP Kuliah Untuk Mahasiswa Baru, untuk lebih jelas seperti berikut ini, dikutip dari surat edaran Kemdikbud :

  1. Penetapan Pencairan Biaya Kuliah ditetapkan masing-masing Wilayah Perguruan Tinggi.
  2. Perguruan tinggi menetapkan SK mahasiswa yang mendapatkan KIP Kuliah akan di bagikan ke yang bersangkutan oleh masing-masing program studi.
  3. Mengisi Surat Pernyataan tanggung jawab mutlak format yang diberikan perguruan tinggi.
  4. Mengisi surat permohonan pembuatan rekening himbaran setiap kampus akan diberikan informasi harus membuat rekening apa dan cabang kas kampus yang mana.
  5. Jenis rekening yang dibuat Flaxi non payroll.
  6. Setelah rekening selesai dibuat akan diserahkan ke perguruan tinggi
  7. foto copy identitas dan foto copy rekening koran yang sudah dibuat
  8. Mahasiswa KIP Kuliah yang sudah melengkapi berkas yang diintruksikan oleh perguruan tinggi tinggal menunggu jadwal pencairan yang akan masuk langsung ke rekening yang sudah dibuat.
  9. Jika dibutuhkan akan semua rekening akan dibagikan oleh perguruan tinggi langsung apabila pencarian biaya hidup KIP Kuliah sudah cair.
  10. Semua dokumen yang ditetapkan dikumpulkan paling lambat bulan September.
 
Selanjutnya pencairan dapat dilakukan melalui bank atau bangking, tanggal penetapan pencairan biaya hidup dapat dicek melelalui akun KIP Kuliah masing-masing setelah melengkapi semua berkas dan diserahkan ke perguruan tinggi.
 
Bagi yang bingung tidak perlu takut ketinggalan informasi karena setiap perguruan tinggi akan mengumumkan jika harus melengkapi berkas untuk pencairan KIP Kuliah melalui program studi masing-masing.
 
 
Cara Cek Tanggal Penetapan KIP Kuliah
  1. Buka link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login
  2. Login masukan nomor KIP dan password/kode akses.
  3. Pada bagian paling kiri akan tertera penetapan, informasi rekening, dan tanggal pencairian setelah tanggal tersebut setiap mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah dapat menarik uang melalui rekening yang sudah diberikan oleh perguruan tinggi.
  4. Setelah pencairan bagi perguruan tinggi yang memiliki asrama bisa langsung mendaftar pemondokan.
  5. Jika tidak ada asrama dari kampus dapat menggunakan uang tersebut untuk membayar kost atau kontrakan, sisa uang tersebut dapat digunakan untuk biaya hidup selama kuliah.
  6. Pencairan semester selanjutnya akan otomatis tanggal yang ada di akun KIP Kuliah masing-masing.
  7. Sampai batas penetapan pencairan KIP Kuliah setiap mahasiswa tidak boleh membatalkan status seleksi pada akun karena akan menyebabkan pembatalan KIP Kuliah.

Demikian informasi yang bisa admin berikan, untuk informasi lebih jelas akan langsung disampaikan oleh masing-masing perguruan tinggi, jadi bagi mahasiswa baru tidak perlu bingung karena estimasi tanggal pencairan sesuai yang sudah admin infokan.

Sebelum pencairan mahasiswa penerima KIP Kuliah, untuk sementara waktu bisa tinggal dengan keluarga yang paling dekat dengan lokasi kampus, atau bagi yang terjangkau jarak bisa pulang pergi. Demikian semoga bermanfaat.