Pendaftaran Pengumuman CPNS 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS 2018/2019 - Cara Pendaftaran Akun, Pengisian Biodata, Upload Berkas Hingga Pengumuman di web  SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran CPNS menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu. Pasalnya setiap tahun pemerintah selalu membuka kesempatan untuk menduduki bangku pegawai negeri.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pendaftaran CPNS dilakukan secara serentak dengan melakukan registrasi melalui halaman web. Cara pendaftaran akun, pengisian biodata, upload  berkas hingga pengumuman di web sscn.bkn.go.id memudahkan setiap calon pendaftar untuk memperoleh informasi dengan cepat.


Penggunaan website untuk sistem pendaftaran dapat menjadi solusi terbaik agar setiap orang dapat memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan pendaftaran tanpa terkendala jarak dan waktu. Pendadftaran juga hanya diselenggarakan melalui website resmi saja, jadi pastikan anda hanya melakukan registrasi pada halaman web resmi saja.


Petunjuk Cara Pendaftaran Registrasi Akun sccn.bkn.go.id

Anda perlu mengikuti beberapa langkah dalam cara pendaftaran akun, pengisian biodata, upload berkas hingga pengumuman di web sccn.bkn.go.id untuk dapat mencalonkan diri anda sebagai bagian dari CPNS. Beberapa dokumen mungkin perlu anda persiapkan untuk melengkapi persyaratan.
  1. Lakukan registrasi di halaman resmi https://sscn.bkn.go.id. Dihalaman tersebut anda dapat melihat beberapa informasi penerimaan CPNS yang tersedia di portal. Untuk pendaftaran anda dapat memilih menu pendaftaran.
  2. Pada menu pendaftaran anda dapat mengisikan NIK, Nomor KK atau NIK Kepala keluarga. Anda juga diwajibkan mengisi informasi mengenai email anda yang aktif. Pastikan anda mengisikan password yang mudah di ingat.
  3. Setelah data dilengkapi maka anda dapat melakukan cetak kartu informasi akun SCCN 2018.
  4. Lakukan login ke portal SCCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah anda daftarkan untuk melakukan langkah selanjutnya.
  5. Setelah anda berhasil login, segera lengkapi biodata anda dan memilih instansi. Anda juga dapat memilih jenis formasi yang sesuai dengan isntansi. Kemudian unggah dokumen yang termasuk sebagai persyaratan untuk melakukan pendaftaran di instansi tersebut. Setelah anda melengkapi semua pendaftaran, anda dapat melakukan pencetakan kartu pendaftaran sccn 2018.
  6. Selanjutnya lakukan pemberkasan yang didasarkan kepada persyaratan pendaftaran yang terdapat pada instansi. Copy dari kartu pendaftaran sccn diperlukan untuk proses verifikasi sehingga anda wajib melampirkannya.
  7. Tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas berdasarkan dokumen yang dikirmkan oleh pelamar sesuai dengan persyaratan. Ketika pelamar dinytakan lulus seleksi administrasi, maka pelamar dapat mencetak kartu peserta ujian CPNS 2018. Kartu tersebut akan digunakan untuk CAT (Computer Asisted Test) yang diselenggarakan oleh BKN.

Langkah tersebut merupakan tahapan awal saat anda melakukan pendaftaran sebagai CPNS. Sebagai pelamar, anda hanya dapat memilih satu formasi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan dalam satu instansi dan satu periode saja.


Dokumen Persiapan Pendaftaran CPNS 2018

Setelah anda mengetahui gambaran umum pendaftaran CPNS, maka anda perlu mengetahui juga dokumen yang perlu dipersiapkan. Dokumen ini menjadi persyaratan utama ketika anda melakukan pendaftaran CPNS.
  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah Terakhir
  4. Transkip Nilai
  5. Pas Foto
  6. Dokumen pendukung lain yang disesuaikan dengan persyaratan masing-masing instansi yang akan dilamar.

