Pekerjaan Guru Paling Banyak Dibutuhkan Dengan Bayaran Gaji Tinggi


Pekerjaan Guru Paling Banyak Dibutuhkan Dengan Bayaran Gaji Tinggi - Beberapa hari yang lalu saya sempat dikontak oleh para pencari kerja untuk ditawari mengajar disalah satu sekolah swasta ternama yang ada disalah satu kota, untuk negosisasi gaji yang ditawarkan katagori guru tergolong sangat tinggi sekitar 4-6 juta bahkan ada yang menawari gaji 12 juta sampai 15 juta untuk karyawan baru dengan durasi kontrak yang cukup panjang, dengan fasilitas sangat lengkap semua kebutuhan saya difasilitasi oleh sekolah.
 
Mulai dari makan siang, tempat tinggal, bonus gaji, BPJS ketenagakerjaan, anak bisa sekolah disana dengan gratis, setiap tahun akan diberikan kenaikan gaji yang konsisten, ada tambahan uang mengajar jika mengajar dihari sabtu dan jam belajar malam.
 

Hampir seluruh sekolah yang ada di Indonesia masih tidak memiliki guru komputer yang memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan oleh peserta didik, seperti web desain, coding education, web developmen, SEO/SEM, Cyber Security bahkan anak-anak jurusan komputer belum tentu menguasai semua keahlian tersebut.
 
Sekolah mulai mencari guru biasa dengan kemampuan komputer untuk mengajar mata pelajaran tersebut, sulit bagi sekolah untuk mendapatkan kriteria guru tersebut karena dunia komputer tidak bisa melalui orang dalam jadi posisi guru komputer selalu kosong karena tidak ada yang mampu mengisi. Ini bisa menjadi peluang yang sangat besar bagi para sarjana guru untuk belajar keahlian komputer sehingga dapat melamar sebagai guru komputer dengan bayaran yang sangat tinggi. 

Untuk sekolah SMK guru komputer yang dimiliki lebih kepada teknik komputer jaringan perangkat keras bukan hal software enginer, kedepan kompetensi dibidang komputer dan IT semakin dibutuhkan dunia kerja, mau tidak mau sekolah harus mencari sumber daya manusia yang mampu mengajarkan kemampuan tersebut.
 
Total gaji yang akan terima sangat besar belum lagi ditambah dengan sebagai tim kreatif yang ada di sekolah semua fasilitas tersebut akan didapat jika saya mengetujui tawaran menjadi seorang guru komputer yang ada di sekolah tersebut. Mereka tidak peduli lulusan apa yang terpenting dapat memenuhi semua persyaratan yang sudah ditentukan seperti :

 

Persyaratan 

Memiliki Ijasah Sarjana Pendidikan, S.Pd

Tidak peduli program studi apa yang terpenting sarjana pendidikan itulah yang dicari para sekolah saat ini, mereka tidak menginginkan orang-orang yang hanya lulusan komputer namun tidak memiliki ilmu pedagogik.

 

Dapat Mengajar Materi Web Desain

Salah satu skill yang harus dikuasai adalah desain web dimana mahir dalam mendesain UI/IX sesaui dengan kebutuhan belajar pada satuan pendidikan tertentu seperti tingkat SMP atau SMA, dan memahami betul bagaimana medesain sebuah website. Meski website saat ini sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke mobile app namun sistem basis data tetap sama hanya melakukan transisis saja.

 

Memiliki Kemampuan Web Develompent

Membangun web dari 0 hingga dapat menghasilkan desain yang dapat dijual atau memiliki nilai SEO/SEM menjadi sangat dibutuhkan setiap sekolah mulai menyusun projek untuk dapat dikerjakan dengan harapan setelah lulus dapat memiliki keterampilan tersebut, untuk mewujudkannya dibutuhkan seorang guru yang memiliki kemampuan web develempent tersebut.

 

Mampu Menguasai Bahasa Pemograman Coding

Bahasa pemograman sederhana seperti C++, Pyton, HTML, PHP dan lainnya harus dikuasai baik tingkat dasar atau pemula sehingga nanti dapat diajarkan kepada siswa bagaimana cara membangun projek berdasarkan bahasa pemograman yang telah disusun sekolah.

 

Memiliki Kemampuan SEO/SEM Digital Marketing

Tanpa kemapuan digital marketing web hanya dapat dijual dari segi desainnya sedangkan lainnya hampir tidak memiliki nilai berarti, beda cerita jika memiliki kemampuan SEO/SEM web yang biasa akan menjadi sangat bernilai termasuk pemasaran dimedia sosial atau lainnya saat ini keterampilan untuk mengajar SEO/SEM dibutuhkan oleh sekolah, dengan begitu sekolah akan mencari guru yang menguasai bidang tersebut.

 

Memiliki Kemampuan Cyber Security

Kemapuan Cyber Security menjadi sangat penting untuk dimiliki pasing minimal mengetahui secara dasar atau tersertifikasi khusus sebagai cyber security baik tingkat nasional maupun internasional menjadi penting karena untuk mengukur standarisasi kemanan dari apa yang telah di desain atau dibuat seseorang tanpa kemampuan dasar cyber security apa yang kita buat tidak akan dapat digunakan dengan aman.

Saat ini sekolah unggulan swasta atau startup bidang pendidkan sedang gencar mencari guru dengan keahlian seperti diatas, hanya saja mereka tidak tertarik untuk memperkerjakan lulusan komputer karena mampu secara skill namun belum tentu bisa menyampaikan dan mengajar dengan baik. Ada banyak guru diluar sana yang memiliki kemampuan tersebut namun jika seseorang mahir disalah satu bidang tersebut maka sudah dipastikan dia tidak akan mau lagi menjadi seorang guru.

Kerena dapat menghasilkan yang lebih banyak uang di dunia internet dan anak-anak yang mahir bidang IT seperti seorang seniman mereka tidak mau diatur dan terkurung dengan pekerjaan yang kaku dan sudah terjadwal. Namun bagi seorang guru biasa apabila ingin memiliki nilai tambah harus belajar salah satu kemampuan tersebut.

Jika tidak percaya silahkan melamar dan masukan kehalian yang anda miliki tidak hanya sekolah startup edutach seperti mengajar online, kursus online dan lainnya membutuhkan guru komputer yang memiliki kemampuan khusus bidang tersebut.