Pendaftaran Pengumuman CPNS PAPUA 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Provinsi Papua 2018/2019 - Pertanyaan tentang apakah dan kapan pendaftaran CPNS dibuka adalah pertanyaan yang sering diajukan. Mungkin pertanyaan ini juga yang ditanyakan oleh semua penanti pendaftaran pengumuman CPNS Provinsi Papua. Terdapat beberapa tahapan harus dihadapi oleh peserta, diantaranya tahapan administrasi hingga tahapan pengumuman. Untuk pembukaan tahun ini, tahapan ini tidak jauh berbeda. 

Jadi, penting untuk mengetahui informasi setiap tahapan pendaftaran yang terjadi pada tahun lalu. Sehingga proses ini dapat menjadi pembelajaran dan tidak menimbulkan kekeliruan. Namun sebelum terlalu jauh membahas tentang mekanisme tersebut, mari simak sejenak tentang tentang Provinsi Papua.



Siapa diantara Anda yang tidak mengenal provinsi Papua? Daerah ini adalah provinsi paling ujung yang ada di Indonesia. Wilayahnya terdiri dari beberapa kepulauan. Sehingga cukup kaya akan hasil lautnya. Papua cukup dikenal dunia karena merupakan pulau terbesar ke dua di dunia. Sedangkan di Indonesia, Papua memiliki tempat sebagai pulau terbesar. Karena luas daerah Papua mencapai angka 808.105 km persegi. 

Walaupun demikian, wilayah Papua tidak dihuni oleh banyak penduduk. Karenanya, masih nampak beberapa wilayah hutan yang masih perawan dan belum disentuk manusia. Menariknya, tidak hanya hasil laut, sektor pariwisata pun menjadi sumber pendapatan daerah ini. Terdapat beberapa tempat wisata menarik yang harus dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya taman nasional Wasur dan beberapa tempat wisata lainnya. 

Budaya yang ditinggalkan oleh para tetua Papua pun tak luput dari perhatian. Karena terdapat budaya dan makanan yang unik, yang harus dicoba oleh setiap pengunjung. Lebih dari itu, daerah ini sangat kaya dengan hasil bumi lainnya, khususnya pertambangan. Seperti diketahui bersama, Papua memiliki tambang terbesar didunia, yaitu Freeport.

Sebagian besar hasil pendapatan daerah Papua, didapatkan dari perusahaan tersebut. Walaupun memiliki pendapatan yang cukup besar, masih banyak penduduk Papua yang mengalami kemiskinan. Hal ini cukup nyata terjadi, jika dibandingkan kehidupan masyarakat kota Papua dengan ada yang dipedesaan. 

Namun, pemerintah sedang mengusahakan pemerataan ekonomi. Untuk itu, dibutuhkan tenaga-tenaga baru dan ahli yang bisa melakukan hal tersebut. Karenanya, jika Anda memiliki jiwa dan keinginan bekerja di Papua, jangan lewatkan pendaftaran pengumuman CPNS Provinsi Papua yang sesaat lagi akan digelar. Untuk dapat mengikuti pendaftaran tersebut, penting untuk membahas mekanismenya, pada poin ini.

Mekanisme Pendaftaran Pengumuman CPNS Provinsi Papua

Inilah waktunya untuk Anda memahami tentang mekanisme pendaftaran hinggan pengumuman seleksi CPNS. Tujuannya, agar tidak terjadi kebingungan saat menjalankan semua proses yang ada. Berikut informasinya,

1. Pendaftaran Secara Online

Langkah pertama dan utama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran. Pendaftaran dilakukan secara online pada satu portal, yaitu sscn.bkn.go.id. Sedangkan untuk mendapatkan informasi terkait pengumuman CPNS dapat Anda temukan diberbagai media. Namun, untuk mendapatkan informasi terupdate, sebaiknya bukalah halaman website diatas.

2. Pendaftaran dan Pembuatan Akun

Sebelum berlanjut ke langkah setelahnya, penting bagi Anda untuk mengisikan beberapa dokumen. Data yang dibutuhkan adalah data NIK yang ada pada KTP ataupun KK. Setelahnya, masukkan email yang aktif pada akun tersebut. Sehingga setiap informasi terkait, akan disampaikan melalui email tersebut. Serta, masukkan pula password yang mudah diingat. Karena akun ini akan banyak dibuka dalam memeriksa informasi penting.

