Bantuan Keuangan Coursera Kuliah Full Online Gratis Dapat Gelar


Bantuan Keuangan Coursera Kuliah Full Online Gratis Dapat Gelar  - Beberapa hari yang lalu saya coba untuk cari sertifikat karena saat melamar di salah satu perusahaan saya diminta untuk melampirkan bukti tertulis keahlian, meski sudah bekerja selama 13 di bidang IT namun tetap ditanya bukti tertulis bisa berupa sertifikat atau ijasah maupun sertifikasi profesional non gelar.

Awalnya mau ikuti pelatihan di program prakerja namun tidak kunjung di acc, sedangkan mau ikut kursus di tidak punya biaya, saya mencoba browsing mencari tempat kursus yang bisa memberikan sertifikat gratis namun setelah lama dicari ternyata sulit, untuk kursus online berbahasa Indonesia biaya tetap sama.

Akhirnya ketemu disalah satu platform kursus online bernama Coursera, rata-rata setiap kursus yang ditawarkan dari mulai 500 rb - 1.3 juta banyak yang bertanya apakah kursus tersebut akan berguna untuk dunia kerja atau malah ngak kepake setelah mendapatkan kursusu.

Setelah melakukan beberapa kali riset ternyata fokus utama dari Coursera adalah untuk memberikan kursus yang tidak hanya berfokus pada sertifikat tetapi lebih menekankan menambah kemampuan dan pengetahuan. Hanya berat rasanya untuk membayar sekitar 700 rb sekali kursus dimana sertifikatnya belum tentu berguna.

Akhirnya saya memutuskan untuk ambil salah satu kursus yang sesuai dengan latar belakang pendidikan S1 saya yaitu Sport dan ahli gizi dimana kita harus membaya salah satu kursus tersebut menggunakan kartu debit atau kartu kredit, tetapi sebelum membeli saya melihat pada bagian kursus terlihat ada tulisan Bantuan Keuangan Tersedia.


Pada menu tersebut saya coba untuk mengkilik ternyata bisa dan langsung diarahkan untuk menulis sekitar 100 kata - 500 kata alasan mengajukan bantuan kursus, di dalam alasan tersebut saya tulis bahwa saya mau ikut kursus ini karena saat melamar kerja di tanya sertifikat sebagai bukti skill yang dimiliki namun untuk mengikuti kursus tidak memiliki biaya.


Nantinya kita akan diminta menceritakan tentang diri anda, mengenai jenjang pendidikan tertinggi berapa penghasilan tahunan apabila tidak bekerja silahkan isi 0 atau 100 rupiah, status pekerjaan, alasan mengajukan bantuan finasial kepada cousera, selanjutnya uraikan bagaimana sertifikat tersebut nantinya berguna untuk tujuan anda.

Setiap orang bisa menulis secara rinci apa tujuan dari penggunaan sertifikat, mungkin untuk melengkapi portopolio atau sebagai bukti skill yang dimiliki untuk melamar pekerjaan misalnya, nantinya ada tanggal kapan permohonan anda disetujui atau tidak disetujui, selain itu anda juga bisa langsung memulai secara gratis sebelum pengajuan disetujui namun tidak memiliki akses untuk mengerjakan kuis atau penilaian akhir hanya materi saja.


Apabila disetujui maka akan ada keterangan seperti pada gambar namun jika masih dalam proses akan seperti yang diatas pada gambar, namun setelah mencoba dua kursus, masih kurang karena ternyata kursus yang ada di coursera rata-rata memiliki seri lebih dari satu artinya untuk mendapatkan pengetahuan mengenai sertifikat tersebut harus mengikuti rangkaian kursus lanjutan.

Ada yang hanya 4 seri bahkan ada yang sampai 10 seri kursus, menjadi percuma jika hanya mendapatkan sertifikat awal saja. Akhirnya saya baca-baca di sertifikat yang sudah saya miliki, terdapat tulisan sertifikat ini merupakan sertifikat non kredit. Dengan polosnya saya mencari tau apa itu sertifikat kredit.

Ternyata di AS setiap orang bisa mengambil mata kuliah berupa kursus online maupun offline untuk persiapan kuliah dimana nantinya digunakan untuk kredit sks seperti yang ada di Indonesia dan berkontribusi untuk mengambil gelar penuh di universitas ternama yang ada di dunia melalui online coursera.

Dua kursus awal yang sudah diambi menjadi ngak berguna, untuk yang mau mengajukan bantuan silahkan cari kursus yang memiliki kredit untuk mendapatkan gelar, dimana coursera memiliki dua katagori gelar pertama gelar online dan gelar biasa namun kuliah melalui online, untuk sertifikat kredit tersebut tidak ada batas waktu kadaluarsa.

Artinya apabila kita sudah mendapatkan sertifikat kredit dapat digunakan untuk kredit baik sarjana maupun master yang ada di coursera. Jadi agar sertifikat coursera berguna cari yang memiliki katagori sertifikat kredit bisa dilihat pada bagian kanan dimana ketersediaan associated with degree dimana bisa untuk kredit mengambil gelar.

Karena biaya yang ditawarkan cukup mahal dan memiliki rangkaian seri sebaiknya ajukan satu persatu kursus kredit perguruan tinggi, tidak menutup kemungkinan nantinya bisa digunakan mendapatkan gelar di Coursera, selain itu bisa mendapatkan bantuan finansial gratis untuk mendapatkan angka kredit sertifikat gelar.

Bagaimana apakah mau coba, bagi yang berminat silahkan kunjungi coursera buat akun, kemudian cari pada katagori pencarian sertifikat, pilih perguruan tinggi yang menawarkan kursus atau perusahaan besar yang membuka kursus kredit bisa dibaca rinci seperti google, IMB, dan lainnya. Untuk kampus ada Universitas Michigan, Universitas London dan lainnya baru kemudian ikuti kursusnya dan ajukan bantuan keuangan agar bisa mendapatkan sertifikat kredit secara gratis.

Untuk sertifikat biasa rasanya yang bukan sertifikat kredit tidak terlalu direkomendasikan karena hanya sebatas sertifikat, beda cerita jika kursus yang memiliki nilai kredit untuk melanjutkan jenjang gelar baik sarjana atau master. Selamat mencoba.