Pendaftaran CPNS 2019 Untuk SMA

SSCASN.BKN.go.id - Pendaftaran CPNS sudah resmi dibuka, lalu muncul pertanyaan dari teman-teman kita di luar sana instansi apa saja yang membuka penerimaan CPNS untuk lulusan SMA/SMK sederajat, lulusan ini masih menjadi mayoritas di Indonesia, meski CPNS identik dengan lulusan para sarjana, bukan berarti tidak ada pembukaan CPNS untuk lulusan SMA.

Selain melalui program Sekolah Ikatan dinas ternyata pemerintah juga membuka formasi dibeberapa instansi khusus untuk lulusan SMA, biasanya formasi dengan porsi yang paling banyak membutuhkan CPNS membuka untuk lulusan SMA.



Data yang kami ambil dari media online dan berdasarkan pengalaman formasi tahun lalu, karena sudah terbukti beberapa instansi pemerintah baik pusat maupun daerah pasti akan membuka penerimaan CPNS khusus Lulusan SMA sederajat.

Untuk lebih jelas kami akan membahas satu persatu, kemungkinan formasi yang paling banyak akan membuka untuk lulusan SMA untuk lebih jelas berikut kami berikan info lengkapnya seperti dibawah ini.


1. Kementerian Hukum dan Ham

Sudah menjadi langganan jika ada pembukaan CPNS kementerian satu ini membuka pendaftar bagi lulusan SMA/SMK, yaitu sebagai sipir penjara, atau penjaga penjara, rata-rata mereka lulusan SMA akan mendaftar formasi ini. KemenkumHAM sendiri masuk dalam instansi pemerintah pusat yang mendapatkan kuota cukup besar tahun ini.


2. Pemerintah Derah Papua dan Papua Barat.

Melalui jalur khusus pemerintah papua membuka kesempatan bagi putra putri terbaik papua untuk dapat mengikuti penerimaan CPNS dengan melonggarkan persyaratan seperti lulusan SMA/SMK bisa mendaftar, hanya saja biasanya formasi yang dibuka hanya untuk daerah khusus Papua dan tidak termasuk daerah lain.


3. Kementerian Perhubungan

Apabila mengacu pada tahun sebelumnya, pemerintah pusat juga membuka penerimaan CPNS khusus lulusan SMA, hanya saja bagi yang ingin mendaftar harus memiliki tinggi badan yang cukup seperti halnya penerimaan CPNS Kemenhub pada umunya.


4. Kejaksaan Agung RI

Jika melihat dari porsi penerimaan kemungkinan untuk lulusan SMA bisa mendaftar CPNS akan terbuka untuk kejaksaan agung RI seperti tahun sebelumnya ada beberapa formasi yang dibuka untuk lulusan SMA/SMK sederajat, ini merupakan kabar gembira bagi lulusan SMA yang sudah menanti lama penerimaan CPNS pada tahun ini.


5. Kementerian Agama

Belum jelas apa saja formasi yang dibuka untuk lulusan SMA tetapi besar kemungkinan ada formasi untuk lulusan sekolah menengah atas, kita tunggu saja update, biasanya staf kantor urusan agama menjadi salah satu formasi yang disediakan.


6. Kepolisan Negara RI

Sudah tidak perlu ditanya melui skema rekrutmen anggota baru lulusan SMA dapat mendaftar CPNS Polisi, meski jumlah kuota yang disediakan tidak terlalu banyak biasanya akan ada beberapa formasi yang dibutuhkan khusus lulusan SMA.


7. Program Percepatan Pembangunan Derah Tertinggal

Daerah yang masuk dalam terget percepatan pembangunan tahun ini akan mendapatkan pengecualian terutama bagi daerah yang memiliki potensi bidang pariwisata dan lainnya, akan banyak menerima CPNS untuk lulusan SMA/SMK sederajat, sayangnya kami belum mendapatkan data kabupaten/kota mana saja yang membuka formasi tersebut, kita harus menunggu sampai rincian formasi lengkap dimuat secara online.


Masih banyak formasi lain baik dari Instansi pusat maupun daerah yang membuka pendaftaran CPNS khusus lulusan SMA tidak bsia disebutkan satu persatu, hanya beberapa instansi dan pemerintah daerah sudah terbukti menyediakan formasi lulusan SMA pada tahun sebelumnya saja yang berani dibahas karena sebelumnya sudah ada dan kemungkinan tahun ini akan kembali dibuka.

Sisanya kita harus menunggu pada saat nanti setelah pembukaan pendaftaran dan semua formasi dimuat melalui situs resmi pendaftaran CPNS, paling tidak kita sudah memperisapkan diri mulai jauh-jauh hari dari sekarang apabila salah satu dari beberapa formasi yang disediakan terbukti membuka penerimaan CPNS khusus lulusan SMA. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pendaftaran CPNS 2019 Untuk SMA"

Posting Komentar