3. Cetak Kartu Pendaftaran

Setelah mengisi semua borang tersebut dengan benar. Selanjutnya, cetaklah kartu pendaftaran tersebut. Lakukanlah pencetakan dan tanda tangani kartu pendaftaran. Karena kartu ini nantinya akan dikirimkan untuk validasi. Simpan dokumen tersebut dan jadikan sebagai berkas.

4. Pengisian Borang

Setelah tiga tahapan diatas berakhir dilakukan, kembali masuk pada webiste sscn.bkn.go.id. Untuk masuk ke website ini, Anda membutuhkan NIK dan pssword yang telah dibuat. Setelahnya, lakukan pengisian borang-borang yang ada pada website. Belajar dari tahun lalu, terdapat beberapa biodata yang harus diisi. Karenanya, pastikan sudah menyiapkan data-data terkait.

5. Penguplodan Berkas

Masih dalam website tersebut, penting untuk memilih formasi yang akan dituju. Sehingga, persyaratan yang dibutuhkan akan tertera dengan jelas. Ketika mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan, segera lakukan upload dengan ukuran yang telah ditentukan.

6. Pengiriman Berkas
Tidak hanya diupload, terdapat berkas-berkas yang harus dikirimkan langsung pada kementrian, dinas ataupun kantor yang dituju. Biasanya, dokumen ini akan dikirimkan melalui pos. Jadi, perhatikan betul tanggal-tanggal penting yang terkait. Selain itu, perhatikan pula tentang persyaratan yang harus dikirimkan pada instansi yang dituju.

7. Menunggu Pengumuman Tahap Administrasi

Jika semua langkah di atas, telah dilakukan, maka tahapan administrasi telah usai dilakukan. Berikutnya, hanyalah menantikan apakah pengumuman dari tahapan tersebut. Jika nama Anda terdapat pada pengumuman, maka dinyatakan lulus. Sedangkan jika tidak, maka peserta dinyatakan gugur.

8. Tahapan Ujian

Setelah dinyatakan lulus, waktunya untuk mengikuti tahapan ujian. Tahapan ini, memerlukan pembelajaran sebelumnya. Ujian terkait dengan tes kepribadian, wawasan kebangsaan dan tes TPA. Untuk Anda yang lemah dalam salah satu bidang, sebaiknya perbanyak melakukan latihan. Namun sebelum melakukan ujian, perhatikan untuk mencetak kartu ujian terlebih dahulu.

9. Tes Lanjutan
Bagi beberapa peserta, setelah lolos melewati ujian awal, bukan berarti tes sudah usai. Karena terdapat beberapa formasi yang memiliki ujian sendiri. Biasanya tes merupakan tes bidang terkait formasi. Karenanya, penting untuk mempelajari bidang-bidang yang akan dijadikan pilihan. Contohnya, kementrian keuangan dan kementrian luar negeri yang memiliki tes untuk calon pegawainya.

10. Pengumuman

Sudah melewati semua seleksi? Berikutnya adalah waktu menantikan pengumuman. Pengumuman akan disampaikan oleh beberapa website resmi, baik daerah ataupun kementrian yang dilamar. Jika ingin lebih amannya, peserta dapat memeriksa pengumuman melalui webiste sscn.bkn.go.id. Sehingga pengumuman lebih valid dan tidak merugikan siapapun.

11. Tahap Validasi Akhir

Jika nama peserta tercantum pada pengumuman tersebut, dapat dinyatakan bahwa peserta lulus. Sedangkan jika tidak peserta dinyatakan tidak lulus ataupun gagal. Bagi peserta yang dinyatakan lulus, maka dapat menyerahkan dokumen terkait ke kantor terkait. Dan setelahnya, menantikan pengumuman dan waktu untuk mulai bekerja di instansi yang dituju.

Itulah mekanisme yang harus dijalankan oleh peserta untuk menjadi PNS. Namun, sebelum mekanisme tersebut sebaiknya menantikan datangnya pengumuman pendaftaran CPNS Provinsi Papua. Ketika pengumuman datang, waktunya Anda untuk siap berperang dan melewati semua mekanisme tersebut.

2 Responses to "Pendaftaran Pengumuman CPNS PAPUA 2018/2019"

  1. SAYA MAU MENDAFTAR DIKEMENHUMKAM,TOLONG SAYA DGN PERSYARATAN KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan langsung cek di https://sscn.bkn.go.id/lowongan

      Hapus