Pengalaman Mendaftar PPDB Online

Info Penting CPNS

Pengalaman Mendaftar PPDB Online  - Tanpa terasa tahun ini menjadi tahun yang berkesan bagi orang tua dimana sejak awal tahun sudah disibukan dengan mencari informasi mengenai pendaftaran PPDB, rasa takut ketinggalan informasi menjadi salah satu hal yang paling terasa. Aktivitas bolak balik ke sekolah untuk tanya apakah sudah bukaan pendaftaran atau belum menjadi rutinitas sehari-hari.
 
Hal itu memang wajar terlebih ini merupakan pengalaman pertama saya dan sekaligus anak pertama, sejak jauh-jauh hari orang tua sudah mencari informasi mengenai pendaftaran PPDB, namun berakhir pada satpan sekolah yang mengatakan masih lama pembukaan saat itu diawal bulan februari.
 

 
Ternyata untuk proses pendaftaran PPDB dibagi menjadi beberapa jenis dimana untuk pembukaan pendaftaran berbeda-beda, untuk anak yang mau ikut jalur prestasi harus mempersiapkan diri lebih awal karena jalur prestasi akan dibuka lebih dahulu.
 
Simpang siur web pendaftaran PPDB juga menjadi salah satu masalah karena seringkali web ppdb berganti link dari tahun ke tahun. Diawal tahun sudah mulai dibuka untuk pendaftaran PPDB jalur prestasi yang hanya berlangsung dalam beberapa hari tidak sampai satu minggu.
 
Baru kemudian pembukaan pendaftaran PPDB jalur zonasi dan afirmasi dibuka mendekati pembagian rapot anak-anak sekolah. Kalau lihat anak-anak dilingkungan rumah anda mulai selesai ulangan maka biasanya untuk pendaftaran PPDB akan dibuka setelah bagi rapot.
 
Orang tua biasanya akan datang kembali ke sekolah untuk memastikan, patokanya adalah apabila sekolah sudah mulai menempel pengumuman di area sekolah biasanya pendaftaran PPDB sudah mulai dibuka, untuk waktu pendaftaran juga hanya dibuka 3-5 hari saja, sebagai orang tua sudah pasti akan merasa takut ketinggalan karena waktu pendaftaran yang pendek.
 
Belum lagi ditambah dengan kendala teknik seperti web error, pasti akan terasa sekali adrenalin saat mendaftar, saya berusaha untuk mendaftar PPDB pagi hari selain itu beberapa akun PPDB sudah dibuat sebelum pendaftaran dibuka.
 
Pada proses pendaftaran admin akan menceritakan bagaimana proses pendaftaran PPDB dilaksanakan untuk tingkat sekolah dasar pendaftaran PPDB dapat dilakukan melalui dua cara offline dengan membawa berkas pendaftaran PPDB seperti KK dan akte kelahiran anak kumpul ke sekolah, kedua mendaftaran secara online melalui link PPDB. Untuk lebih jelas berikut rincian mengenai proses pendaftaran.

 

Mekanisme Pendaftaran PPDB 

  1. Pendaftaran PPDB dimulai dari jalur Prestasi yang dibuka 1 bulan lebih dahulu dibandingkan dengan jalur zonasi.
  2. Pendaftaran berikutnya jalur zonasi untuk siswa yang berada pada wilayah kecamatan yang sama dengan sekolah.
  3. Untuk jalur afirmasi khusus untuk siswa yang orang tua memiliki kartu KIP, KKS, dan Kartu Sumbako dari pemerintah.
  4. Proses pendaftaran dapat dilakukan offline tergantung sekolah biasanya sekolah akan menerima persyaratan kemudian setelah terkumpul operator akan mengonlinekan berkas tersebut.
  5. Untuk proses pendaftaran online paling direkomendasikan oleh sekolah sesuai dengan web pendaftaran PPDB yang sudah dinfoin sekolah jika belum mengetahui tanya langsung ke sekolah web pendaftaran PPDB.
  6. Langkah awal setiap peserta melakukan pembuatan akun, boleh menggunakan nama orang tua/wali sebagai identitas akun PPDB.
    Setelah itu isi biodata anak sesuai dengan lokasi tempat tinggal saat ini dibuktikan dengan dokumen KK tinggal lebih dari 2 tahun.
  7. Untuk anak yang ikut orang tua kerja dapat mengikuti seleksi khusus jalur perpindahan orang tua dengan catatan memiliki lokasi sekolah dekat dengan tempat bekerja orang tua.
  8. Untuk yang tinggal namun bukan warga tetap disuatu wilayah dapat membuat surat domisili dari kelurahan/kades setempat.
  9. Setelah selesai jangan lupa untuk memilih satu sekolah, pastikan setiap orang tua sudah mengecek daya tampung sekolah.
  10. Selesaikan pendaftaran PPDB.
  11. Bagi yang berkendala biasanya lokasi tempat tinggal tidak muncul harap dapat membuat akun baru dengan nama yang berbeda, atau menunggu sampai normal jika tidak terjadi bug.

