Pendaftaran Pengumuman CPNS Lulusan SMA/SMK/MA 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Lulusan SMA/SMK/MA 2019/2020 - Pendaftaran CPNS menjadi hal yang dinanti oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan pegawai negeri menjadi salah satu profesi yang diidamkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengabdi kepada negara sebenarnya bukan hal yang mudah.

Pendaftaran pengumuman CPNS lulusan SMA/SMK/MA juga perlu diperhitungkan. Tidak semua sumber daya yang dibutuhkan pemerintah harus bergelar sarjana. Peluang yang diberikan instansi pemerintahan akan memiliki batas lulusan minimum SMA/SMK/MA untuk dapat menjadi pegawai negeri.


Setiap pendaftar tentu akan menjalani tahapan seleksi yang ketat. Tahapan awal seleksi akan dimulai dengan seleksi administrasi atau pemberkasan. Pengumuman hasil seleksi dapat diakses melalui website resmi BKN.

Persyaratan Pendadftaran CPNS Lulusan SMA/SMK/MA

Jika anda termasuk lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang ingin menjadi salah satu pegawai negeri sipil, maka kesempatan masih sangat terbuka untuk anda. Pendaftaran pengumuman CPNS lulusan SMA/SMK/MA masih terbuka lebar. Formasi lulsuan SMA/SMK/MA dapat masuk sebagai pegawai negeri untuk beberapa posisi. Pendaftar tentu harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  1. Setiap pelamar  CPNS harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Warga negara asing tidak diperkenankan untuk melakukan pendaftaran sebagai CPNS
  2. Tidak pernah menjalani tindakan pidana penjara yang didasarkan pada putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap dengan pidana penjara hingga dua tahun atau lebih
  3. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat baik atas permintaan sendiri atau diberhentikan secara tidak hormat atas permintaan instansi sebagai PNS, anggota POLRI/TNI, Pegawai BUMD/BUMN atau diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
  4. Setiap pelamar yang berkedudukan sebagai calon pegawai sipil atau pegawai negeri sipil, angota POLRI, prajurit TNI, dan siswa sekolah ikatan dinas yang diselenggarakan oleh Pemerintah tidak diperkenankan untuk mendaftar
  5. Tidak terlibat dalam politik praktis atau sebagai anggota atau pengurus partai politik
  6. Mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang akan dilamar
  7. Memliki jasmani dan rohani yang sehat dengan kriteria yang sesuai dengan posisi jabatan yang akan dilamar
  8. Tidak dalam keadaan ketergantungan terahdap narkotika dan obat terlarang ataupun sejenisnya yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah dan surat tersebut masih berlaku (surat wajib dilampirkan setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan kebutuhan SDM untuk PNS tidak hanya terbatas pada beberapa wilayah saja. Pendaftara dan penempatan akan dilakukan secara keseluruhan untuk wilayah NKRI
  10. Tidak bertato atau memiliki bekas tato dan tindik atau bekas tindik pada anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat bagi wanita dan pria
  11. Nilai minimal pada Ijazah  calon merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA yaitu rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer) atau sesuai dengan kebutuhan instansi yang akan dilamar
  12. Usia minimal untuk mendaftar sebagai CPNS adalah 18 tahun dan maksimal 28 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk SMA/SMK/MA
  13. Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan : Pria minimal 160 cm. Wanita minimal 155 cm.
  14. Setiap pelamar yang melakukan pendaftaran di Kantor Wilayah harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP yang dimiliki. Ketika pelamar CPNS memiliki domisili yang tidak sesuai dengan KTP namun ingin mendaftar pada wilayah domisilinya, maka wajib membuat surat keterangan dari kantor desa setempat.