Setiap instansi yang akan anda lamar tentu memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Anda harus melengkapi keseluruhan data yang ada agar dapat mempermudah anda untuk lolos seleksi administratif.

Prosedur Pengisian Biodata dan Instansi CPNS 2018 di Website SCCN

Pastikan anda telah berhasil melakukan pendaftaran di halaman sccn.bkn.go.id dan login dengan menggunakan NIK dan password yang anda buat. Anda juga dapat memilih opsi lupa password saat anda lupa pasword yang anda buat untuk login. Berikut prosedur pengisian biodata CPNS 2018.
  1. Masuk ke https://sscn.bkn.go.id dengan mengklik menu yang berada di sudut kanan atas. Kemudian anda akan dihadapkan pada halaman menu login. Masukan NIK dan password anda kemudian klik Masuk.
  2. Kemudian akan tampil form biodata pelamar. Pada form ini anda dapat mengisikan alamat domoisili pada form sesuai dengan KTP termasuk propinsi, kabupaten/kota, nomor telepon, tinggi badan, status kawin, dan nomor hp. Klik simpan ketika anda sudah melengkapi semua form.
  3. Setelah itu anda dapat melakukan pendaftaran instansi dengan memilih menu daftar dan pilih jenis formasi. Pilihlah formasi yang sesuai dengan pembukaan instansi yang dapat dilihat di pengumuman instansi.
  4. Setelah anda memilih instansi yang dituju, anda dapat memilih tombol cek kemudian tampil form pendaftaran. Klik daftar kembali untuk melakukan reset jenis formasi yang dipilih. Instansi yang menggunakan SCCN hanya dapat dilakukan dengan sekali klik saja dan tidak dapat dirubah.
  5. Instansi yang tampil di halaman anda merupakan instansi yang telah dibuka pendaftarannya dan disesuaikan dengan pengumuman dari instansi.
  6. Pastikan anda telah yakin terhadap instansi pilihan anda dan klik ok untuk melanjutkan. Selanjutnya anda dapat melengkapi form pendaftarannya.

Petunjuk Umum Upload Dokumen di Halaman SCCN

Cara pendaftaran akun, pengisian biodata, upload berkas hingga pengumuman di web sccn.bkn.go.id bukanlah hal yang sulit ketika anda sudah menyiapkan seluruh data dan dokumen yang dibutuhkan. Setelah anda melakukan pengisian biodata dan pemilihan instansi maka anda perlu mengunggah dokumen yang diperlukan.
  1. Setiap instansi dapat menampilkan form upload dokumen yang berbeda karena form unggah akan disesuaikan dengan kebutuhan dokumen masing-masing instansi.
  2. Setelah anda berada dihalaman upload dokumen, anda dapat memilih menu choose file sehingga anda akan diarahkan ke file manager.
  3. Pilih dokumen yang sesuai dengan form upload. Dokumen yang diunggah harus berupa file gambar dengan format .jpg atau .jpeg .png untuk foto dan ukuran maksimalnya adalah 200kb. Untuk dokumen anda dapat mengugngah file pdf dengan ukuran maksimal 300kb.
  4. Nama dari setiap dokumen yang anda upload akan tampil setelah dokumen tersebut dipilih.
  5. Sistem akan melakukan validasi apakah dokumen yang anda unggah sudah sesuai dengan format dan ukurannya. Ketika dokumen belum sesuai maka anda harus mengupload ulang. Dokumen yang sesuai akan disimpan pada sistem.
  6. Anda juga dapat melakukan pembatalan upload dengan klik tombol kembali

cara pendaftaran akun, pengisian biodata, upload berkas hingga pengumuman di web sccn.bkn.go.id akan membantu anda untuk mendapatkan informasi terlengkap mengenai pendafaran CPNS 2018. Karena pendaftaran dilakukan secara online, pastikan anda memiliki koneksi internet yang baik. Pengumuman hasil seleksi administrasi juga akan dilaksanakan secara online dan terdapat pada website.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS 2018/2019"

Posting Komentar