Pendaftaran Pengumuman CPNS MALUKU UTARA 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Maluku Utara 2019/2020 - Banyak penduduk Indonesia, sangatlah antusias untuk menantikan pengumuman CPNS. Karena jabatan dan pekerjaan ini sangatlah mengiurkan. Tidak hanya karena gajinya yang menarik namun waktu kerjanya yang teratur. Alasan inilah yang menjadi alasan mengapa semua orang berlomba menjadi PNS. 

Salah satunya adalah masyarakat Maluku Utara ataupun daerah lain yang ingin menjadi pegawai di sana. Karenanya, informasi pendaftaran pengumuman CPNS Maluku Utara sangatlah penting dan tidak boleh terlewat. Namun untuk bagian ini, akan dibahas beberapa tata cara dan persyaratan yang harus dimilikki sebelum mendaftarkan diri sebagai CPNS. Apakah persyaratan yang dimaksud dan bagaimana caranya? Dua hal ini akan dibahas pada poin berikutnya, setelah membahas tentang wilayah Maluku Utara.



Wilayah Maluku Utara

Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan tentang tata cara dan persyaratan yang harus disiapkan. Namun, sebelumnya akan dijelaskan tentang wilayah Maluku Utara. Penjelasan ini akan mengenalkan daerah Maluku Utara secara umum sebagai gambaran tentang daerah tersebut. Maluku Utara adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, dengan ibukota Sofifi. Maluku Utara dijadikan sebagai sebuah provinsi sejak tahun 1999.

Maluku Utara hanya dihuni oleh sedikit penduduk, yaitu 1.338.748 berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan tahun 2015. Sedangkan saat ini kemungkinan penduduk terus berkembang. Kebanyakan dari penduduk ini, memeluk agama Islam. Dan disusul dengan keberadaan agama-agama lainnya. Sehingga kota ini memiliki banyak budaya yang berbeda. 

Maluku utara memiliki 10 kabupaten yang dipisahkan oleh laut. Karenanya, mayoritas penduduk bekerja sebagai nelayan. Tidak hanya laut, kekayaan hasil bumi seperti Cengkeh, Pala, Kopra, hingga nikel menjadi sumber pendapatan masyarakat. Tidak heran, jika pada zaman kolonial banyak penjajah yang ingin merebut Maluku Utara dari Indonesia. 

Mengingat pentingnya semua hal tersebut, membuat pemerintah Maluku Utara membuka kesempatan bagi Anda untuk bekerjasama dan membangun Maluku Utara. Salah satu caranya dengan membuka Pendaftaran Pengumuman CPNS Maluku Utara. Menurut beberapa sumber, dibuka banyak formasi untuk daerah ini. Jadi, dapat disesuaikan dengan latar belakang pendidikan peserta.


Tata Cara dan Pesyaratan Pendaftaran Pengumuman CPNS Maluku Utara

Setelah panjang lebat membahas tentang Maluku Utara, sudahkan memiliki gambaran tersebut? Jika tertarik dan ingin ikut membangun Maluku Utara, sebaiknya perhatikan tata cara dan persyaratan pendaftaran, dibawah ini.

1. Proses Pendaftaran

Jika pengumuman pendaftaran sudah benar-benar dibuka, peserta dapat membuka pengumuman yang ada dari beberapa website. Jika peserta akan melamar kementrian, maka buka dari kementrian tersebut. Sedangkan untuk pemerintah daerah, cobalah mencarinya di webiste daerah. Atau membukanya langsung melalui sscn.bkn.go.id.

2. Pengisian dan Pencetakan Formulir

Selanjutnya, Anda perlu melakukan pengisian formulir. Pengisian formulir membutuhkan beberapa data, seperti biodata dan lulusan. Maka siapkanlah data-data tersebut. Jika sudah usai mengisinya, lanjutkan dengan mencetak formulir yang sudah diisi. Jangan lupa untuk mendatangani formulir tersebut.

3. Nomor Pendaftaran

Setelah mengisi secara online dan melakukan pencetakan. Peserta akan mendapatkan nomor pendaftaran. Simpan nomor pendaftaran tersebut, sebagai bukti bahwa Anda telah mendaftarkan diri dengan benar dan melakukannya secara online.

