Pendaftaran Universitas BUMN 2020/2021

BUMN.go.id - Pendaftaran Universitas BUMN - Kira-kira apa jadinya jika pemerintah memang jadi menggabungkan Perguruan Tinggi BUMN terdapat sekitar 8 perguruan tinggi yang akan digabungkan khusunya Aliansi Perguruan Tinggi BUMN, nantinya setiap perguruan tinggi yang digabung akan membentuk fakultas masing-masing.

Hanya saja untuk Telkom University yang sudah berdiri lama dan sudah memiliki nama besar tidak akan di gabung, hanya melibatkan sekitar 8 Perguruan Tinggi BUMN diantaranya STT PLN, Universitas Pertamina, STIMLOG, Poltekpos, Universitas Semen Indonesia, dan BRI Insitute, hal ini akan memberikan kemudahan bagi calon peserta.


Dimana yang selama ini harus mendaftar lebih dari satu sekarang dengan satu sistem dapat memilih 1-2 pilihan jurusan tentunya dengan standar biaya kuliah yang mungkin tidak jauh berbeda karena berada di satu kampus yang sama. Hanya saja rencana ini disampaikan oleh Menteri BUMN di penghujung akhir masa kabinet kerja Jilid 1.

Jika tidak ada perubahan menteri BUMN kemungkinan rencana ini akan terealiasai, namun beda cerita jika nanti Presiden memilih menteri baru untuk menggantikan mentri BUMN yang sekarang, bisa jadi rencana ini juga akan berubah. Jika seandainya tidak ada perubahan dan memang terjadi kemungkinan akan ada satu universitas baru yang besar di bawah kementerian BUMN.

Kita bisa sebut sebagai Universitas BUMN, kemungkinan terdapat beberapa fakultas diantaranya : 

  1. fakultas Teknik pertabangan marger dari Universitas Pertamina, 
  2. Fakultas Teknik, Elektro dan 
  3. Teknik Mesin oleh STT PLN, 
  4. Fakultas Ekonomi oleh BRI Institute dan Poltekpos, 
  5. Fakultas Pertanian oleh universitas Semen Indonesia dan STIMLOG.
  6. ITT Surabaya Fakultas Kompuer

Ini baru perkiraan semoga realisasi dari berita ini dapat terlaksana, karena terlalu banyak Perguruan Tinggi juga akan sulit bagi para calon peserta mendaftar sebab butuh biaya lebih pada saat mendaftar, hal ini dapat lebih efisien.

Sementara ini dari masing-masing perguruan tinggi masih menggunakan sistem sendiri-sendiri dalam hal proses penerimaan mahasiswa baru :


Pendaftaran Perguruan Tinggi Aliansi BUMN.
  1. Universitas Pertamina pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/
  2. Sementara untuk untuk STIMLOG pendaftaran mahasiswa baru melalui link http://pmb.stimlog.ac.id/.
  3. Untuk STT PLN proses penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui link https://pmb.sttpln.ac.id
  4. Untuk POLTEKPOS melalui https://pmb.poltekpos.ac.id.
  5. Untuk Universitas Internasional Semen Indonesia melalui https://pmb.uisi.ac.id/.
  6. BRI Institute http://bri.siakadcloud.com/spmbfront/.
  7.  ITT Surabaya mlelalui https://www.ittelkom-sby.ac.id/daftar/.

Kedepan setelah penggabungan Untuk proses pendaftaran kemungkinan terdapat beberapa jalur masuk seperti melalui Kementerian BUMN sendiri atau melalui jalur umum atau reguler, apabila melihat beberapa universitas kementerian lainnya maka akan ada satu jalur khusus yang dibuka langsung melalui website kementerian, sebut saja seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Industri menggunakan situs resmi kementerian untuk penerimaan taruna/i atau mahasiswa baru.

Semoga rencana ini dapat terlaksana di tahun ini, demikianlah informasi yang dapat kami berikan semoga bermanfaat jangan lupa untuk mengupdate informasi agar tidak ketinggalan terima kasih.

0 Response to "Pendaftaran Universitas BUMN 2020/2021"

Posting Komentar