Pendaftaran Online Pengumuman CPNS Daftar-sscasn.bkn.go.id 2021-2022

Info Penting CPNS

Pendaftaran Online Pengumuman CPNS Daftar-sscasn.bkn.go.id 2021-2022 - Mekanisme Pendaftaran Pengumuman CPNS https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu profesi idaman yang diinginkan oleh sebagian besar warga negara Indonesia. Pendaftaran CPNS selalu dibuka setiap tahunnya untuk menyaring sumber daya manusia berkualitas.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadi instansi yang bertanggungjawab terhadap proses selesksi PNS. Seiring peningkatakan taraf hidup dengan memanfaatkan teknologi digital, pendaftaran untuk menyaring tenaga kerja baru dilakukan secara online.



Link tersebut mengarah kepada website resmi untuk mengarah kepada halaman pendaftaran CPNS. Simak artikel berikut untuk mengetahui detail pendaftaran CPNS hingga tahap pengumumannya.


Syarat Pendaftaran CPNS Secara Umum

Sebagai pendaftar CPNS anda perlu mengetahui beberapa persyaratan umum yang ditetapkan oleh pemerintah. Persyaratan tersebut akan membantu anda memiliki kualifikasi dasar untuk mendaftar sebagai CPNS. Berikut persyaratan secara umum yang perlu anda ketahui.

1. Warga Negara Indonesia
  1. Syarat utama untuk mendaftar CPNS adalah anda harus memiliki kewarganegaraan Indonesia. Hal itu menandakan bahwa anda perlu patuh terhadap Pancasila dan UUD 1945. 
  2. Selain itu, anda juga harus patuh terhadap setiap kebijakan pemerintah yang diberlakukan di Indonesia. 
  3. Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, anda juga perlu memiliki kesehatan jasmani dan rohani.

2. Berkelakukan Baik
  1. Syarat selanjutnya untuk menjadi CPNS adalah anda harus memiliki kelakuan yang baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan. 
  2. Anda juga harus terbebas dari berbagai keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum. 
  3. Anda juga harus terbebas dari segala bentuk tindak pidana kejahatan. Hal itu akan menjadi poin penting terhadap calon pengawai negeri.

3. Tidak Diberhentikan dengan Hormat Sebagai PNS sebelumnya
  1. Sebagai calon PNS, anda juga harus memiliki riwayat yang baik. 
  2. Riwayat baik ini dapat dibuktikan dengan tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau tidak dengan permintaan sendiri. 
  3. Diberhentikan dalam hal ini termasuk sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan secara tidak hormat dari pegawai swasta.

4. Tidak Terkait dengan Partai Politik

  1. Setiap CPNS harus terbebas dari ikatan partai politik baik sebagai pengurus ataupun anggota partai politik. 
  2. Anda harus berfokus untuk menjalankan tugas sebagai pegawai negeri sehingga perlu terbebas dari partai politik.
 

 
Pemerintah biasanya mengadakan seleksi untuk penerimaan pegawai negeri sipil secara rutin setiap tahunnya. Mekanisme pendaftaran pengumuman CPNS https://daftar-sscasn.bkn.go.id/ perlu anda ikuti agar daat mendaftar sesuai dengan ketentuan. Jumlah kapasitas penerimaan biasanya berbeda setiap tahun tergantung kebutuhan. Walaupun diadakan setiap tahun, seleksi CPNS selalu menjadi sorotan. Hal itu dikarenakan jumlah penerimaan tidak sebanding dengan pendaftar. Hal itu dapat menjadi dorongan untuk anda agar dapat meningkatkan kualitas diri agar dapat bersaing dengan kandidat lainnya.


Dokumen Penting yang Perlu Dipersiapkan sebagai Persyaratan

Seleksi administrasi menjadi tahapan awal untuk memilih pelamar yang sesuai dengan kriteria dengan melihat beberapa dokumen tertentu. Terdapat beberapa dokumen yang perlu anda persiapkan seabai persyaratan untuk mendaftar CPNS. Dokumen tersebut berbeda antara pendaftar SMA/DII dan Sarjana. Anda perlu memperhatikan dengan baik agar anda dapat lolos seleksi administratif. Berikut dokumen yang perlu anda persiapkan.

