Pengumuman UTBK snbt.bppp.kemdikbud.go.id 2024/2025


Pengumuman UTBK snbt.bppp.kemdikbud.go.id 2024/2025 - Setelah melalui proses panjang mulai dari mendaftar UTBK sampai dengan mengikuti tes dimana banyak mengorbankan waktu dan tenaga, setiap peserta yang mendaftar UTBK harus rela membayar uang pendaftaran yang terbilang tidak murah, 200 rb hingga 300 rb bahkan jumlah biaya tersebut tidak menutup kemungkinan akan bertambah seiring dengan inflasi setiap tahun
 
Pengorbanan dilakukan oleh peserta setelah memilih harus mempersiapkan diri berlatih soal, belajar mandiri bahkan tidak sedikit dari peserta yang mengeluarkan uang tambahan untuk ikut bimbel, atau ambil paket UTBK di platform kursus online, ditambah dengan biaya latihan tyout mandiri, perjuangan yang cukup panjang.
 

 
Setelah mendapatkan jadwal tes peserta harus mempersiapkan diri mulai pukul 5 pagi atau satu jam sebelum tes harus sudah ada ditempat, proses tes yang berlajan sangat lama dengan waktu 5-6 jam waktu tes menguras emosi, pikiran, tenaga setiap peserta dan keluarga tentu menjadi pengalaman tidak terlupakan.
 
Ditengah tes setiap peserta akan dihadapkan dengan jumlah soal 200 untuk peserta yang memilih saintek atau soshum, dan lebih dari 200 soal untuk yang memilih kelompok tes campuran. Rasa lelah mengantuk, mual, lesu, lapar bercampur aduk saat pelaksanaan tes. Bahkan beberapa peserta banyak yang tertidur di meja tes karena malam hari sebelum tes sudah tidak bisa tidur dan pagi-pagi buta harus berangkat tes.
 
Soal yang dikerjakan juga semakin sulit, bahkan ada yang menyamakan kesulitan tes setara ikut CPNS bobot sangat berat, ditambah dengan passing grade rata-rata program studi mencapai nilai 600 untuk bisa lulus UTBK. Lelah itu pasti namun untuk mendapatkan kesuksesan memang kita sejenak harus meninggalkan hal yang enak-enak.
 
Berjuang keras, sesi tes dilakukan 2 kali dalam satu hari pagi dan siang, ketentuan lain seperti terbagi dua gelombang tes dimana jenis soal berbeda. Dalam proses tes mengharuskan berjuang sendiri tidak bisa mencontek kanan dan kiri karena urutan soal berbeda setiap komputer. Untuk pelajar yang sekolah di pedesaan menjadi semakin berat karena tidak memiliki bekal kemampuan komputer menjadi beban tambahan.
 
Tidak jarang kita yang tidak bisa komputer dibuat blank saat berhadapan langsung  dengan alat canggih yang asing dan bahkan belum pernah menggunakan sebelumnya. Lelah sudah pasti setelah tes selesai rasa kesal dan lelah bercampur menjadi satu, kesal dengan diri sendiri karena tidak bisa menjawab pertanyaan dengan maksimal.
 
Lelah mengerjakan soal karena sulit, sudah menjadi rasa yang melekat dalam pelaksanaan tes UTBK tahun ini, masih banyak teman-teman kita yang mengandalkan keberntungan untuk memilih soal pilihan ganda seperti menebak-nebak asal-asalan karena frustasi tidak menemukan jawaban.
 
Perjuangan tes UTBK sudah berkahir kini kita harus menerima dengan ikhlas apapun hasilnya, meski kadang kita merasa Tuhan tidak adil, ketahuilah apapun hasil yang didapat pasti itu keputusan yang terbaik untuk para peserta. Meski rasanya tidak baik untuk kita tetapi pasti yang terbaik untuk masa depan.
 
Pada kesempatan kali ini admin ingin membahas mengenai tata cara cek pengumuman UTBK dilakukan secara online melalui beberapa link yang sudah disiapkan oleh Panitia UTBK untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

  1. Buka link https://snbt.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Isi nomor peserta dan tanggal lahir sesuai yang tertera pada kartu UTBK masing-masing
  3. Klik Lihat Hasil
  4. Setelah itu akan muncul keterangan lulus atau tidak lulus.

 

Apapun hasilnya setiap peserta yang sudah mengetahui pengumuman UTBK baik lulus maupun tidak lulus, utamanya bagi yang mau kuliah tahun ini baik di kampus negeri maupun swasta wajib mendownload nilai UTBK cara nya seperti berikut :

 

Download Nilai UTBK

  1. Buka link pengumuman akan muncul tampilan nilai UTBK 
  2. Setelah memasukan nomor peserta dan tanggal lahir kemudian di donwload.
  3. Kegunaan dari nilai UTBK  dapat digunakan untuk daftar kampus negeri atau swasta tanpa harus bayar biaya pendaftaran.
  4. Bahkan peserta yang melampirkan bukti nilai UTBK tidak diwajibkan mengikuti tes ulang apabila berminat ikut jalur mandiri.
  5. Saat ini UTBK menjadi salah satu standarisasi pengganti nilai ujian standar nasional sebagai tolak ukur kemampuan dan pemetaan calon mahasiswa di seluru Indonesia.
  6. Tidak ada ruginya mengikuti UTBK.
  7. Namun untuk yang mau kuliah tahun ini rasanya wajib ikut UTBK karena setiap kampus memasukan sebagai syarat mendaftar jalur lainnya.


Rasa lelah kita akan terbayar lunas apabila nilai yang di dapat maksimal terkadang untuk merasa puas tidak harus lulus UTBK cukup mendapatkan nilai maksimal, namun lulus UTBK sudah pasti akan membayar semua pengorbanan yang sudah dilakukan selama UTBK. Selamat kuliah bagi yang lulus, untuk yang tidak lulus sampai ketemu tahun depan.