Pengalaman Daftar KIP Kuliah Dari Awal Hingga Lolos

Info Penting CPNS

Pengalaman Daftar KIP Kuliah Dari Awal Hingga Lolos - Tahun ini menjadi tahun yang cukup sibuk bagi saya karena sejak awal pendaftaran SNMPTN dilaksanakan sudah sibuk mengurusi salah satu keponakan yang ingin kuliah namun tidak memiliki biaya. Saya melihat si keponakan memiliki potensi yang cukup baik dalam akademik belajar.

Diawal pertengahan tahun saya berinisiatif untuk menanyakan apakah kepada yang bersangkutan apakah memiliki kartu KIP yang di dapat dari sekolah, kebetulan memang ada, dari awal pendaftaran SNMPTN saya sudah mengarahkan untuk ikut seleksi, meski sistem SNMPTN mengharuskan siswa mendaftar melalui sekolah hal itu tidak menuyurutkan semangat untuk mendaftar.


Tidak hanya kartu KIP saja tetapi bagi orang tua yang memiliki kartu KKS, PKH, Kartu Sumbako dari pemerintah pusat bisa mendaftar. Seaindanya tidak memiliki semua kartu tersebut, siswa/i masih tetap bisa mendaftar dengan membuat surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kades.

Jadi bagi yang tidak punya biaya tidak ada alasan untuk tidak mendaftar KIP Kuliah karena persyaratannya yang dimudahkan oleh pemerintah,  Setelah memiliki syarat sebaiknya mengikuti tahapan pendaftaran KIP Kuliah untuk rincian pendaftaran seperti berikut ini :

  1. Buka https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru 
  2. Isi NIK, NISN, NPSN, EMAIL.
  3. Klik proses selanjutnya
  4. Isi identitas diri seperti Biodata, Keluarga, Prestasi, Rencana, Seleksi yang diikuti.
  5. Setiap pengisian identitas disertai dengan upload berkas, KTP, KIP, KKS, Kartu PKH, Kartu Sumbako, atau surat keterangan tidak mampu pilih salah satu saja mana yang dimiliki.
  6. Upload foto diri, foto bersama keluarga, foto tempat tinggal seperti bagian depan, ruang tamu, dapur rumah.
  7. Upload bukti prestasi silahkan pilih satu maksimal 3 prestasi tertinggi, apabila ada hanya satu yang tertinggi itu sudah cukup.
  8. Pilih Seleksi yang diinginkan seperti SNMPTN, UTBK SBMPTN, Jalur Mandiri PTN, Jalur Seleksi PTS, Jalur Seleksi SNMPN, SBMPN, Jalur Mandiri Politeknik, Jalur Mandiri UIN/IAIN.
  9. Kirim
  10. Setelah itu bisa cetak kartu, bukti pendaftaran, dapat mencetak form pendaftaran.
  11. Dilanjutkan dengan proses pendaftaran ke masing-masing jalur seleksi yang dipilih.
  12. Sistem akan melakukan singkronisasi secara otomatis setelah kedua pendaftaran selesai dilakukan.

Awal pendaftaran SNMPTN semua proses dilakukan oleh sekolah sampai dinyatakan lulus pemeringkatan apabila sudah bisa lanjut ke proses berikutnya yaitu mendaftar SNMPTN, jika selesai tinggal tunggu pengumuman, sayangnya keponakan saya tidak lulus jadi memutuskan untuk seleksi UTBK SBMPTN, untuk proses UTBK memang cukup mudah.

Setelah gagal SNMPTN kita cukup mengakses menu Seleksi baru kemudian melakukan pemilihan pendaftaran dengan mulai membuat akun jauh sebelum pendaftaran UTBK dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut :

  1. Membuat akun LTMPT khusus yang sudah ikut SNMPTN dapat menggunakan akun LTMPT yang sama tinggal pilih katagori seleksi yang diikuti.
  2. Melakukan verifikasi berkas sesuai dengan ketentuan LTMPT.
  3. Mengisi form Biodata, data orang tua, data pendidikan dan data prestasi isi secukupnya saja.
  4. Pastikan mengupload berkas yang sudah dicantumkan.
  5. Apabila selesai pilih salah satu dari jalur yang sudah dipilih pada akun KIP Kuliah
  6. Proses akan tersingkornisasi secara otomatis.
  7. Ikuti tes
  8. Tunggu Pengumuman UTBK SBMPTN.

Pada proses seleksi memang harus dipersiapkan dengan mengikuti kursus online atau kursus persiapan UTBK, pada seleksi ini keponakan saya akhirnya lulus sebagai calon penerima KIP Kuliah dari seleksi UTBK, langkah selanjutnya melakukan pendaftaran ulang melalui web resmi PTN tempat lulus.

Mengisi biodata ulang seperti data diri, orang tua, penghasilan, foto rumah tampak depan, ruang tamu, dengan dapur, upload bukti listrik dan air, bukti pajak PPB, surat keterangan lulus dan berkas lainnya setelah selesai jangan lupa untuk kirim berkas.

Setelah dikirim berkas akan masuk ke tahap pengiriman bekas ke sekertariatan panitia UTBK yang ada dikampus masing-masing bagi yang lokasi tempat tinggal satu lokasi dengan PTN akan dilakukan survei oleh panitia dengan datang kerumah dan menanyakan kebenaran adminstrasi yang telah disapaikan ke PT setempat.

Untuk yang jauh tidak dilakukan survei langsung, tunggu hasil pengumuman verifikasi berkas, baru setelah itu login kembali untuk print data surat persyataan dan data diri yang sudah teverifikasi jika sebelumnya tercantum sebagai calon penerima KIP-K pada tahap kedua ini status pembiayaan KIP. Print out.

Lakukan tes kesehatan di UPT Kesehatan yang ada di kampus tersebut setelah mendapatkan bukti cek kesehatan dan urin semua berkas di upload ke website PTN. Setelah semua terkirim akan langsung muncul Kartu Pengenal Mahasiswa dan mendapatkan NIM.

Tinggal tunggu semua proses seleksi selesai dan penetapan di akun KIP Kuliah bersamaan dengan kuliah perdana. Hanya saja keponakan admin lainnya tidak lulus KIP Kuliah UTBK kemudian mencari berbagai informasi ke kampus lain apabila kita ikut KIP Kuliah UIN ada yang mengharuskan deposit uang pembayaran awal UKT baru setelah lulus diganti.

Sementara untuk Jalur Masuk POLITEKNIK tidak gratis biaya pendaftaran tidak seperti UTBK yang otomatis gratis apabila mendaftar Awal. Khusus untuk ke PTS sebaiknya memilih PTS yang terakreditasi B minimal untuk bisa mengikuti seleksi Jalur KIP Kuliah.

Sistem tes KIP Kuliah di PTS terpisah ada yang dilakukan setelah lulus PTS baru ikut tes KIP Kuliah ada juga yang dari awal langsung mengikuti tes. Itulah pengalaman saya semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengikuti KIP Kuliah tahun ini. Jangan takut untuk kuliah jika ada KIP karena semua biaya ditanggung oleh KIP apabila lulus salah satu jalur masuk PTN, PTS, atau Politeknik.

Khusus untuk PTN Jalur Mandiri tidak semua membuka KIP Kuliah dibeberapa kampus tidak membuka jalur KIP untuk seleksi Mandiri jadi sebelum mendaftar sebaiknya login ke akun KIP Kuliah pada menu Seleksi cek apakah ada universitas yang dituju dan jika muncul program studi nya berarti membuka KIP Kuliah sementara jika tidak muncul berarti tidak membuka KIP Kuliah.