Cara Pendaftaran Online Kartu Prakerja.go.id 2020/2021

Cara Pendaftaran Online Kartu Prakerja.go.id 2020/2021 - Ditengah kesulitan akibat dampak pendemi corona yang terjadi di hampir seluruh dunia dan ada banyak karyawan yang mendapat phk karena dampak pendemi ini, selain itu kebijakan karangtina wilaya/psbb hampir seluruh masyarat yang bekerja dengan pola hari lepas kehilangan mata pencarian mereka.

Tidak hanya itu saja aktifitas ekonomi seperti pasar, pusat perbelanjaan, jual beli dan semua kegiatan usaha yang offline terkena dampaknya, jutaan orang terancam kehilangan penghasilan karena hal ini, ditengah situasi sulit saat ini ada kabar yang sangat mengembirakan melalui program kartu prakerja pemerintah akan membagikan sekitar 5 juta bantuan bagi mereka yang belum bekerja atau kehilangan pekerjaan.



Meski kuota yang di siapkan pemerintah masih kurang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terdampak korona tetapi hal ini cukup menjadi angin segar, kebijakan pemerintah mengeluarkan kartu prakerja di saat sekarang ini dinilai cukup tempat, bagi yang sudah memperisapkan diri untuk mendaftar, perlu diperhatikan bahwa metode pendaftaran kartu prakerja dilaksanakan secara online.

Namun beberapa daerah yang ada di Indonesia juga membuat kebijakan sendiri dimana bagi masyarakat yang ada di kota/kabupaten tertentu pemerintah daerah akan mengkordinir proses pendaftaran kartu prakerja melalui daerah, seperti di daerah saya yaitu kab Musi Rawas melalui situs resmi daerah bekerjasama dengan disnaker setempat membuka pendaftaran kartu prakerja.

Bagi daerah lain yang tidak kebagian untuk mendaftar dari daerah jangan kwatir bisa mengikuti proses pendaftaran secara online, kedua cara pendaftaran kartu prakerja akan dibahas secara lengkap seperti dibawah ini, namun admin merekomendasikan cara pendaftaran kartu prakerja dari situs resmi prakerja.go.id langsung untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

Sebelum lanjut kami akan memberikan penjelasan persyaratan apa saja bisa mendaftar kartu prakerja, admin kira syaratnya dipastikan setiap orang akan memenuhi seperti berikut :


Persyaratan Daftar Kartu Prakerja
  1. WNI. 
  2. Minimal Usia 18 Tahun dan tidak ada batas usia maksimal untuk ikut program ini. 
  3. TIdak sedang menempuh pendidkan formal seperti sekolah atau kuliah.


Daftar Kartu Prakerja Melalui Kabupaten/Kota

Terdapat dua cara mendaftar kartu pra kerja pertama melalui  kabupaten atau kota sistem ini biasanya dibuka lebih awal  biasanya dikelola oleh Disnaker setempat Nah bagi kalian yang mau mengikuti silakan menghubungi kabupaten kota atau Disnaker di  daerah. Tata cara yang bisa kalian ikuti seperti berikut.
  1. Jika di kabupaten kami untuk mendaftar kartu prakerja melalui kabupaten, setiap calon penerima kartu prakerja harus mengakses situs resmi disnaker daerah setempat kemudian mencari informasi mengenai pembukaan kartu prakerja yang dikordinir oleh kabupaten.
  2. Setelah mendapatkan informasi pendaftaran kartu prakerja bagi yang ingin mendaftar harus mengontak panitia yang sudah ditunjuk sebelum batas waktu penutupan pendaftaran dilakukan.
  3. Untuk proses pendaftaran biasanya bisa langsung online nantinya pantia akan memberikan arahan, semua itu tergantung pada daerah masing-masing
  4. Nantinya peserta yang sudah di data dan berhasil mendaftar akan mengikuti serangkain tes yang akan dilaksanakan oleh disnaker setempat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  5. Mereka yang dinyatakan lulus akan langsung diberikan fasilitas pelatihan oleh disnaker setempat baik pelatihan secara online/offline.


Daftar Kartu Prakerja di Situs Resmi Prakerja.go.id

Pemerintah membuka sekitar 5 juta kuota kartu prakerja dengan batas maksimal sekitar 164 ribu pendaftar setiap hari, jika sudah habis batas kuota perhari maka sudah tidak bisa mendaftar lagi dan harus mengikuti proses pendaftaran di hari berikutnya untuk lebih jelas berikut tata cara pendaftaran kartu prakerja dari situs resmi prakerja.go.id  disertai dengan video turorial pendaftaran kartu prakerja :


  1. Buka situs prakerja.go.id
  2. Pilih menu "daftar sekarang'
  3. Setelah itu akan tampil form pengisian data seperti email, dan password dan kompirmask password setelah itu setujui syarat dan ketentuan dengan centang ceklist. Klik "daftar"
  4. Cek email dan kompirmasi pendaftaran.
  5. Setelah berhasil melakukan pendaftaran akan akan melalui proses verifikasi.
  6. Jika proses pendaftaran berhasil tahap selanjutnya adalag tes motivasi dan matematika  untuk mengukur potensi yang dimiliki oleh calon penerima kartu prakerja. (dilaksanakan secara online)
  7. Setelah mengikuti tes panitia akan menghubungi kalian yang lulus dan dapat langsung bergabung untuk memilih pelatihan yang kamu inginkan dengan harapan sesuai kopetensi yang dibutuhkan saat melamar kerja.
Untuk pemilihan pelatihan yang bisa diikuti melibatkan beberapa lembaga baik milik pemerintah maupun swasta adapun list tempat pelatihan yang bekerjasama dengan kartu prakerja sebagai berikut :
  1. https://skillacademy.com/
  2. https://maubelajarapa.com/kartuprakerja/
  3. https://www.pintaria.com/kartuprakerja
  4. https://prakerja.sekolah.mu/kartuprakerja
  5. https://prakerja.kemnaker.go.id/

Bisa memilih salah satu dari beberapa pelatihan yang bekerjasama dengan kartu prakerja, untuk biaya pendaftaran dapat menggunakan saldo yang ada di dalam kartu prakerja selain itu toko online seperti tokopedia dan buka lapak juga bekerjasama bisa beli vocher pelatihan disalah satu situs yang sudah bekerjasama dengan pemerintah.

Semoga informasi mengenai cara pendaftaran Online kartu Prakerja ini bisa bermanfaat, admin disini hanya membantu mensosialisasikan program pemerintah untuk mengatasi pengangguran yang ada di Indonesia, serta mempublikasikan secara sukarela dengan harapan program kartu prakerja ini bisa berjalan sukses dan tepat sasaran.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online Kartu Prakerja.go.id 2020/2021"

Posting Komentar