Menyerahkan Berkas Pendaftaran

  1. Setelah selesai mendaftar online orang tua membawa KK dan AKTA jika ada ijasah TK untuk tingkat SD namun apabila tidak ada cukup kk dan akta.
  2. Serahkan ke sekolah dengan map sesuai yang ditentukan sekolah nantinya setelah berkas diterima orang tua akan mendapatkan nomor pengumuman berkas yang harus disimpan apaila nanti lulus untuk nomor urut pendaftaran ulang.
  3. Beberapa sekolah membuat group wa untuk orang tua/wali siswa untuk komunikasi dan menjawab pertanyaan.
  4. Untuk sekolah akan menyarankan orang tua menulis keterangan sebagai pendaftaran online di map tersebut dan pendaftaran offline bagi yang menyerahkan secara langsung.
  5. Tinggal tunggu pengumuman dari sekolah.

Verifikasi dan Ketentuan Pengumuman

  1. Setelah semua berkas pendaftaran lengkap operator sekolah akan melakukan pengecekan dan verifikasi berkas nantinya akan muncul rangking pendaftaran sesuai saat mendaftar.
  2. Untuk berkas offline biasanya akan dionlinekan oleh panitia sekolah.
  3. Setelah semua data terkumpul ketentuan kelulusan akan sangat dipengaruhi pada lokasi tempat tinggal sesuai dengan rayon zonasi atau satu kecamatan yang sama atau pada jangkauan lokasi rumah dengan sekolah.
  4. Usia siswa/i menjadi pertimbangan usia ideal masuk sekolah dasar 8 tahun dan 7 tahun merupakan usia ideal sekolah anak.
  5. Untuk anak 6 tahun - 6 tahun 11 bulan tetap bisa mendaftar secara normal tanpa ada tambahan dokumen apapun.
  6. Sedangkan anak yang berusia 5 tahun 11 bulan kebawah harus melengkapi surat hasil tes psikolog.
  7. Namun untuk sekolah admin daftar tidak meminta surat tersebut tetapi semua orang tua dihubungi untuk diberikan penjelasan apabila anak dianggap mampu bersekolah akan diberikan catatan untuk berkomintmen mengikuti kegiatan  sekolah.
  8. Sistem web PPDB akan otomatis mengurutkan siswa berdasarkan jarak dan usia anak.
  9. Untuk mengira-ngira hitung peringkat dengan jumlah kuota diterima apabila masih masuk maka besar kemungkinan akan lulus.
  10. Ketetapan lain sesuai intruksi dari dinas dimana sekolah yang admin daftar awal pendaftaran membuka untuk 112 siswa namun karena siswa mendaftar sekitar 300 siswa maka diujung pengumuman kelulusan kuota dinaikan menjadi 200 siswa yang akan diterima.

Pengumuman Kelulusan dan Pendaftaran Ulang 

  1. Setelah dinyatakan lulus setiap siswa/i akan diinfokan jawal pendaftaran ulang sesuai dengan nomor yang sudah ada, dengan melengkapi berkas tambahan bagi yang belum menyerahkan ijasah TK harus menyerahkan saat pendaftaran ulang.
  2. Admin saat itu kebagian hari senin pagi setelah menyerah kan berkas tambahan dengan ketentuan fotocopy warna semua selesai.
  3. Masukan kedalam map dengan warna yang sudah ditentukan sekolah kumpul ke sekolah tidak perlu membawa anak.
  4. Setelah semua selesai tinggal tunggu pembagian kelas sesuai intruksi sekolah.

 

Setelah semua selesai anak dinyatakan diterima dan tunggu jadwal pengenalan sekolah tahun ajaran baru, tidak ada biaya lain jika disekolah admin mendaftar, tahap selanjutnya membeli peralatan sekolah seperti baju, sepatu, buku, tas, alat tulis secara lengkap dan masuk sekolah beberapa sekolah masih menerapkan online dan sekolah lain full onfline.Semoga informasi yang admin berikan dapat bermanfaat terima kasih.