Cara Pendaftaran CPNS Lulusan SMA/SMK/MA melalui Akun CPNS SSCN

Seluruh prosedur pendaftaran pengumuman lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat akan dilakukan secara online melalui webstie sscn.bkn.go.id. Hal itu mendorong setia pelamar perlu memahami dengan baik prosedur yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi. Sistem pendaftaran dilakukan secara online sehingga pastikan anda memiliki koneksi internet yang baik.
  1. Buatlah akun melalui situs resmi BKN. Lakukan pendaftaran dengan mengisikan beberapa informasi data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK)  atau NIK Kepala Keluarga. Anda juga harus mengisikan alamat email aktif, dan memasukan password yang akan digunakan untuk masuk ke akun portal SSCN. Pastikan semua form sudah terisi dan kemudian klik Daftar.
  2. Setelah itu anda dapat mencetak kartu yang berisi informasi akun SSCN. Anda dapat mencetak kartu ini sebagai tanda bahwa anda telah melakukan registrasi.
  3. Kemudian anda dapat masuk ke portal SSCN dengan NIK dan password yang sudah anda daftarkan pada halaman sebelumnya. Ketika anda lupa password yang anda gunakan, maka anda dapat memilih link lupa password untuk memulihkan password anda.
  4. Kemudian lengkapilah data pemilihan instansi dan memilih formasi yang sesuai dengan isntansi yang anda pilih.
  5. Anda dapat mengunggah dokumen persyaratan pada form yang tersedia. Pastikan dokumen yang anda unggah sudah sesuai dengan kriteria persyaratan baik dari jenis file dan ukuran file yang akan diunggah.
  6. Cetak kartu pendaftaran SSCN sudah dapat dilaksanakan. Kemudian anda dapat memulai pemberkasan yang didasarkan pada persyaratan pendaftaran yang diberlakukan untuk setiap institusi. Lakukan copy kartu pendaftaran untuk keperluan verifikasi.
  7. Dokumen yang anda unggah kemudian akan masuk dalam tahap verifikasi oleh tim verifikator. Ketika anda lulus seleksi administrasi, maka anda dapat mencetak kartu ujian CPNS untuk melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya yaitu CAT.
  8. Perlu anda ketahui bahwa satu pelamar hanya dapat memilih satu formasi saja sesuai dengan kualifikasi pendiidkan dalam satu institusi dan satu periode.

Proses seleksi dilakukan secara online dari tahap registrasi awal hingga pengumuman. Satu hal yang perlu anda ingat bahwa pendaftaran pengumuman CPNS lulusan SMA/SMK/MA ini tidak dipungut biaya. Hal itu membuat anda perlu waspada ketika ada oknum yang meminta sejumlah dana untuk biaya pendaftaran. Seluruh rangkaian seleksi dilaksanakan secara gratis.

Pendaftaran pengumuman CPNS lulusan SMA/SMK/MA menjadi satu peluang yang ditunggu-tunggu ditahun ini. Terdapat ratusan ribu kesempatan untuk menjadi PNS sehingga anda harus menyiapkan diri agar sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Seitap prosedur yang dilakukan secara online tentu dapat memudahkan siapa saja di seluruh Indonesia untuk memiliki kesempatan melamar CPN. Pastikan anda melakukan registrasi hanya di sscn.bkn.go.id dan ikuti setiap langkahnya.

66 Responses to "Pendaftaran Pengumuman CPNS Lulusan SMA/SMK/MA 2019/2020"

  1. Gimana rakyat mau daftar cpns kalau pemdatfar blog nya gak di kasih tau . Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pendaftaran cpns dilahkan diakses melalui situs sscn.bkn.go.id

      Hapus
  2. knapa link sscn.bkn.go.id tidak bisa diakses padahal sudah lewat hp dan komputer,tetap saja tidak bisa diakses

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya kak website sscn.bkn.go.id baru bisa dibuka tanggal 19 september ya

      Hapus
  3. Untuk yang smk sederajat daftar apa sama mualai taggal 19?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya untuk lebih jelas langsung aja cek di sscn.bkn.go.id kemudian pilih lowongan cari yang sma/smk sederajat

      Hapus
  4. Untuk formasinya juga belum ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada kakak silahkan di cek namun dibuka secara bertahap

      Hapus
  5. Min...
    Knp sampe sore ini blm bisa di akses situs cpns on line

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk web sscn.bkn.go.id sudah bisa diakses silahkan dibuka

      Hapus
    2. Maaf Sy mw nanya untuk pembukaan cpns 2019 SMA Bulan kapan dmulai ya tks.

      Hapus
    3. untuk wilayah khusus papua sudah ditutup

      Hapus
  6. ko sampai sekarang belum bisa juga yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika mau coba malam kakak sampai subuh biasanya lancar dan bisa

      Hapus
  7. Cara daftar onlinenya gimana ya kak
    .??

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ke sscn.bkn.go.id aja, untuk mekanisme pendaftaran bisa dilihat di https://www.pendaftaran.net/2017/07/cara-pendaftaran-sscn-bkn-go-id.html

      Hapus
  8. Dari tanggal 19 sampai sekarang kok susah buka website sscn.bkn.go.id.bagaimana cara nya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. per tanggal 30 ini BKN akan melakukan upgrade server setelah tanggal tersebut insya Allah bisa lancar dan normal ditunggu aja sampai tanggal upgrade.

      Hapus
  9. Apakah ada peluang cpns 2018 untuk lulusan SMA

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kakak silahkan cek di sscn.bkn.go.id di lowongan

      Hapus
  10. Gimana untuk kemenham atau intel

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada silahkan dicek di sscn.bkn.go.id pilih lowongan untuk melihat formasi

      Hapus
  11. Kalau da siap daftar online harus kirim berkas melalui kantor pos lagi y min?? Apa tunggu kode ferivikasi kartu ujiannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung formasi yang dipilih kalau untuk kemenkumham iya harus di kirim

      Hapus
  12. Min tanggal berapa pendaftarannya dan berakhir pendaftarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ditutup untuk penerimaan CPNS.