Dokumen untuk pendaftar sarjana.
  1. Scan Foto KTP
  2. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm 4 lembar dengan latar belakang merah
  3. Fotokopi Ijazah terakhir beserta Transkip Nilai yang telah Dilegalisir
  4. Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT
  5. Kartu Keluarga 
  6. Scan Surat Lamaran ditandatangani
  7. Scan Surat Peryataan Bermatrai ditandatangani

Dokumen tersebut dapat dilampirkan sebagai pendukung registrasi anda melalui website. Kemudian terdapat beberapa dokumen tambahan yang diperuntukkan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat.
  • Materai Rp 6.000
  • Scan Foto KTP
  • Scan Foto Ijazah/STTB
  • Scan Foto Ijazah SD
  • Scan Foto Ijazah SLTP
  • Scan Foto Ijazah SLTA

Keseluruhan dokumen tersebut perlu anda persiapkan sebagai syarat pendaftaran CPNS. Kelengkapan dokumen juga akan mempengaruhi potensi anda untuk lolos seleksi tahap awal. Setelah anda menyediakan semua dokumen yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran secara online.
 
 
Jadwal
 
Pendaftaran akan dimulai persiapkan diri dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :
  1. Pendaftaran dibuka 30 Juni s.d 21 Juli 2021
  2. Pengumuman Seleksi Admistrasi 28 Juli s.d 29 Juli 2021
  3. Masa Sanggahan dan pengumuman Sanggahan 30 Juli - 9 Agustus 2021
  4. Pelaksanaan SKD 25 Agustus s.d 4 Oktober 2021
  5. Pengumuman Hasil SKD 17 Juli s.d 18 Oktober 2021
  6. Pelaksanaan SKB 8 November s.d 29 November 2021
  7. Pengumuman Kelulusan 18 Desember s.d 19 Desember 2021 
  8. Penetapan NIK dan NI PPPK 19 Januari s.d 18 Februari 2022

Anda perlu mengikuti alur mekanisme pendaftaran pengumuman CPNS https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun. Setiap langkah perlu anda simak dan lakukan dengan benar agar dapat melakukan pendaftaran tanpa hambatan.


Mekanisme Pendaftaran Pengumuman CPNS https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun

Pendaftaran CPNS dimulai dari pembuatan akun melalui https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun klik menu Registrasi untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

Pembuatan Akun SSCASN

  1. Ada dua dokumen wajib yang harus dipersiapkan dalam proses pendaftaran seperti nomor KTP dan KK.
  2. Nantinya data KTP dan KK akan langsung terkoneksi dengan data capil tidak perlu mengisi data secara manual.
  3. Masukan email dan password kemudian lengkapi data lainnya yang masih kosong.
  4. Swafoto dengan KTP wajib untuk proses verifikasi.
  5. Upload dokumen yang dibutuhkan seperti KTP KK dan Swafoto dengan KTP.
  6. Kirim Form
  7. Verifikasi pendaftaran melalui email terdaftar.
  8. Login kembali ke https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login download bukti pendaftaran akun SSCASN digunakan untuk swafoto melakukan pengisian formulir pendaftaran.

 

Pendaftaran SSCASN

Setelah memiliki akun SSCASN gunakan username NIK KTP kemudian password yang sudah dibuat pada proses pembuatan akun SSCASN melalui link https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login klik menu Login untuk lebih jelas seperti dibawah ini :

