Pendaftaran Beasiswa PPG Prajabatan 2022 Tanpa No UKG NUPTK

Info Penting CPNS

Pendaftaran Beasiswa PPG Prajabatan 2022 Tanpa No UKG/NUPTK - Hai Sarjana Pendidikan yang ada di Indonesia apakah selama ini anda menyesali keputusan anda untuk tidak honor karena tidak bisa mengikuti PPG, karena tidak memiliki nomor NUPTK atau UKG. Atau mereka yang baru lulus dari Sarjana Pendidikan. Ini saat yang tepat karena melalui sistem PPG Prajabatan terbaru ini pemerintah membuka kesempatan bagi lulusan Guru yang ada di seluruh Indonesia untuk bisa mengikuti PPG tanpa harus memiliki nomor UKG atau NUPTK.

Proses pendaftaran dibuka secara online selama satu bulan dan bisa diikuti maksimal usia 32 tahun baik sudah menikah atau belum semua bisa ikut, hanya saja minimal IPK wajib 3.00 untuk bisa mengikuti seleksi, admin akan memberikan pengalaman mendaftar PPG Prabjabatan ini dan hanya menulis poin penting saja.

Untuk bisa mendaftar cukup memiliki ijasah sarjana pendidikan tidak perlu harus honor, boleh sudah menikah, atau baru lulus kuliah pendidikan juga boleh, proses tahapan seleksi dibagi menjadi 3 tahap pertama proses pendaftaran dan mengerjakan esai, tahap dua seleksi tertulis sesuai lokasi yang dipilih dan terakhir wawancara.

Bagi lulusan guru di seluru Indonesia harus ikut karena bisa ikut tanpa persyaratan macam-macam. Selain itu program PPG Prajabatan ini beasiswa semua biasa ditanggung oleh pemerintah, untuk lebih jelas langsung saja panduan pendaftaran dibawah ini.

 

Pendaftaran PPG Prajabatan Tahap 1

Proses pendaftaran tidak membutuhkan persyaratan khusus cukup dengan memiliki ijasah Sarjana Pendidikan dengan semua program studi pendidikan seperti guru sd, bahasa indo, MTK, guru Tk, Pendidikan Luar Biasa, Penjaskes, Bahasa Ing, IPA, IPS, PKN, Sejarah, Ekonomi, Biologi, Kimia, Fisika. Langsung bisa mendaftar tanpa nomor NUPTK atau UKG.

Keunggulan kedua semua biaya selama dua semester akan ditanggung oleh pemerintah apabila dinyatakan lulus untuk proses pendaftaran seperti berikut.

Buka link pendaftaran https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran pilih peran "Daftar Sebagai Peserta".

 


Masukan email aktif setelah itu akan masuk laporan pendaftaran ke email silahkan lakukan kompirmasi pendaftaran.

Lakukan kompirmasi pendaftaran SIMPKB PPG Prabajabatan dengan mengkik email aktivasi setelah selesai dapat langsung melanjutkan proses berikutnya.

Lanjut untuk membuat password baru yang akan digunakan untuk login ke SIMPKB PPG setelah selesai aktivasi akan otomatis diminta membuat password baru masukan kombinasi angka, huruf yang sulit ditebak.

Setelah selesai masukan NIK, Nama, tanggal lahir, jenis kelamin untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.


Klik selanjutnya akan diarahkan untuk login https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id masukan email dan password yang telah terdaftar klik masuk.


Setelah selesai akan diarahkan untuk mengisi biodata seperti informasi umum terkait dengan data diri, biodata kemasiswa anda perlu mengisi nomor NIM dan otomatis terverifikasi oleh sistem, untuk bidang PPG pilih sesuai program studi masing-masing, pengalaman mengikuti pelatihan anda perlu memasukan 3 pelatihan terbaik yang pernah diikuti.

Pengalaman organisasi bisa dimasukan maksimal 3 baik di kampus, atau organisasi masyarakat, untuk katagori menjadi sukarela harus mengisi pengalaman dalam bidang pendidikan, dilanjutkan dengan mengisi mengembangkan orang lain, hobi, kontak darurat orang terdekat dan dokumen penting seperti foto baju putih dengan latar belakang biru dengan dasi hitam. Jangan lupa tanda tangani fakta integritas menggunakan matrai 10 rb diketahui orang tua. Upload. Apabila semua berkas sudah conteng hijau berarti sudah selesai tinggal mengisi esai.

Langkah selanjutnya mengisi esai 7 poin yang harus diisi setiap 1 esai memiliki 3-4 poin yang harus dijelaskan secara rinci, kontestual, spesifik, dan dalam ruang lingkung, pendidikan, kuliah atau lingkungan masyarat dengan minimal panjang 100 kata dan yang paling panjang 500 kata - 750 kata. Pastikan mengecek ulang esai yang sudah diisi karena apabila sudah dikirim tidak bisa diedit lagi.


Poin esai dapat dilihat pada gambar diatas, jika tidak mampu menulis satu hari sebagiknya ditulis secara berkala beberapa hari sampai selesai. Apabila sudah ceklist hijau artinya semua sudah terisi dengan benar. 

Peserta dapat kembali ke dasboard nantinya akan muncul tampilan langkah seleksi tahap 1 berisi daftar riwayat hidup dan esai sudah ceklist hijau silahkan "Kirim Berkas"

Setelah berkas terkirim tinggal menunggu verifikasi dari panitia apabia anda sudah mengirim berkas dan berencana untuk membatalkan pengiriman berkas atau mengubah isian masih bisa dilakukan dengan mengkilik menu Biru pada "Klik di Sini"

Tunggu sampai proses terverifikasi apabila sudah selesai ada beberapa biaya yang mungkin akan dibebankan berupa uang pendaftaran yang ditanggung masing-masing peserta tetapi tergantung panitia nah setelah proses selesai langkah selanjutnya.

Untuk memeriksa data yang sudah diisi dapat dilihat melalui https://akun.simpkb.id/ dan dapat diperbaiki jika ada yang salah terkait dengan akun PPG.

Setelah semua proses berhasil di verifikasi dan selesai jika tidak ada penolakan serta berhasil lulus adminsitrasi dapat langsung mendownload kartu peserta.


Seleksi PPG Prajabatan Tahap II 

Tes substantif, meliputi Tes Penguasaan Bidang dan Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi yang dilaksanakan secara luring/offline pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK). 

 

Seleksi PPG Prajabatan Tahap III 

Tes wawancara, bertujuan untuk menggali lebih dalam kompetensi calon mahasiswa baik profesional dan personal, dilaksanakan secara daring/online melalui media/platform virtual meeting.


Demikain informasi yang bisa admin berikan berdasarkan pengalaman mendaftar PPG tahun ini, ini merupakan kesempatan besar bagi lulusan guru diseluruh Indonesia agar bisa mendapatkan sertifikati pendidik karena tidak ada syarat harus honor bahkan untuk yang sudah menikah diperbolehkan sampai usia 32 tahun.