Pendaftaran Pengumuman CPNS KALBAR 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS KALBAR 2019/2020 - Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang turut mengusulkan formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Menurut informasi yang beredar, pemerintah provinsi Kalbar mengusulkan sekitar 1.500 formasi PNS yang terdiri atas tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga IT, dll.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu Provinsi dengan wilayah terluas di Indonesia. Saat ini, provinsi yang memiliki luas sekitar 146 ribu km persegi ini ditinggali oleh sekitar 5,5 juta penduduk. Provinsi ini juga memiliki banyak potensi daerah yang belum terkelola dengan baik. Oleh karena itu, sangat wajar jika jumlah formasi PNS yang diminta oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mencapai angka 1.500 formasi.



Menurut penuturan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sendiri, jumlah formasi CPNS sebesar 1.500 tersebut dihitung berdasarkan jumlah PNS yang masuk ke masa pensiun di tahun – tahun yang sebelumnya. Jadi, bisa dibilang angka tersebut mutlak dipenuhi oleh pemerintah pusat agar dinas pemerintahan di Provinsi Kalimantan Barat bisa terus berjalan dengan lancar.

Lantas, seperti apakah tata cara pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Barat? Seperti apakah tes yang harus dilalui oleh setiap calon peserta seleksi pendaftaran CNPS Prov Kalimantan Barat? Dan seperti apakah cara cek pengumuman hasil seleksi pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Barat? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


Cara Daftar CPNS Prov Kalimantan Barat

Penting untuk diketahui, cara daftar CPNS Prov Kalbar untuk tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun – tahun yang sebelumnya. Jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses pendaftarannya dilakukan melalui halaman situs web milik pemerintah daerah provinsi Kalimantan Barat, tahun ini proses pendaftarannya akan dilakukan dengan menggunakan halaman situs web milik BKN pusat.

Pemindahan tempat pendaftaran ini sengaja dilakukan untuk meminimalisir tindakan KKN yang rawan terjadi dalam proses seleksi CPNS. Karena seluruh proses pendaftaran dan seleksi CPNS akan dilakukan oleh pemerintah pusat, maka tindakan KKN yang sering terjadi di tahun – tahun sebelumnya harapannya akan bisa ditekan atau bahkan dihabiskan.

Nah, terlepas dari hal tersebut, proses pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Barat secara keseluruhan adalah sebagai berikut:

1. Buat Akun SSCN Dulu!

Untuk bisa mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS Prov Kalimantan Barat, setiap calon peserta seleksi harus memiliki akun SSCN. Nah, untuk membuat akun SSCN sendiri, calon peserta seleksi dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Buka situs sscn.bkn.go.id 
  • Masuk ke menu sign up ataupun menu pendaftaran
  • Isi seluruh form yang ada pada halaman tersebut
  • Klik tombol daftar, lalu tunggu beberapa saat
  • Jika proses pendaftarannya berhasil, untuk melanjutkan ke langkah pendaftaran yang selanjutnya, silahkan login ke halaman personal Anda

2. Lengkapi Data Personal Anda

Langkah pendaftaran CPNS Prov Kalimantan Barat yang kedua adalah melengkapi data personal yang ada pada akun SSCN. Data personal pada akun SSCN nantinya akan digunakan untuk menimbang kualifikasi yang Anda miliki. Oleh sebab itu, Anda harus mengisi seluruh data yang diminta dengan sejujur – jujurnya. Jika tidak, Anda berpotensi didiskualifikasi oleh panitia seleksi.

Secara keseluruhan, ada dua aktivitas yang perlu Anda lakukan di tahap ini. Aktivitas yang pertama adalah mengisi form biodata, dan aktivitas yang kedua adalah mengunggah / meng – upload dokumen persyaratan yang diminta oleh tim panitia.

Satu hal yang harus Anda ingat, saat seluruh data yang diminta telah selesai diisi, sebisa mungkin datanya jangan langsung dikirim. Dalam hal ini, cobalah untuk memeriksa kembali data tersebut satu atau dua kali. Tujuannya adalah untuk memastikan kebenaran data yang Anda inputkan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena menurut informasi yang beredar, data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah / dimodifikasi sama sekali.


3. Daftarkan Diri Anda ke Instansi yang Anda Inginkan

Terakhir, setelah data pribadi Anda sudah lengkap, Anda dapat mendaftarkan diri Anda ke instansi yang Anda inginkan. Dalam hal ini, saat mendaftar nanti, kemungkinan besar akan ada beberapa instansi pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat yang membuka lowongan CPNS sekaligus. Nah, jika proses seleksi di seluruh instansi tersebut dilakukan secara bersamaan, maka Anda hanya diperkenankan untuk mendaftar pada salah satu instansi saja. Sedangkan jika tesnya tidak bersamaan, Anda diperbolehkan untuk mendaftar pada beberapa instansi sekaligus.

Saat mendaftarkan diri ke instansi yang diinginkan, Anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran. Form pendaftarannya biasanya tidak jauh – jauh dari asal universitas / sekolah, akreditasi jurusan, nilai / IPK, posisi jabatan yang diinginkan, wilayah kerja yang diinginkan, dan tempat ujian yang diinginkan.

Setelah proses pendaftarannya selesai, data Anda akan direvisi oleh tim panitia seleksi dari instansi terkait. Jika Anda dianggap memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, data Anda akan diteruskan ke sistem CAT dan Anda akan diperbolehkan untuk mengikuti tes CAT di lokasi yang telah ditentukan.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Prov Kalimantan Barat

Menurut informasi yang beredar, karena proses seleksi CPNS Prov Kalimantan Barat sudah dilakukan dengan menggunakan mekanisme CAT, maka hasil seleksinya akan bisa langsung diketahui begitu proses seleksi selesai dilangsungkan. Walaupun begitu, jika merujuk pada tahun – tahun yang sebelumnya, pengumuman hasil seleksi CPNS Prov Kalimantan Barat biasanya baru akan diumumkan beberapa hari setelah tes seleksinya selesai digelar.

Dalam prakteknya nanti, untuk mengecek pengumuman hasil seleksi, Anda dapat mengunjungi situs sscn.bkn.go.id. Di situs tersebut, silahkan unduh file pengumuman hasil seleksi pendaftaran CPNS untuk Provinsi Kalbar, lalu cari nama Anda di daftar yang ada pada file tersebut.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS KALBAR 2019/2020"

Posting Komentar