Petunjuk Pengisian Biodata 

  1. Isilah bagian formulir yang wajib diisi pada bagian "Silahkan Lengkapi Data Anda" (ditandai dengan tanda * ) 
  2. Anda diwajibkan mengisi gelar depan, gelar belakang dan jenis disabilitas. Bila anda tidak memiliki gelar depan/gelar belakang silahkan isi '-'. 
  3. Khusus untuk Kolom Media Sosial, Anda dapat mengisinya dengan Menyebutkan alamat URL atau nama akun media sosial diikuti dengan jenis media sosial dalam tanda kurung. Jika memiliki lebih dari satu akun, pisahkan dengan tanda koma. * Contoh: @joko (Instagram), @joko (Facebook) 
  4. Pelamar yang sedang dalam proses mengikuti program beasiswa dan akan ditetapkan sebagai Calon PNS dapat melanjutkan program beasiswanya setelah yang bersangkutan berstatus PNS. 
  5. Jika sudah, isilah CAPTCHA berikut di bawah ini dan klik tombol "Selanjutnya" PERHATIAN Pastikan Anda mengakhiri pendaftaran di tahapan terakhir (Resume) agar berkas Anda dapat diverifikasi oleh instansi. 
  6. Anda tidak diperkenankan mengubah data setelah mengakhiri pendaftaran. Penghitungan Usia pada saat melamar dihitung pada waktu Anda mengakhiri pendaftaran. 

Petunjuk Pemilihan Formasi 

  1. Pilihlah Instansi dan Jenis Formasi dari Formasi tujuan pendaftaran. 
  2. Klik tombol "Pilih" untuk melakukan pengecekan formasi serta syarat batas umur instansi. 
  3. Kemudian tentukan Pendidikan, Jabatan dan Lokasi Formasi dari Formasi tujuan pendaftaran. * Untuk beberapa jenis Jabatan, Anda mungkin perlu memberikan masukan informasi tambahan terkait Jabatan tersebut. * Untuk Instansi tertentu, Anda diwajibkan untuk memilih Lokasi Test Ujian CAT sesuai keinginann. 
  4. Kemudian untuk formasi yang membutuhkan pendidikan di Perguruan Tinggi, Anda harus mengisi Jenis Perguruan Tinggi (Dalam/Luar Negeri), Nama PT dan Prodi (Autocomplete sesuai data dari Kemristekdikti), Nama PT sesuai ijazah dan akreditasi. * Jika nama PT dan Prodi tetap tidak muncul di autocomplete dengan segala kombinasi inputan, harap menghubungi Helpdesk SSCASN BKN Terakhir, isilah data terkait pendidikan terakhir Anda sesuai dengan pendidikan yang dipilih. 
  5. Kemudian isi CAPTCHA di bawah di Klik Tombol "Selanjutnya" untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Ketentuan unggah dokumen 

  1. Format berkas yang diterima: PDF atau JPEG sesuai ketentuan per jenis dokumen. 
  2. Ukuran minimal setiap berkas adalah 100KB, dengan ukuran maksimal tergantung jenis berkas. 
  3. Jika ukuran berkas melebihi ketetuan, silahkan dikecilkan ke resolusi lebih kecil dengan catatan tulisan pada berkas harus terbaca dengan baik 
  4. Segala bentuk salah unggah / unggah tertukar / berkas unggah tidak terbaca merupakan tanggung jawab dari pendaftar. 
  5. Jika sudah selesai menggungah, harap mengecek hasil unggahan dengan menekan tombol "Lihat". 
  6. Anda dapat mengunggah ulang berkas (misalnya: jika hasilnya tidak jelas, terpotong) sesuai keperluan sebelum mengakhiri pendaftaran.
  1. Pastikan dokumen yang diunggah sudah benar, dengan tulisan dan gambar yang tampak jelas dan bisa diverifikasi oleh verifikator. 
  2. Untuk mengecek isi suatu dokumen, klik pada tombol "Lihat" pada masing-masing dokumen. Periksa Kembali persyaratan yang disyaratkan pada pengumuman instansi. Jika ada ketidakcocokan dengan persyaratan pada halaman ini, maka harap melapor kepada Instansi yang Anda lamar. 
  3. Penggantian Dokumen persyaratan setelah Resume tidak dapat dilakukan. 
 
