7 Pembaruan Pendaftaran PPDB Tahun Ini 2020/2021

7 Pembaruan Pendaftaran PPDB Tahun Ini 2020/2021 - Masih banyak sekolah yang ada di Indonesia belum menerapkan sistem PPDB secara online, apakah sekolah pilihan anda termasuk diantaranya yang masih menggunakan sistem PPDB manual atau offline, ditengah kondisi saat ini terdapat beberapa pergeseran sistem pendaftaran PPDB dimana tahun ini kemungkinan besar seluruh sekolah yang ada di Indonesia dihimbau untuk melakukan penerimaan siswa baru secara online.

Jika tahun lalu PPDB Online hanya diadakan di sekolah yang mampu mendesain sistem sendiri, atau sekolah besar yang mampu menyewa layanan PPDB Online, tetapi beda cerita dengan tahun ini karena terdapat beberapa pembatasan yang mengharuskan semua sektor termasuk pendidikan dapat memprioritaskan sistem berbasis online.



Untuk sekolah yang tidak memiliki SDM memadai untuk membangun PPDB secara online harus putar otak menyediakan layanan berbasis online dengan segera karena kebutuhan mengenai penerimaan siswa baru ini semakin mendesak, hal itu membuat beberapa sekolah terutama sekolah yang ada di daerah mendesain PPDB Online dengan seadanya.

Menggunakan fasilitas seadanya seperti google doc agar dapat mendesain PPDB Online, permasalahan tahun ini menjadi hikmah bagi dunia pendidikan mendorong percepatan ke era digital,  jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, apa sih perbedaan PPDB tahun ini, sedikit sudah kita singgung diatas.

Untuk para orang tua yang sedang mempersiapkan diri anaknya yang mau masuk sekolah, harap segera datang ke sekolah tujuan untuk mengkompirmasi penerimaan siswa baru tahun ini apakah memang sudah full online atau masih ada beberapa kelengkapan administasi yang harus dilakukan secara online. Jika kita berpatokan dengan pemerintah pusat tentu sesuai himbauan, nah berikut ini beberapa hal yang baru harus diketahui mengenai PPDB tahun ini :


7 Pembaruan Pendaftaran PPDB Tahun Ini

  • PPDB Full Online Seluruh Indonesia.
Pemerintah pusat mengharuskan semua sekolah terutama sekolah yang berada di zona merah untuk melaksanakan PPDB Full online, sementara untuk sekolah yang lain tetap wajib melaksanakan secara online hanya saja disesuaikan dengan infrastruktur yang ada, meski hanya sederhana tetap disarankan untuk dilaksanakan secara online.

  • Tidak ada Standar PPDB Online
Kabar baiknya adalah pemerintah tidak akan melakukan standarisasi untuk PPDB bagaimana pun bentunya yang penting dilaksanakan secara online, meski seadanya termasuk menggunakan fasilitas yang paling sederhana yaitu media sosial tetap dibolehkan.

  • PPDB Tahun ini Cukup Menggunakan Nilai Rapot
Beberapa dinas pendidikan sudah menetapkan bahwa tahun ini PPDB cukup menggunakan nilai rapot dan kemungkinan besar sistem tes akan ditunda sampai waktu sudah mulai kondusif, ini menjadi kabar yang baik bagi calon siswa/i baru tahun ini karena nilai rapot akan sangat berguna untuk daftar sekolah.

  • Sistem Zonasi (Jarak Tempuh Dari Rumah Ke sekolah Terdekat)
Sekolah akan menutup kesempatan bagi siswa/i yang berada jauh dari wilayah sekolah, artinya mereka yang  bertempat tinggal di dekat sekolah akan memiliki persentase lebih besar lulus dibandingkan yang jauh, jadi buat para orang tua sebaiknya sekolahkan anak ke sekolah terdekat, namun jika tidak setuju orang tua bisa memilih jalur lain untuk ikut PPDB, seperti PPDB Jalur Prestasi dan mungkin jalur Tes.

  • Orang Pendatang Baru akan sulit Sekolah di Kota Domisili
Ditengah kondisi saat ini pemerintah menghimbau untuk tidak melakukan mudik, karena jika sudah keluar dari satu wilayah kemungkinan besar untuk masuk ke wilayah yang sama tidak akan bisa dilakukan, termasuk untuk mengurus PPDB meski online dalam melengkapi berkas harus dilakukan dengan datang ke sekolah.

  • PPDB Akan Berlangsung Lebih Panjang
Proses PPDB tahun ini kemungkinan akan lebih panjang mengingat banyak bertabrakan dengan tanggal merah dan libur, selain itu beberapa sekolah yang baru menerapkan sistem PPDB secara Online akan banyak mengalami kendala oleh sebab itu waktu PPDB akan diperpanjang.

  • Segera Cari Informasi PPDB
Orang tua atau calon siswa/i baru harus gerak cepat mencari informasi pembukaan PPDB karena jika terlambat tidak akan bisa mendaftar maka dari itu pihak terkait segera cari info PPDB langsung ke website sekolah atau medsos sekolah tujuan, atau jika tidak menemukan informasi yang dicari segera datang kesekolah dan tanyakan langsung.


Semoga informasi yang bisa kami berikan bisa bermanfaat tetap jaga kesehatan dan hidup sehat jaga diri anda dan keluarga, untuk informasi lainnya akan dibahas pada postingan selanjutnya jika kalian sedang mencari info PPDB di Kota/kabupaten silahkan langsung menuju situs resmi Siap PPDB. Terima Kasih.