Pendaftaran Pengumuman CPNS KALSEL 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS KALSEL 2019/2020 - Kabar gembira untuk warga Kalimantan Selatan yang bercita – cita ingin menjadi PNS. Di tahun ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dikabarkan akan kembali membuka lowongan CPNS sekitar 200 formasi. 

Walaupun jumlah formasinya tidak banyak, namun hal ini tentunya tetap merupakan peluang yang harus dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya. Sedikitnya jumlah formasi PNS yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Alasan utamanya tentunya adalah karena kebutuhan PNS baru yang memang tidak terlalu besar.



Dalam hal ini, karena jumlah penduduk yang tinggal di Provinsi Kalimantan Selatan memang tidak terlalu banyak, maka secara otomatis kebutuhan PNS nya pun juga tidak terlalu banyak. Sekedar informasi, Kalimantan Selatan memiliki luas wilayah sekitar 37,5 ribu km persegi. Wilayah tersebut ditinggali oleh sekitar 3,7 juta jiwa. Angka ini tentunya jauh lebih sedikit dari jumlah penduduk yang dimiliki oleh beberapa provinsi lainnya seperti provinsi Jawa barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Nah, terlepas dari itu semua, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai panduan pendaftaran pengumuman CPNS Prov Kalimantan Selatan Tahun ini. Langsung saja, berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Selatan

Di tahun – tahun yang sebelumnya, proses pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Selatan dilakukan melalui halaman situs web milik pemerintah Prov Kalimantan Selatan. Nah, mulai tahun ini, proses pendaftarannya tidak lagi dilakukan melalui web tersebut, melainkan melalui situs web milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pengalihan tempat pendaftaran ini sengaja dilakukan oleh pemerintah pusat untuk meminimalisir tindak KKN yang rawan terjadi dalam proses seleksi CPNS. Harapannya, dengan menggunakan situs milik BKN, proses seleksi CPNS akan bisa berjalan dengan lebih cepat, lebih bersih, dan lebih transparan. Nah, untuk melakukan pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Selatan di situs milik BKN sendiri, Anda dapat mengikuti tiga step pendaftaran berikut ini:

1. Verifikasi NIK terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan saat hendak mendaftar sebagai calon peserta seleksi pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Selatan adalah melakukan verifikasi NIK dan NIK KK. Untuk melakukan verifikasi ini, Anda hanya perlu mendaftar di halaman situs milik BKN, yaitu di portal SSCN. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Buka situs web sscn.bkn.go.id
  • Setelah situsnya terbuka, masuk ke menu pendaftaran / sign up
  • Isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut, lalu klik “daftar”
  • Tunggu beberapa saat. Jika pendaftarannya berhasil, Anda dapat langsung login dan melanjutkan ke tahap pendaftaran yang berikutnya

Jika proses pendaftarannya gagal, coba cari tahu dimana permasalahannya. Jika permasalahannya terletak pada data NIK dan NIK KK yang Anda gunakan, maka Anda harus melaporkan hal tersebut ke dinas DUKCAPIL. Nantinya dinas DUKCAPIL akan melakukan verifikasi data NIK dan NIK KK milik Anda sehingga data Anda tercatat dalam komputer DUKCAPIL.

2. Lengkapi Data Akun Anda

Langka pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Selatan yang selanjutnya adalah melengkapi data akun SSCN. Penting untuk diingat, data yang terdapat pada akun SSCN nantinya akan digunakan untuk aktivitas seleksi administrasi. Maka dari itu, Anda wajib memenuhi seluruh informasi data yang diminta pada halaman personal akun SSCN Anda.

Secara keseluruhan, ada dua langkah yang harus Anda lakukan di tahap ini. Kedua langkah tersebut adalah mengisi form isian data pribadi serta mengunggah dokumen pribadi yang diminta oleh panitia (dokumen pribadi ini biasanya terdiri atas dokumen ijazah, dokumen KTP, dokumen KK, dokumen pas photo terbaru, dan lain sebagainya).

3. Daftarkan Diri Anda ke Instansi yang Anda Inginkan

Jika data diri Anda sudah lengkap, langkah pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Selatan yang berikutnya adalah mendaftar ke instansi yang ingin dimasuki. Biasanya, jumlah instansi yang tersedia lebih dari satu. Untuk itu, Anda harus menentukan pilihan Anda.

Per instansi yang membuka lowongan, Anda hanya diijinkan untuk mendaftar pada satu formasi jabatan saja. Sedangkan untuk instansinya sendiri, jika proses seleksinya dilangsungkan di waktu yang tidak bersamaan, Anda diperbolehkan untuk mendaftar di beberapa instansi sekaligus.

Nah, dalam prakteknya nanti, saat mendaftar ke instansi yang Anda inginkan, Anda akan kembali diminta untuk mengisi form pendaftaran. Di tahap ini, form pendaftaran yang harus Anda isi biasanya terkait beberapa informasi berikut ini: asal sekolah / kampus, IPK, wilayah penempatan yang diinginkan, jabatan / posisi yang ingin dimasuki, tempat ujian yang diinginkan, dll.

Nantinya, setelah Anda mendaftar ke instansi yang Anda inginkan, data Anda akan segera diperiksa oleh pihak instansi terkait. Jika kualifikasi Anda dianggap sesuai, data Anda akan langsung diteruskan ke sistem CAT. Sampai tahap ini, proses pendaftaran telah selesai dan Anda sudah bisa mencetak kartu ujian CAT Anda.

Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Selatan

Pengumuman hasil seleksi CPNS Prov Kalimantan Selatan kemungkinan besar akan dilakukan melalui halaman situs web portal SSCN milik BKN. Biasanya, hasil seleksi baru akan diumumkan beberapa hari setelah proses seleksi selesai. Walaupun begitu, menurut informasi yang beredar, karena saat ini proses seleksi sudah dilakukan dengan menggunakan mekanisme CAT terbaru, maka hasil seleksinya sudah bisa diketahui secara langsung begitu ujian seleksi CAT selesai dilangsungkan.

Untuk mengecek hasil seleksi sendiri, Anda hanya perlu mengunduh file pengumuman hasil seleksi melalui situs web sscn.bkn.go.id. Setelah filenya terunduh, buka file tersebut, lalu cari nama Anda di daftar yang ada pada file tersebut. Jika nama Anda ada di daftar tersebut, maka selamat, Anda telah berhasil menjadi CPNS Prov Kalimantan Barat.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS KALSEL 2019/2020"

Posting Komentar