SSCASN.BKN.go.id, Pendaftaran CPNS 2019/2020

SSCASN.BKN.go.id - Badan Kepegawaian Negera (BKN) mengumumkan secara resmi rekrutmen CPNS tahun ini terdapat total formasi yang akan dibuka sekitar 197.117 diantaranya 37.854 instansi pusat dan 159.257 formasi daerah termasuk 467 pemda. Penerimaan CPNS tahun ini cukup besar mengingat moratorium CPNS masih berlaku.

Untuk jenis pendaftar CPNS akan dibagi menjadi dua jenis yaitu jalur umum, dan jalur khusus seperti lulusan terbaik, diaspora, disabilitas dan putra-putri khusus asli papua. Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan dilaksanakan pada Oktober - November terdiri dari Pendaftaran Online yang akan dilaksanakan pada bulan November.


Dilanjutkan dengan pengumuman seleksi administrasi yang akan diumumkan pada bulan Desember, bagi yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes SKD yang akan dilaksanakan pada bulan Januari hingga Feberuari, Untuk penguman hasil SKD akan di laksanakan pada bulan Maret. Bagi peserta CPNS yang dinyatakan lulus SKD akan mengikuti tes SKB yang akan berlangsung bulan April.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan proses penerimaan CPNS akan dimulai pada Akhir Oktober sampai dengan April, luangkan waktu dan persiapkan diri anda untuk mendaftar, prosedur yang akan dilaksanakan melalui daring atau online, bagi yang berminat proses pendaftaran dapat dilihat seperti dibawah ini :

Pendaftaran Online CPNS

Akses Portal

  1. Proses pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Selanjutnya pilih menu SSCN yang akan diarahkan ke situs https://sscn.bkn.go.id/
  3. Pilih menu "Registrasi" selanjutnya buat akun.

Buat Akun
  1. Setalah mengakses menu Registrasi peserta akan diminta membuat akun dengan mengisi data NIK dan Nomor KK.
  2. Sistem BKN akan membaca secara otomatis data anda tinggal mengisi email, password dan form yang masih kosong, selanjutnya "Kirim" Data.
  3. Nantinya kompirmasi pendaftaran akan dikirim ke email, silahkan di kompirmasi.

Login & Pengisian Data
  1. Setelah selesai membuat akun peserta harus melakukan login pada situs Akses Portal Poin 1. 
  2. Pilih menu "Login" masukan NIK dan Password yang telah terdaftar.
  3. Nantinya akan ada form pengisian data yang masih kosong seperti Lengkapi Biodata Dari.
  4. Pilih Formasi Jabatan Sesuai latar belakang pendidikan masing-masing. Perlu diingat jangan sampai anda mendaftar CPNS tidak sesuai lulusan karena apabila nanti lulus bisa bermasalah.
  5. Pastikan semua data terisi dengan lengkap.

Unggah Dokumen
  1. Selanjutnya peserta harus mengunggah dokumen seperti, pasfoto, foto selfie memegang KTP dan Kartu bukti pembuatan akun, persyaratan Ijasah, Akreditasi kampus dan lainnya sesuai format situs.
  2. Jika diminta untuk mengunggah berkas foto copy atau asli harus sesuai, surat pernyataan dan lainnya isi dengan benar.
  3. Untuk mengunggah dokumen kalian cukup mengakses menu Unggah Dokumen setelah diupload "Kirim" data.
  4. Pastikan semua berkas diisi dengan benar, proses inilah terkadang membuat banyak peserta tidak lulus seleksi adminstrasi.

Cetak Kartu
  1. Setelah semua berkas sudah diisi silahkan cek resume pendaftaran, periksa semua data apakah sudah benar, jika sudah data bisa dikirim, selanjutnya anda bisa mencetak bukti kartu pendaftaran untuk disimpan sementara sambil menunggu hasil verifikasi berkas.

Verifikasi
  1. Proses Verfikasi akan dilaksanakan melalui seleksi adminstrasi oleh panitia secara online.
  2. Peserta cukup login ke situs sscn menggunakan akun yang sudah dibuat selanjutnya cek apakah lulus seleksi adminstrasi atau tidak.
  3. Apabila lulus silahkan untuk melakukan cetak kembali kartu pendaftaran untuk melakukan upadate. 
  4. Cek Jadwal dan Lokasi Tes melalui situs BKPSDM di daerah tempat anda mendaftar, biasanya dimuat melalui online situs resmi atau medsos BKPSDM setempat.
  5. Selesai tinggal ikut tes.

Seleksi 
  1. Proses seleksi dilaksanakan dari seleksi adminstrasi.
  2. Seleksi SKD
  3. Seleksi SKB bagi yang lulus SKD.

Pengumuman
  1. Pengumuman kelulusan akan dimuat melalui situs resmi sscn.bkn.go.id.
  2. Bagi yang dinyataan lulus semua tes tinggal menunggu pemeringkatan jika lulus berarti resmi menjadi CPNS.

Demikian informasi yang bisa kami berikan seputar pendaftaran CPNS semoga bermanfaat, perlu di perhatikan pada saat mendaftar pastikan kalian memilih formasi sesuai pendidikan seperti contoh jika ada bukaan CPNS D3 sesuai jurusan yang kalian miliki namun tidak memiliki ijasah D3 dan menggunakan Ijasah S1 untuk mendaftar.

Kemudian anda lulus maka hal tersebut akan bermasalah dan ada kasus di beberapa daerah diminta mengundurkan diri, beda cerita apabila peserta memiliki ijasah D3 dan Ijasah S1 itu tidak akan jadi masalah, pilih Formasi sesuai ijasah yang kalian miliki, ini penting agar perjuangan panjang yang sudah dilakukan tidak sia-sia.

Selanjutnya pada proses seleksi peserta harus dalam keadaan steril dari logam atau pun persiahan, pastikan tidak menggunakan gelang, cincin, kalung, anting-anting, tali pinggang dan lainnya, menggunakan baju hitam putih pada saat tes, semua perlengkapan tes tidak boleh digunakan, kecuali sesuai intruksi panitia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "SSCASN.BKN.go.id, Pendaftaran CPNS 2019/2020"

Posting Komentar