      Hapus
  13. Min kenapa yang gagal di tahun 2018 tidak bisa mencoba ulang cpns di 2019 tamatan sma,kapan ada penerinaan untuk umum khususnya tamatan sma untuk cpns 2019 m

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk yang gagal tahun lalu tetap bisa ikut cpns tahun ini, silahkan gunakan user dan login sscn yang sudah anda buat tahun lalu tidak perlu registrasi akun lagi, kemudian pilih katagori umum.

      Hapus
  14. Kapan pendafrayannya kak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah mulai dibuka silahkan dicek di sscn.bkn.go.id

      Hapus
  15. Bang ijazah saya keluar bulan juni. Apakah masih bisa mendaftar pada bulan juni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih dibuka bisa mendaftar, tapi kalau sudah tutup tidak bisa lagi

      Hapus
  16. Masih buka lagi pendaptarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih silahkan cek ke https://sscn.bkn.go.id/lowongan

      Hapus
  17. Ditutup tanggal brp ya min pendaftarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 17 mei dapat dicek melalui https://sscn.bkn.go.id/lowongan

      Hapus
  18. Bang bagaimana mengisi formasi padahal ijazah belum keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika belum keluar paling tidak memiliki tanda bukti kelulusan seperti SKHU, namun apabila belum pengumuman dipastikan tidak bisa mendaftar

      Hapus
  19. Admin, nanti kalau ujiannya online di mana di laksanakan?? Sy dari luar Papua, Kota asal Sumatera Utara

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman tahun kemarin pelaksanaan tes ada 3 daerah yang ada di Papua salah satunya ibukota papua, jadi kalian harus berangkat ke papua untuk ikut tes

      Hapus
  20. Kak kalo ijazah blom turun gmn ya kak ? Apakah bisa pakai skl / surat mengikuti UN ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jika mendaftar Sekolah Kedinasan namun untuk mengikuti tes CPNS umum tidak bisa

      Hapus
  21. masih buka pendaftarannya tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih silahkan langsung cek ya di sscn.bkn.go.id atau untuk sekolah kedinasan di dikdin.bkn.go.id

      Hapus
  22. pendaftarannya dibuka tiap tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pemerintah, pembukaan CPNS tidak dibuka setiap tahun karena ada moratorium

      Hapus
  23. Jika tidak memiliki sertifikat komputer apakah bisa min?

    BalasHapus
  24. Mau tanya apa benar usia maksimal 28 tahun sedangkan saya baca dari salah satu link usia maksimal 35 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lulusan SMA memang benar rentang usia 25-28 tahun sedangkan untuk usia 30-35 tahun untuk usia maksimal lulusan sarjana keatas

      Hapus
  25. Boleh daftar cpns+sekolah kedinasan sekaligus??

    BalasHapus
    Balasan
    1. penerimaan CPNS umum non sekolah kedinasan berbeda dengan sekolah kedinasan jadi perbolehkan, namun apabila memilih dua formasi di pilihan tes yang sama maka tidak diperbolehkan

      Hapus
  26. Tamatan sma batas umur berapa min...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk batas usia bervariasi, antara 25-28 tahun tergantung formasi penerimaan.

      Hapus
  27. Min , pendaftaran cpns 2019 dibuka mulai kapan ? Formasinya apa aja ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tahun 2019 baru dibuka daerah yang tertunda tahun kemarin salah satunya adalah papua, formasi di dominasi oleh formasi guru dan kesehatan bisa dicek langsung ke https://sscn.bkn.go.id/lowongan sayangnya sudah ditutup

      Hapus
  28. Untuk jateng dibuka lg kpn y min? Untuk llusan SMA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu aja kita berdoa semoga tahun ini ada bukaan

      Hapus
  29. Untuk daerah bali kapan pendaftarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada pembukaan ditunggua aja ya,

      Hapus
  30. Untuk lowongan cpns sma 2019 apa masih dibuka? Persyaratannya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ditutup dan tahun ini belum dibuka kembali

      Hapus
  31. Kak kalau sma lulusan 2k19 apakah sudah bisa mendaftar, terutama di wilayah jawa timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada pembukaan CPNS tahun ini, jika ada bukaan segera akan kami informasikan

      Hapus
  32. Min klu lulusan SMA perhotelan apakah boleh ikut pengangkatan CPNS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa biasanya pembukaan melalui Kemnterian Pariwisata

      Hapus