Pendaftaran Pengumuman CPNS PAPUA BARAT 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Provinsi Papua Barat 2018/2019 - Pendaftaran CPNS yang akan dilakukan beberapa saat lagi, tidak hanya terjadi di kota-kota di Jawa. Namun, pendaftaran ini akan dilakukan pula di Papua Barat. Karenanya, masyarakat Papua Barat, sangat menantikan waktu pendaftaran pengumuman CPNS Papua Barat dengan antusias.

Pada kesempatan ini, dinyatakan terdapat banyak formasi yang akan dibuka. Jadi, masyarakat dengan minimal pendidikan SMA dapat mendaftarkan diri. Sebelum melangkah terlalu jauh, ada baiknya untuk mengetahui keadaan wilayah Papua Barat. Sehingga peserta dari luar daerah, dapat memahami wilayah begitu pula dengan masyarakatnya. Karenanya, kami akan menjabarkan deskripsi wilayah Papua Barat seperti poin dibawah ini.



Papua Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak diujung pulau Papua. Ibukota provinsi ini adalah Manokwari. Mungkin, Anda sudah sering mendengar tentang daerah ini dari berbagai pihak. Namun, yang sangat menonjol adalah keberadaan Raja Ampat yang memesona. Kebanyakan orang datang ke daerah ini, untuk menikmati keberadaan Raja Ampat. Beserta kekayaan alam lain daerah ini. Tidak heran, jika Papua Barat banyak dikunjungi oleh turis asing. Sayangnya, terdapat beberapa tempat wisata yang belum dieksplor pemerintah, sehingga masih jarang dikunjungi wisatawan.

Tidak hanya kekayaan alam, daerah ini dikenal memiliki potensi besar untuk hasil bumi. Sebut saja salah satunya, pertambangan. Karena didaerah ini, dipercaya terdapat kandungan emas ataupun timah terbaik. Sehingga dapat dijadikan sebagai pendapatan utama dari masyarakat. Lebih dari itu, beberapa jenis pertanian dan perkebunan dapat berkembang didaerah ini. Karenanya, terdapat pula masyarakat yang mengantungkan hidupnya dari sektor tersebut.

Hasil budaya dari daerah ini tidak dapat dianggap sepele. Karena kain tenun ikat atau Kain Timor juga disukai oleh banyak negara. Tidak heran, jika pendapatan daerah ini sangat besar. Sayangnya, dengan kekayaan alam dan budaya yang beragam. Daerah ini belum mengelolanya dengan baik, sangat minim terdapat informasi tentang kekayaan alam dan budaya daerah. Karenanya, akan segera dibuka pendaftaran pengumuman CPNS Provinsi Papua Barat. Agar tenaga-tenaga ahli dapa membantu daerah ini dan membuatnya menjadi lebih terkenal dan terkelola. Apakah Anda siap untuk bergabung?


Ketentuan Lain Pendaftaran CPNS 2018

Penting memang untuk membahas persyaratan pendaftaran pengumuman CPNS Provinsi Papua Barat dan daerah lainnya. Namun, satu yang tidak kalah penting adalah membahas tentang ketentuan yang ada dalam pendaftaran dan selama tes berjalan. Berikut informasinya,


1. Terkait Penawaran

Terdapat banyak oknum yang memanfaatkan keadaan ini. Karenanya, sebagai peserta penting untuk mengetahui, mana pengada ujian resmi dan tidak. Karena, jika Anda termakan dengan tawaran memasukkan PNS dalam waktu singkat. Pengada resmi tidak akan pertanggung jawab.


2. Larangan Komunikasi

Selama menjalankan proses seleksi, peserta dilarang melakukan komunikasi dengan penyelenggara CPNS. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dalam proses seleksi CPNS.


3. Pemantau Informasi Secara Berkala

Bagi Anda yang ingin mendaftar menjadi peserta, lakukan pemeriksaan website secara berkala. Peserta dapat memantau terus informasi melalui sscn.bkn.go.id atau melalui website daerah. Sehingga informasi yang didapat adalah informasi resmi dan tidak mengada-ada.


4. Satu Nama Untuk Satu Formasi

Pendaftaran yang dibuka untuk PNS tahun ini, tergolong cukup ketat. Karena setiap peserta, hanya diperkenankan mendaftarkan satu nama untuk satu formasi. Jika terdapat dua nama dengan formasi yang berbeda maka kedua lamaran tersebut akan digugurkan.