Petunjuk mengenai Resume 
  1. Silakan klik pada centang (v) pada setiap data di atas, pastikan seluruh data yang Anda entri sudah benar. 
  2. Jika ada yang belum sesuai, Anda diperkenankan untuk melakukan perubahan dengan cara klik pada tombol Sebelumnya atau klik pada salah satu nama tahapan di bagian atas layar. 
  3. Pastikan kembali seluruh dokumen yang diunggah sudah sesuai, tidak ada yang tertukar dan dapat terbaca dengan jelas. 
  4. Jika sudah, silakan memberi tanda centang pada pernyataan di bawah ini, kemudian mengklik tombol Akhiri dan Proses Pendaftaran. 
  5. Jika sampai pada saat batas akhir pendaftaran pendaftar tidak mengakhiri pendaftaran, maka pendaftar dianggap gugur dan tidak akan masuk ke tahap verifikasi berkas oleh instansi.
 
 
Tahapan Setelah Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS
  1. Login kembali ke situs https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login gunakan NIK dan Password sesuai tanggal seleksi verifikasi adminstrasi.
  2. Pilih ke menu Kartu Peserta, apabila lulus seleksi adminstrasi kartu peserta yang sudah disahkan secara elektronik bisa di donwload dan ikuti tes sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  3. Namun bagi yang tidak lulus dapat mengikuti prosedur sanggahan dengan memperbaiki data persyaratan yang belum memenuhi persyaatan.
  4. Kemudian ajukan sanggahan, dan tunggu hasil pengumuman sanggahan, baru bisa download kartu peserta apabila sanggahan diterima.

Tahapan Seleksi CPNS

Setelah selesai melakukan pendaftaran hingga lulus seleksi adminstrasi peserta diarahkan mengakses jadwal dan lokasi tes melalui BKPSDM formasi yang dipilih apabila memilih Kabupaten/kota/provinsi, untuk formasi pusat/lembaga silahkan kunjungi situs resmi lembaga tersebut :

  1. Buka link BKPSDM tempat mendaftar, cek pengumuman berita cari lokasi dan jadwal kemudian donwload pdf.
  2. Cari nomor peserta tes CPNS kemudian cek tanggal maupun lokasi.
  3. Berdasarkan pengalaman sebelumnya penetapan tanggal dan lokasi akan berubah-rubah bahkan 2-3 kali pastikan setiap peserta mengunjungi web resmi setiap hari sampai tanggal tes dilaksanakan.
  4. Akan ada sesi tes yang akan diikuti. 

Kelengkapan Tes SKD

  1. Menggunakan baju putih, selana hitam dasar dengan sepatu formal hitam.
  2. Tidak menggunakan tali pinggang, aksesoris seperti gelang, kalung maupun anting-anting.
  3. Tidak perlu membawa HP saat tes dikwatirkan hilang karena akan ditinggal di tas.
 Tahapan Tes SKD
  1. Peserta akan melakukan kompirmasi pendaftaran ulang kehadiran sesuai jadwal, lokasi dan sesi tes yang diikuti.
  2. Nantinya setiap peserta akan diarahkan ke meja panitia sesuai dengan intruksi untuk melakukan pendaftaran ulang sebelum tes SKD dilaksanakan.
  3. Masing-masing peserta wajib datang 1 jam sebelum pelaksanaan tes.
  4. Mengantri akan di cap sebagai bukti kehadiran, kemudian diarahkan ke tempat penyimpan barang/tas dan mengambil nomor penitipan barang.
  5. Selanjutnya akan menuju ruang tes dengan pemeriksaan ketat dan sesuai aturan prokes.
  6. Setiap peserta akan langsung menghapiri meja panitia dalam sebelum tes dn akan diarahkan ke meja masing-masing.
  7. Tidak perlu membawa alat tulis karena akan disiapkan panitia.
  8. Hasil SKD akan langsung muncul setelah berakhirnya waktu SKD.

Anda juga perlu berhati-hati karena proses registrasi dan seleksi tidak dipungut biaya sehingga ketika anda dimintai sejumlah dana yang mengatasnamakan panitia, itu bukanlah tindakan yang benar. Ikutilah tahapan seleksi dengan sportif untuk memajukan Indonesia kearah yang lebih baik.