Cara Mengatasi Dapodik Error Bermasalah

Cara Mengatasi Dapodik Error Bermasalah - Dapodik menjadi salah satu aplikasi/website yang paling banyak mengalami kendala sepanjang tahun, jika kalian operator sekolah atau pihak yang berwenang menjadi salah satu tukang input data dapodik pasti akan mengeluh karena masalah -masalah yang terjadi tidak kunjung selesai, jika ada pembaruan perbaikan pasti akan muncul masalah-masalah baru.

Beberapa masalah yang sangat sering terjadi diantaranya, gagal login, error tidak bisa sama sekali diakses, bisa diakses tapi tidak bisa input/upload data, syng data, pemuktahiran data, data siswa yang hilang, data yang diisi sebelumnya hilang. Tidak bisa dibuka dalam kurun waktu lama dan masih banyak lagi kendala yang dihadapi dapodik.


Bahkan forum-forum online yang ada di Indonesia banyak mengeluhkan sistem dapodik yang selalu ada saja kendala, tidak jarang guru yang ada di sekolah atau operator bingung dengan kondisi seperti ini, belum pernah ada sejarah dalam satu tahun dapodik tidak berkendala. Sebenarnya apa sih yang terjadi dengan sistem pangkalan data siswa dan sekolah yang satu ini, kenapa hal itu bisa terjadi padahal seperti kita ketahui kemendikbud bekerjasama dengan Kominfo dan Telkom.

Pada dasarnya sistem dapodik saat ini sudah cukup baik jika dibandingkan awal peluncuran dulu, meski sudah puluhan kali perbaik dan perubahan tetap saja berkendala. Hal itu dikarenakan hal yang wajar terjadi mengingat jumlah banyak sekali sekolah dan jutaan data siswa di dalamnya sudah pasti akan berkendala.

Terdiri dari Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah, namun bukan berarti hal itu tidak bisa diperbaiki, untuk mengatasi kendala yang tidak kunjung selesai, sebaiknya Kemdikbud mengandengan tim IT Cyber yang mempuni dari sisi keamanan dapodik saat ini terbilang kacau sekelas Kementerian Pendidikan, tidak jarang selain dari overload data, ada tangan - tangan jahil hecker.

Contoh sederhananya saja masih banyak subdomain Kemdikbud yang rentan di retas, para hecker menyusup melalui subdomain yang memiliki celah keamanan, kemudian melakukan attack, dan sebagainya, hanya saja kita tidak akan membahas hal tersebut secara mendalam karena pembahasan kita hanya pada cara mengatasi dapodik error.

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi beberapa kendala seperti error, tidak bisa login, data hilang, data kacau adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan kalian mendownload aplikasi dapodik dengan versi terbaru untuk update bisa cek link berikut https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.
  2. Sebelum melakukan instalasi aplikasi dapodik sebaiknya baca panduan instal terbaru, bisa dilihat melalui link yang sama pada saat donwload kemudian panduan penggunaan aplikasi dan menu tanya jawab.
  3. Sebelum menginstal dapodik versi terbaru, operator maupun pihak sekolah yang berwenang memestikan semua histori instalan aplikasi dapodik sudah bersih terhapus, karena setiap versi dapodik hampir mirip, kadang histori yang lama akan membuat data baru bertumpuk yang membuat beberapa perubahan pada aplikasi sehingga pada saat kita akses error.
  4. Hal yang tidak kalah penting adalah, apabila membutuhkan tamplet contoh formulir upload sebaiknya gunakan yang ada pada contoh https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan dokumentasi jangan ambil dari sekolah lain kadang hal ini menjadi kendala bagi aplikasi.
  5. Untuk memastikan dapodik tidak memiliki kendala harus dimulai dari hal yang mendasar apabila hal mendasar sudah benar kita lakukan tetapi masih memiliki kendala artinya memang sistem tersebut yang mengalami kendala bukan lagi dari kita sebagai pengguna.
  6.  Untuk masalah login atau data yang kacau sebaiknya di cek terlebih dahulu apakah memang benar kendala yang tersebut dari aplikasi atau karena settingan instalan sebelumnya.
  7.  Rajin update software komputer/laptop yang digunakan ke versi yang lebih baru, seperti windows yang digunakan jika sudah usang ganti ke versi yang lebih baru atau melakukan update dan backup secara berkala.
  8. Selain itu pihak operator atau sekolah harus melakukan backup data secara berkala untuk menghindari kehilangan data, apabila terjadi kekacauan data kita memperbaiki data dengan cepat.
  9. Bila perlu gunakan jasa tertentu untuk melakukan backup menyeluruh pada isi aplikasi dapodik versi saat ini untuk memastikan semua data sudah ada cadangan.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah umum dapodik yang sering kita jumpai, utamakan membaca panduan terbaru untuk memaksimalkan fungsi aplikasi yang sudah di update, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para operator ataupun guru di sekolah.

Urusan dapodik terkadang tidak bisa kita hanya menggunakan saja tetapi paling tidak kita mengerti sistem kerja perangkat yang digunakan untuk instalasi aplikasi tersebu, masalah dapodik seringkali terjadi atas beberapa arah yaitu dari pengguna dalam hal ini operator dan guru sekolah, jika kita menjumpai hal tersebut segera lakukan seperti yang sudah dijelaskan namun apabila kendala yang terjadi karena penyedia dalam hal ini kementerian pendidikan maka yang harus dilakuukan sebagai berikut.

  1. Memastikan kita sudah melakukan instalasi versi terbaru.
  2. Melakukan pengecekan secara berkala apakah memang benar kendala tersebut dari pusat.
  3. Jika sudah mengetahui cobalah untuk menunggu dapodik versi terbau dari pemerintah pusat.
  4. Berkordinasi dengan Dinas Pendidkan setempat atas kendala yang dihadapi, sekaligus memberikan kompirmasi apakah hanya sekolah bapak-ibu guru saja yang berkendala atau semua sekolah yang ada di wilayah tersebut.
  5. Melakukan clear history atau refresh data.
  6. Pastikan mengakses data dapodik pada jam tidak sibuk, duluar jam sekolah.
  7. Jangan memaksa untuk melakukan input data jika masih mengalami kendala.
  8. Apabila terdapat kegagalan dalam login, pastikan data akun login, sudah dilakukan pemuktahiran dari versi sebelumnya sesuai dengan pentunjuk yang ada.
  9. Mengikuti intruksi yang diberikan pemerintah pusat untuk mengatasi kendala tersebut.
  10. Jika dibutuhkan mengenai kendala yang tidak kita ketahui, segera browsing untuk memperbaiki.
  11. Jika bisa diperbaiki sendiri lakukan, namun jika tidak bisa kita hanya bisa menunggu updatan.

Semoga informasi yang sudah kita berikan bermanfaat,  dengan sistem yang belum belum canggih dan kapasitas server yang masih terbatas hal itu memang wajar terjadi, seharusnya pengelolaan data terpadu berbasis online dilakukan dengan teknologi terbaru, seperti sekolah yang ada di luar negeri, sebut saja server kampus hardvard yang dapat menampung trefik dan data mahasiswa seluruh dunia, meski hanya level kampus tetapi standar teknologi standar dunia.

Jangankan situs, data, dan server yang kelola kementerian pendidikan, sekelas Kominfo saja masih sangat buruk. Sudah seharusnya pemerintah merekrut PNS dengan latar belakang hecker agar dunia informasi yang ada di Indonesia bisa berkembang pesat, dan pemerintah tidak perlu lagi bayar mahal jasa keamanan IT lagi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Dapodik Error Bermasalah"

Posting Komentar