4. Penguplodan Berkas

Inilah yang dimaksud dengan tahapan administrasi. Dimana, peserta diharuskan mengupload beberapa berkas pendukung. Untuk lebih jelasnya, satu persatu data yang harus diupload akan dijelaskan di poin berikutnya.

5. Pas Foto

Poin inilah yang kerap kali salah dan membuat peserta mengalami kebingungan. Sesuai dengan aturan, pas foto yang diberikan adalah pas foto terbaru. Setelahnya, foto memiliki latar belakang berwarna merah. Jadi, untuk Anda yang milikki foto berlatar biru, sebaiknya ganti sekarang juga. Lalu, buat foto dalam format JPG dengan ukuran maksimal 400kb. Ukuran ini dapat diatur dengan melakukan kompersi ataupun mengubahnya sesuai kebutuhan.

6. Hasil Scan Ijazah dan Transkrip Nilai

Persyaratan ini, hanya diberlakukan untuk Anda yang memiliki gelar sarjana ataupun master. Karena, dibutuhkan scan ijazah asli berserta transkrip asli. Buat keduanya dalam format JPG, setelahnya lakukan upload dengan batas maksimal ukuran masing-masing adalah 400kb.

7. Pengiriman Berkas

Tidak hanya melakukan penguploadan berkas, peserta pun diminta mengirimkan beberapa berkas ke kantor pelaksana ujian. Untuk berkas-berkas yang akan dirikimkan, dapat disimak di poin berikutnya.

8. Formulir Pendaftaran

Inilah waktunya menggunakan formulir pendaftaran yang telah disimpan sejak lama. Pastikan untuk menyimpannya didalam map. Agar tidak tercecer dan beakibat fatal. Selain itu, cek pula apakah formulir pendaftaran sudah ditandatangani atau belum. Dan jangan sampai ada hal lain, yang mengakibatkan kegagalan mencalonkan diri.

9. Daftar Riwayat Hidup

Pada saat pendaftaran, peserta menemukan dokumen berisi formulir riwayat hidup. Lakukanlah download dan isi daftar riwayat hidup tersebut. Pastikan isi dengan benar dan menggunakan tinta hitam. Sesuaikan setiap data yang dimasukkan dengan data resmi negara, sehingga memudahkan dalam proses pengecekan.

10. Ijazah dan Transkrip Nilai yang Dilegalisir

Bagi peserta yang telah lulus sarjana ataupun master, sebaiknya segera dapatkan legalisir ijazah dan transkrip nilai. Karena kedua dokumen ini, akan dimasukkan pada berkas yang akan dikirimkan. Jika belum memilikinya, peserta dapat mengurusnya di kampus.

11. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Untuk membuktikan, bahwa peserta sehat dan dapat mengikuti tes, peserta diharuskan memasukan berkas surat keterangan sehat. Surat ini bisa didapatkan dari puskesmas ataupun rumah sakit terdekat. Masukkan surat yang telah didapat dalam bentuk fotokopi. Dan satukan dengan berkas lainnya.

12. Surat Pernyataan

Setelah semua persyaratan ini lengkap, waktunya memasukkan surat pernyataan yang ada pada pesyaratan umum. Surat ini menjelaskan bahwa anda siap dan menyetujui semua persyaratan. Jangan lupa untuk bubuhkan materai 6000 sebelum mendatangani pernyataan tersebut.

13. Pas foto terbaru

Masukkan pas foto terbaru dengan ukuran 3x4 lembar. Dan sesuaikan dengan kebutuhan, tempelkan pada formulir. Dan sisanya masukkan dalam berkas, dengan tambahkan nama pada bagian belakang foto.

14. Fotokopi Sertifikat TOEFL dan KTP

Masukkan pula sertifikat TOEFL dan KTP dalam bentuk fotokopian ke dalam berkas.

15.  Gugur

Peserta yang tidak mengikuti semua kententuan tersebut, dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan tahapan berikutnya.


Itulah tahapan pertama yang harus dijalankan oleh peserta. Jika peserta lulus dalam seleksi administrasi, dapat melanjutkan tahapan pendaftaran pengumuman CPNS Maluku Utara selanjutnya. Jika tidak, maka peserta dinyatakan gugur dan dapat mencoba kesempatan lain kali.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS MALUKU UTARA 2019/2020"

Posting Komentar