Cara Pendaftaran Online PPDB Prov NTT 2018/2019

Ntt.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online Prov PPDB NTT 2018/2019 - Provinsi NTT merupakan salah satu provinsi besar yang ada di wilayah timur Indonesia, tahun ini provinsi ini menjadi salah satu peserta PPDB, apa itu PPDB bagi yang belum mengetahui sekilas PPDB berikut infornya, PPDB merupakan singkatan dari penerimaan peserta didik baru ditujukan bagi mereka yang ingin mendaftar sekolah dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Hanya saja yang membedakan dengan PPDB biasa yaitu proses untuk PPDB Online akan dilaksanaknan secara online hal ini akan memudahkan para pendaftar untuk entry data, jadi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, meski tidak semua proses pendaftaran melalui online, tetapi sebagian besar online.



Nantinya peserta yang sudah melakukan pendaftaran harus membawa persyaratan untuk dilakukan verifikasi hingga proses pendaftaran selesai, untuk yang berminat diharapkan para peserta yang ingin mendaftar membaca lebih teliti tentang atauran serta ketentuan yang berlaku, dikutip dari situs resmi PPDB Online NTT https://ntt.siap-ppdb.com berikut informasi lengkap seputar pendaftaran PPDB Online NTT.


Umum

Proses pendaftaran PPDB akan di Provinsi NTT akan berlangsung dan dilaksanakan secara online oleh masyarakat sekitar, untuk bisa mengikuti jalur PPDB ini peserta harus memilih salah satu jalur pendaftaran yaitu jalur umum, proses pendaftaran akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditetapkan, sekedar informasi untuk jalur umum bisa diikuti oleh siapa saja.

Khusus

Selain dari jalur umum terdapat jalur khusus yang bisa diikuti oleh peserta hanya saja tidak semua orang bisa mengikuti pendaftaran jalur ini, oleh sebab itu sebelum mendaftar harus mengecek apa saja persyaratan yang diajukan sesuai ketentuan yang berlaku baru bisa mendaftar.


Apakah kalian sudah mulai mengetahui jalur mana yang harus dipilih, untuk waktu pendaftaran PPDB NTT tidak akan berlangsung lama jadi kalian harus memastikan pembukaan dan jadwal tutup pendaftaran, jika sudah begitu tinggal ikuti proses dan melengkapi berkas pendaftaran sampai dengan selesai. Adapun persyaratan PPDB Online NTT dapat dicek seperti berikut ini :


PERSYARATAN UMUM
  • Persyaratan PPDB bagi calon peserta didik baru SMA/SMK, sebagai berikut : memiliki SHUN SMP/SMPLB/MTs, DNUN Paket B; 
  • berusia maksimum 21 (dua puluh satu) tahun pada hari pertama masuk sekolah; dan 
  • memiliki Kartu Keluarga (KK).
  •  Persyaratan PPDB bagi calon peserta didik baru SDLB, SMPLB, dan SMLB diatur oleh satuan pendidikan masing-masing.

PERSYARATAN KHUSUS
  • Persyaratan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru SMA dan SMK adalah sebagai berikut: Mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan oleh panitia sekolah sesuai dengan Formulir Peserta Didik dari Dapodik untuk yang offline dan mengisi formulir secara online apabila mendaftar pada sekolah yang melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru secara online; 
  • Foto copy ijazah SMP/MTs/Paket B atau surat keterangan lain yang setara dengan membawa/menunjukkan aslinya; 
  • Foto copy SHUN dengan membawa aslinya, jika SHUNnya belum diambil maka bisa menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional dari Kepala Sekolah; 
  • Pas foto terbaru; 
  • Foto copy Kartu Keluarga dengan membawa/menunjukkan aslinya; 
  • Bagi calon peserta didik asal luar kabupaten/kota harus melampirkan surat keterangan pindah domisili; 
  • Usia calon peserta didik setinggi-tingginya 21 tahun pada tanggal 3 Juli 2018; 
  • Fotokopi akta kelahiran dengan membawa aslinya; 
  • Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru tidak boleh diwakilkan; 
  • Persyaratan tambahan lainnya dapat diatur oleh satuan pendidikan masing-masing.

Cara Pendaftaran

Silahkan lengkapi persyaratan agar bisa mendaftaran, jika sudah tinggal ikuti pendaftaran PPDBnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, untuk itu berikut informasi mengenai cara pendaftaran silahkan ikuti mulai dari awal sampai dengan selesai :


Pendaftaran

Proses pendaftaran PPDB Online NTT dimulai dari pengajuan pendaftaran yang dilakukan melalui situs resmi https://ntt.siap-ppdb.com proses ini berlangsung secara online, keuntungan dari sistem online adalah dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Setelah selesai silahkan cetak dari bukti pengajuan pendaftaran tersebut.


Pemberkasan dan Verifikasi

Selanjutnya peserta membawa bukti pengajuan pendaftaran bersama dengan berkas persyaratan kemudian menyerahkannya ke operator dilokasi pendaftaran yang ada di sekolah pilihan anda nantinya panitia akan melakukan verifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setelah berhasil peserta akan menerima dari bukti pendaftaran yang telah dicetak, harap disimpan sampai proses pendaftaran selesai.


Pengumuman Hasil Akhir

Setelah berhasil mendaftar tahap selanjutnya adalah mengikuti seleksi yang akan berjalan secara online kita hanya harus menunggu sampai mengumuman hasil akhir di umumkan juga melalui online https://ntt.siap-ppdb.com.


Lapor Diri

Bagi peserta yang dinyatakan lulus kami ucapkan selamat, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan setelah dinyatakan lulus yaitu mendatangi sekolah tempat lulus kemudian melakukan lapor diri dengan membawa dokumen kelengkapan yang sudah ditentukan dari sekolah ikuti sampai proses tersebut selesai.


Sementara untuk peserta yang sudah dinyatakan lulus namun tidak melakukan lapor diri sampai batas waktu yang telah ditentukan maka peserta yang lulus sewaktu-waktu dapat dibatalkan status kelulusannya, semoga informasi yang sudah kami berikan bisa berguna terutama bagi peserta PPDB Online NTT.

Demikian informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat jangan lupa untuk terus update informasi terbaru lainnya seputar PPDB Online daerah lain, untuk memastikan apakah informasi yang kalian peroleh sesuai dengan situs resmi silahkan langsung mengunjungi link resmi https://ntt.siap-ppdb.com.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online PPDB Prov NTT 2018/2019"

Posting Komentar