Pendaftaran Pengumuman CPNS ACEH 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS ACEH 2019/2020 - CPNS Prov Aceh akhirnya kembali dibuka. Ya, untuk memenuhi kebutuhan Pengawai Negeri Sipil di Prov Aceh, pemerintah telah memastikan akan membuka lowongan CPNS. Lowongan CPNS ini kemungkinan besar akan difokuskan pada dua instansi saja, yaitu instansi pendidikan dan instansi kesehatan.

Walaupun begitu, karena penentuan formasinya belum diumumkan secara resmi, maka bukan tidak mungkin lowongan CPNS untuk instansi – instansi lainnya juga akan dibuka di Tahun ini. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Provinsi Aceh merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia.


Provinsi yang sering dijuluki dengan nama “Serambi Mekah” ini ditinggali oleh sekitar 4,5 juta jiwa. Provinsi ini terletak di bagian ujung sebelah barat Indonesia, yaitu di Pulau Sumatera. Kabarnya, provinsi ini merupakan tempat dimulainya penyebaran Agama Islam di Indonesia. Saat ini, Aceh berstatus sebagai “Daerah Istimewa”. Dalam hal ini, pemerintah Aceh cenderung diberi kewenangan yang lebih besar dari kewenangan yang dimiliki oleh daerah – daerah lainnya.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan akan Pegawai Negeri Sipil di Provinsi Aceh, di Tahun ini, pemerintah secara resmi akan membuka lowongan CPNS. Harapannya, dengan tambahan PNS baru ini, kebutuhan tenaga PNS di Provinsi Aceh akan bisa terpenuhi dengan lebih baik. Jika Anda tertarik untuk mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS Prov Aceh, berikut merupakan informasi lengkap mengenai panduan pendaftaran pengumuman CPNS Prov Aceh yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan:

Sebelum melanjutkan informasi mengenai tata cara pendaftaran berikut kami informasikan daftar daerah yang ada di wilayah Provinsi Aceh yang membuka CPNS pada tahun ini, mengacu pada ketentuan dari panitia pelaksana penerimaan CPNS seperti berikut ini :

Provinsi Aceh:

  • Kab. Aceh Singkil

Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov Aceh

Penting untuk diketahui, tata cara pendaftaran CPNS Prov Aceh di Tahun ini cenderung berbeda dengan tata cara pendaftaran CNPS Prov Aceh di tahun – tahun yang sebelumnya. Ya, jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses pendaftaran CPNS Aceh dilakukan di halaman situs web milik pemerintah Prov Aceh, tahun ini, proses pendaftarannya akan dilakukan di halaman situs web milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu di bagian portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).
Pemindahan tempat pendaftaran ini sengaja dilakukan untuk meminimalisir tindak tanduk KKN yang notabene sangat sering terjadi di proses seleksi CPNS. Secara keseluruhan, langkah pendaftaran CPNS Prov Aceh adalah sebagai berikut:


1. Buat Akun SSCN Terlebih Dahulu

Saat hendak mendaftar menjadi calon peserta seleksi CPNS Provinsi Aceh, pertama – tama Anda harus membuat akun SSCN terlebih dahulu. Untuk membuat akun SSCN, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Kunjungi halaman situs sscn.bkn.go.id
  • Klik menu sing up / daftar
  • Isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut dengan data pribadi milik Anda (data yang diisikan harus data yang benar)
  • Klik tombol daftar

Penting untuk diingat, proses pendaftaran ini nantinya hanya akan berhasil jika data NIK dan NIK KK (nomor kartu keluarga) yang Anda gunakan untuk mendaftar adalah NIK dan NIK KK yang benar serta telah terdaftar di dinas DUKCAPIL. Jika data yang Anda masukkan salah, atau benar namun belum terdaftar di dinas DUKCAPIL, maka proses pembuatan akun SSCN ini akan gagal.

Jika Anda mengalami permasalahan seperti ini, Anda dapat mengunjungi kantor dinas DUKCAPIL terdekat di daerah Anda untuk kemudian meminta mereka memasukkan / memvalidasi data Anda ke sistem.


2. Isi Biodata Pribadi Anda

Jika proses pembuatan akun SSCN – nya telah selesai, selanjutnya Anda harus mengisi biodata Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Kunjungi kembali situs web sscn.bkn.go.id
  • Klik menu login / masuk, nantinya Anda akan dialihkan ke halaman personal milik Anda
  • Jika halaman personalnya telah terbuka, selanjutnya coba masuk ke bagian personal data  dokumen
  • Isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut satu per satu. Selain itu, jangan lupa untuk mengunggah seluruh dokumen yang diminta pada halaman tersebut
  • Sebelum data tersebut Anda submit / kirim, pastikan seluruh data yang Anda isikan sudah benar
  • Terakhir, klik tombol kirim

3. Daftar ke Instansi yang Anda Inginkan

Langkah pendaftaran pengumuman CPNS Prov Aceh yang selanjutnya adalah mendaftar ke instansi yang diinginkan. Setelah biodata Anda lengkap, Anda dapat memilih instansi tempat Anda akan mendaftar. Biasanya setiap calon peserta seleksi hanya diperbolehkan untuk melamar satu jabatan di setiap instansi yang tersedia (yang sedang membuka lowongan).

Saat mendaftar nanti, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa form pendaftaran. Form ini biasanya terkait dengan jurusan pendidikan, asal sekolah / universitas, nilai / IPK, posisi jabatan yang ingin dilamar, lokasi kerja yang dinginkan, lokasi ujian yang diinginkan, dll. Jika proses pendaftarannya sudah selesai, data Anda akan segera direview oleh instansi terkait.


4. Cetak Kartu Ujian

Jika proses review data oleh instansi tempat Anda mendaftar telah selesai dan Anda dinyatakan telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh instansi terkait, selanjutnya Anda akan diminta untuk mencetak kartu ujian. Sampai tahap ini, proses pendaftaran pengumuman CPNS Prov Aceh telah selesai dan Anda sudah berhak untuk mengikuti tes CAT.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran CPNS Prov Aceh

Pengumuman hasil seleksi pendaftaran CPNS Prov Aceh biasanya akan dilakukan beberapa hari atau paling lama beberapa minggu setelah proses seleksi selesai digelar. Nah, karena pada tahun ini proses pendaftarannya dilakukan di halaman situs web sscn.bkn.go.id, maka kemungkinan besar pengumuman hasil seleksinya pun juga akan dilakukan melalui halaman situs web tersebut. 

Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui pengumuman hasil seleksi CPNS Prov Aceh yang Anda ikuti, Anda tinggal mengunjungi halaman situs web tersebut secara berkala (untuk melihat apakah pengumuman hasilnya sudah dirilis atau belum).

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS ACEH 2019/2020"

Posting Komentar