5. Memiliki Nomor pendaftaran

Sebagai langkah awal agar berkas Anda dilanjutkan dan diperiksa adalah memiliki nomor pendaftaran. Nomor pendaftaran didapatkan setelah peserta menjalankan pendaftaran secara online, dengan membuat akun di website secara online. Sedangkan jika peserta tidak memiliki nomor pendaftaran, maka berkas tidak akan dilanjutkan dan peserta dinyatakan gugur.


6. Berkas Dikirim Melalui Pos

Belajar dari pengalaman sebelumnya, peserta diharuskan mengirim berkas sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Persyaratan disatukan dalam sebuah map dan dikirimkan. Namun berkas harus dikirimkan melalui pos, bukan dengan media pengiriman lainnya. Dan penting untuk memperhatikan tanggal, agar tidak terjadi kesalahan waktu pengiriman.


7. Tidak Melampirkan Dokumen Lain

Seperti yang telah disampaikan di atas, peserta diharuskan melampirkan dokumen sesuai dengan syarat yang berlaku. Dan pastikan, agar tidak ada kesalahan ataupun dokumen lain yang dimasukkan dalam dokumen tersebut.


8. Berkas Lamaran dijadikan Data Penyelenggara

Setelah berkas dimasukkan dalam dokumen dan dikirimkan, berkas tersebut akan menjadi miliki penyelenggara. Karenanya, sebelum mengirimkan data sebaiknya memeriksa kembali dokumen. Pastikan bahwa dokumen tersebut adalah fotocopi dari dokumen asli yang tetap Anda pegang.


9. Buat Fotocopi Berkas Sebagai Pegangan

Karena dokumen yang dikirimkan tidak dapat diminta kembali oleh peserta, sebaiknya buat copy satu set yang Anda kirimkan tersebut. Sehingga, peserta memiliki bukti bahwa telah mengirimkan data tersebut ke penyelenggara. Selain itu, data ini berguna untuk pegangan peserta.


10. Berkas Lamaran yang Dikirim Sebelum Penyelenggaran Dianggap Tidak Sah

Tidak jarang terdapat orang-orang yang mengirimkan data sebelum penyelenggaran. Anda tidak perlu khawatir akan tersebut. Karena data yang dikirimkan tersebut, dianggap tidak resmi. Dan tidak akan diikutkan pada seleksi yang sedang diadakan.


11. Perihal Pengunduran Diri

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi dan mengundurkan diri, akan dikenakan biaya seleksi. Biaya ini akan disesuaikan dengan tim pengadaan CPNS kementrian, daerah ataupun kota. Setelahnya, biaya ini akan disetorkan pada kas negara. Atau, dapat dikatakan, sebagai denda bahwa peserta telah merebut hak orang lain dan meninggalkan pekerjaannya.


12. Perihal Pengunduran Diri Setelah Diangkat Menjadi PNS

Setelah dinyatakan lulus dan diangkan menjadi PNS, peserta diharuskan menjalankan tugas selama 5 tahun pertama. Jika, Anda melakukan pengunduran diri sebelum 5 tahun. Maka akan dikenakan denda sebesar Rp 25.000.000. Dan biaya ini, akan disetorkan pada kas negara.


13. Data yang Disampaikan

Untuk setiap data yang disampaikan adalah data yang benar dan mutlak. Namun, bila terdapat data yang tidak benar dan merugikan, kelulusan peserta dapat diragukan.


14. Keputusan

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, keputusan yang dibuat oleh tim adalah keputusan yang mutlak. Dan tidak dapat diganggu gugat.


Sudah cukup mengerti semua ketentuan tersebut? jika demikian, maka Anda sudah siap untuk mengikuti pendaftaran pengumuman CPNS Provinsi Papua Barat. Dan sekarang, waktunya untuk mempersiapkan beberapa persyaratan yang ada pada sscn.bkn.go.id.

4 Responses to "Pendaftaran Pengumuman CPNS PAPUA BARAT 2018/2019"

  1. Maaf mau tanya aja pendaftaran cpns untuk papua barat kapan yach,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai dengan saat ini belum ada bukaan ditunggu aja, tahun ini mudah2an dibuka.

      Hapus
  2. maaf mau nanya kalau kelahiran 1982 bolehkah ikut tes cpns

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk batas usia pendaftar cpns dibawah 33 tahun jika sesuai dengan ketentuan tersebut berarti bisa mendaftar kakak

      Hapus